(Opini) Trail 150 CC Yamaha, Pakai Mesin Byson atau Mesin Vixion?

10
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, setelah ada penampakan motor trail yang diduga adalah trail Yamaha di India dan berkubikasi 125 CC, MMBlog jadi punya catatan dan opini sendiri. Yups, melihat desain, udahlah, selera kalau desain mah, walaupun faktanya XTZ250 Lander emang keren dari mana aja dilihatnya sih, tapi perkara mesin, jadi menarik untuk dibahas masbro. Ada gosip, kalau tahun depan Yamaha akan ikutan di segmen motor trail, entah bener atau enggak, namanya juga gosip, wkwkwk. kalau iya, menurut temen-temen nih, bagusnya pakai mesin Byson atau mesin Vixion?

MMBlog melihat penampakan motor trail yang lagi di test jalan itu, menggunakan mesin yang bisa dibilang sederhana. Mesin satu silinder, berpendingin udara, yang hanya bisa mengerluarkan tenaga hingga 12 PS. Nah, masuk Indonesia, baiknya bengkak lah jadi 150 CC, otomatis platform mesinnya ada dua nih, mesin 150 CC punya Byson, dan mesin 150 CC punya Vixion!

Villa Kanaya

Kalau menggunakan mesin Yamaha Byson, temen-temen pasti udah faham banget, mesin 150 CC adalah mesin yang sederhana. Tapi, gak bisa dipungkiri, daya tahan dan simplisitas adalah strong point-nya Sob. toh, rival-rival juga menggunakan mesin dengan platform yang sama kan? Mesin KLX150 juga menggunakan mesin berpendingin udara, sama juga dengan mesin CRF150, menggunakan mesin yang berbasis mesin Megapro, mesin adem nan simpel, tapi kuat di torsi. Kalau menggunakan mesin Byson, namanya yang cocok yaitu Yamaha XTZ150, XTZ entry level pada konsisten menggunakan mesin model begini soalnya.

ini WR125
Ini XTZ125

Tapi, gak kalah menarik apabila Yamaha menggunakan mesin Vixion yang bisa dibilang lebih advance! Yups, 4 klep, pendingin cairan (radiator), dan 6 speed! Tentu kalau begini mah, nama yang cocok adalah Yamaha WR150! Tentu suspensi juga udah harus upside-down! Perkara harganya, pastinya akan lebih tinggi daripada yang menggunakan mesin Byson. Nah, menurut temen-temen gimana? Biasanya sahabat MMBlog pada mantep nih kalau beropini dan ngasih komentar perkara pemilihan mesin atau preferensi motor baru. ditunggu komentarmu Sob! insya Allah MMBlog timpalin! Terima kasih banyak dan semoga berguna yah!

instagram

Villa Kanaya

10 COMMENTS

  1. Sebenere bakal sadis kalo Yamaha langsung masuk dengan dua senjata kang. Tinggal atur timing launching XTZ – WR karena konsumen Indonesia itu ada yang rasional dan emotional sepertinya keduanya bakal laku, Asal WR150 harganya nggak kaya motor CBU.

    • Sip, setuju nih biar sekalian all out di kelas ini Yamaha. Tinggal nanti konsumen aja yg milih, kalo dana terbatas bisa ambil XTZ tp kalo mau yg lebih advance tinggal ambil WR. Jadi nanti gak ada alasan lg bagi haters buat BC wkwk

  2. Pakai mesin byson tenaga kurang,pakai mesin v ixi tenaga oke lah tinggal di atur setingan mesin,pastinya kalo pakai mesin V ixi harga agak mahal ketimbang byson,buang fitur yg tidak perlu,pakai cakram depan belakang,USD tinggalin

  3. setuju dgn yg atas mang..
    dua duanya..
    pake mesin byson xtz 150 , pake mesin vixion wr 150 + upside down , jadi konsumen punya dua pilihan sesuai budget nya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here