Motor, Jangan Sampai Benar-Benar Disimpan

16
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, gak sedikit sahabat pembaca MMBlog yang nanya ke MMBlog mengenai cara-cara yang baik dalam merawat dan menyimpan motor. Nah, melalui artikel ini, MMBlog mau coba share pengalaman MMBlog memiliki motor simpanan yaitu Yamaha FZ6 Fazer S2. Mas Moel aka FZ6 S2 ini sebenernya di tangan MMBlog adalah motor ke 3 Sob. pemilik sebelumnya adalah seorang bapak yang kolektor HD, beli ini motor Cuma laper mata, abis beli, sama sekali gak dipake, hasilnya? lanjut yuk.

Motor Pak Yok nih

Sesuai judul, kalau temen-temen punya motor, saran MMBlog sih jangan sampai bener-bener disimpan, di diemin sampai bertahun-tahun. Seenggaknya, motor ada dihidupkan dua minggu sekali, dan digelindingin walau sebentar (muter-muter komplek, jalan deket tempat tinggal). Yah kalau dibuk seenggaknya tiga minggu sekali kek. Karena yakin, kalau motor lama banget di diemin doang, seal-seal yang berbahan karet pasti getas. Seal shockbreaker baik depan atau belakang, biasanya getas dan bikin oli rembes.

Villa Kanaya

Belum lagi tangki bensin. Kalau didiemin tanpa diisi full, alamat karat bakalan ngontrak di sana. Mau diusir susah. Kalau udah begini tangki jada rawan bocor. Kalau motor CBU sih biasanya tangkinya tebel dan kuat, tapi kalau motor bikinan sini yang harganya juga relatif “murah” kalau udah bocor udah susah dah. Lubang kunci juga jadi seret, kontak susah diidupin, tutup tangki susah dibuka, dan lain sebagainya. Perkara tangki, kalau udah lama banget, bensinnya pun bisa basi. Kayak Mas Moel dulu kan pas dibeli ridingnya pake bensin basi, wkwkwk.

Belum lagi kalau motor karbu, kayak motor babeh, Jialing Kancil, karbunya jadi berkerak dan baut-bautnya pada macet. Bahkan motor NOS (New Old Stock) aja pasti ada aja problemnya, contoh, kayak ER6n rakitan 2012 yang dibeli tahun 2015, kasus tangki karatan sehingga fuel pump ngadat kan gak sedikit.

Timbul pertanyaan, kok kalau diluar negeri kayak di Eropa gitu pas musim dingin motor bisa disimpan? Ya emang bisa, tapi ownernya juga pasti manasin, dan ngidupin beberapa minggu sekali. Dan inget, cuaca atau iklim disana beda sama di Indonesia. di sana humiditynya lebih kering, gak kayak disini yang lembab. Gimana Sob? ada yang punya pengalaman nyimpen motor dalam waktu yang lama? Silahkan share pengalamanmu Sob.

Sekian, terima kasih, dan semoga berguna ya!

instagram

Villa Kanaya

16 COMMENTS

  1. Ane pakai sebulan sekali , buat beli bensin aja , muter sebulan sekali krn motor dah ngk dipakai,di tutup terpal. aki (+) dicopot ban ganjel busa dpn blkng, klw mau keluar disedot bensin di tangki, kaga ada masalah , aman motor thn 1996 ….. pernah 3bln jg aman x oli 6 bln sekali ganti primaXP ?

  2. Kebo saya sih ga dipake sebulan masi aman. Syaratnya jgn diisi bensin kerang yg V. Kalo diisi itu tangki karatan dan konci tangki macet. Padahal cuma didiemin 2 minggu. Ngisinya bensin kerang yg S aja. Kalo diisi yg S aman sih sektor tangki. Ampe sebulan lebih aman. Ini sekedar pengalaman pribadi. Entah gimana yg lain. Kebo saya rakitan 2013. Alhamdulillah fuel pump aman dari saya angkat 2014 dr showroom.

  3. Ane Om, punya smash Titan, pernah suatu ketika tuh motor beneran ga pernah di idupin,, hasil nya pas di aktifkan lagi, kiprok mati, eh ga lama spul ny ikutan minta di ganti,,, tobat deh nyimpen motor,, pas di pake lagi, semua ny balik lancar

  4. aduhh motor ane ada dijakarta udh setahun krn gw lg dinas luar negri. di cas doang krn bokap ga brani manasin jalan moge udh aki2 soale hehe,tangki isi full turbo 98,materi tangki si lupa gw apaan yang pasti bukan baja atau besi,ban digantung dua2nya pake paddock,depan gantung di segitiga,kondisi di bungkus dalam rumah,knalpot ditutup takut serangga masuk..nha dengan kondisi di atas aman ga ya??saran dong..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here