Trend Modifikasi Yang Semakin “Mundur”, Kok Gak “Maju”?

11
Villa Kanaya
GSX150 ini

Sobat MMBlog sekalian, tolong jangan langsung berfikir negatif ketika temen-temen membaca judul artikel ini. MMBlog sama sekali gak mengecilkan atau mendiskreditkan dunia modifikasi sama sekali. Toh, MMBlog kasih tanda kutip kan? Hehehe. Nah, sebenernya, memang jadi agak bingung juga sih, kok ya trend modifikasi sekarang ini bisa dikatakan “mundur” dalam artian, lebih seneng membuat motor-motor dengan tampilannya yang “lawas” atau jadul, kembali ke masa lalu. Kenapa gak coba meraih masa depan?

Satu dekade belakangan, bisa dibilang pakem modifikasi motor memang lagi ke arah klasik, ke arah jadul, vintage. Tapi ketika tahun 2000-an awal, bisa dibilang arah modifikasi lebih ke arah masa depan. Motor-motor ketika itu seringkali di jejali perangkat digital macam speedo digital, velg lebar limbah moge, body besar kekar, headlamp custom yang bentuknya aneh-aneh, dan lain-lain. sekarang, motor sport macam Ninja 250, R25, dibikin jadi tracker, scrambler, yang notabene, motor ini adalah genre motor lama.

Villa Kanaya

Kalau MMBlog pikir-pikir, manusia itu unik memang. Ketika dulu tampilan motor memang pada “lawas” semua, maka inspirasi yang muncul adalah high-tech, moderen, dan imajinasinya melompat ke depan. Tapi begitu di era moderen, motor-motor tampil high-tech, semuanya malah di jadul-jadulin, di retro-retro-in. motor-motor macam Ninja 250, R25, KTM Duke, KTM RC, semuanya di rombah jadi motor lawas. Kodrat kali ya Sob?

Bisa dibilang, bengkel custom atau rumah modifikasi yang bisa bikin bebek jadi kayak Ducati Panigale, atau Honda Tiger bisa jadi kayak Multistrada, sekarang sudah gak begitu eksis. Kegiatan meracik resin dan fiber, kini kalah trend sama ketok dan nge-bengkongin pelat, hmm. MMBlog masih inget, betapa jayanya dulu Laksa Motor dalam membangun motor-motor “besar” berbasis motor 200-an CC.

Semua akan berubah pada waktunya, tetep dinamis. Gimana Sob? ada opini atau komentar? Silahkan layangkan di kolom komentar. Belakangan ini MMBlog balas terus kok.

instagram

Villa Kanaya

11 COMMENTS

  1. Ya kayak film2 hollywood atau nasional, semua pada reboot film jadul dgn teknologi terkini
    Selain trend, yg rindu masa lalu selain yg pernah ngalami sendiri, juga yg blum lahir pengen merasakan juga
    Lagian motor mesin bbm umur nya tinggal berapa tahun lagi, diganti electric yg harusnya desain berubah banyak

  2. Karena motor jadul itu ergonomi dan fungsionalitas motornya di desain untuk nyaman. Bukan ready to race position, ato nungging ala kalajengking hendak menyerang.

  3. Nostalgia jaman kecil dulu, jadi sekarang trend modif jadul karena saat ini umur2 mapan 30-40 hendak bernostalgia jaman kecil dibonceng ortu atau punya kenangan dimasa kecil dgn motor

  4. Opini : Simple sih min… soalnya moge2 sudah banyak bertebaran jadi agak minder kalau mau modif ala2 moge. Bukannya ngejatuhin, tp gimana2 buatan tangan dibanding sama mesin kualitasnya udah beda dari segi manapun (terutama pembuatan bodi atau fairing).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here