Taksiran Biaya Rekondisi Yamaha R6 Yang Jadi Amuk Massa, Ini Rincian Ala MMBlog!

17
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, asli, ngenes dan sedih euy ngelihat foto-foto Yamaha R6 (di Blog Om Leo) yang rusak dan hancur karena amuk massa di Ciracas. Buat sang Owner, Bro Kevin, sabar masbro. MMBlog pribadi, gak bisa bantu banyak, tapi melalui artikel ini, MMBlog bisa bantu ngasih rincian mengenai berapa sih kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki Yamaha R6 Biru yang kondisinya mengenaskan itu.

Ngerekondisi moge itu bisa dibilang gampang-gampang susah urusannya. Yang jelas, ngerekondisi moge, gak semudah ngerekondisi Honda Beat atau Vario atau N-Max yang mendapatkan musibah serupa. Biarpun di support penuh oleh ATPM, part-part slow moving lebih banyak gak readynya ketimbang ready stok šŸ™ . apalagi kalau body-body, hmm, lamaa masbro. Tapi, MMBlog belakangan ini sering berkecimpung di dunia part moge, nah, MMBlog coba kasih rincian dengan melihat harga-harga part tersebut di situs Ebay.

Villa Kanaya

Pertama, urusan body work, setelah MMBlog melakukan penelusuran di Ebay, ada berbagai banyak pilihan fairing kit Yamaha R6. Kalau MMBlog lihat, Yamaha R6 yang rangsek itu adalah R6 generasi tahun 2006 ā€“ 2016, R6 terganteng yang pernah ada. Fairing KIT R6 ini banyak dijual, baik yang aftermarket, ataupun Ori copotan. Harganya berkisar mulai dari 5 juta, hingga 8 jutaan, kita pukul rata, harganya 7 Juta Rupiah ya Sob. kemudian baut-bautnya, se set itu dijual dengan harga 500 Ribu rupiah yang kondisi medium.

Kemudian apa lagi? Headlamp, di Ebay, ada yang jual aftermarket dengan harga 1 juta rupiah, hmm, menarik nih. kemudian stop lamp, dijual dengan harga 400 ribuan, masih lumayan value ya ternyata harganya. Kemudian satu set lampu sein, dijual dengan harga 500 ribuan. Spion, harganya 800 ribu sepasang. Tangki, kalau mau diganti, harganya 6 jutaan, kondisi copotan.

Kemudian apa lagi? Speedometer? MMBlog lihat di Ebay, yang copotan, harganya dikisaran 4 juta rupiah. Hmm, mayan juga yak. Gak tau deh, kudu ganti ECU atau Imobilizer apa enggak, tapi kayaknya speedo kerjanya lebih independent sih. kalau kudu diganti bareng sama perangkat elektronik lain, byuuuhhh, siapin aja minimal 15 juta, oke sekarang kita coba total yah Sob.

Fairing KIT : 7 juta

Baut : 500 ribu

Headlamp : 1 Juta

Stop Lamp : 500 Ribu

Spion : 800 ribu

Speedometer : 4 juta

Yang FIX aja nih, totalnya udah: Rp 13.800.000,-

Kalau mau ganti tangki tinggal tambahin 6 juta, ya jadi Rp.19.800.000,- . belum kalau ternyata kudu ganti perangkat kelistrikan dan imobilizer: tambahin 15 juta minimal, jadi 34,8 Juta. Belum untuk detailing (cat dan lain-lain), siapin 5 juta lagi. Yah berarti 40 juta rupiah yah Sob. tentu ini adalah perhitungan MMBlog dengan cara yang paling murah (part-part order sendiri, plus ada yang non OEM dan copotan), kalau order melalui pihak kedua atau ketiga dan itu barang ori plus baru, pasti bisa lebih tinggi lagi costnya.

Gimana Sob? belum lagi waktunya euy, order barang itu dak sehari dua hari, bisa sampai 3 minggu ā€“ 1 bulan. Semoga berguna yah!

instagram

Villa Kanaya

17 COMMENTS

  1. Belum kalau beli dari luar, harus itung pajak juga. Aturan sekarang di atas 50 USD, kena pajak. Pajak spare part lumayan tinggi loh, pengalaman gw. Tambahkan sekitar 15-20 persen ke harga di atas, bisa bikin nangis, hehehe.

  2. om vandra, gak diusulin aja sama si owner buat dimodif sekalian, mau cafe racer atau srambler pakai mesin r6 pasti lebih yahud. imho, kalau udah ‘rusak’ kayak gitu dibalikin lagi ke awal selain biayanya yg nggilani juga belum tentu nyaman dipakainya, mending modif sekalian

  3. MasVan, itu katanya motor baru beberapa hari keluar dr showroom yak? Shock depan warna biru..?
    Klo yg punya banyak duit n ikut asuransi, mending tuker baru kali yak..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here