Melumasi dan Merawat Rantai Motor, Memang Sebaiknya (Seharusnya) Mesin Mati!

15
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, membaca artikel dari blogger ternge-hits di Indonesia Mas Aripitstop di SINI, MMBlog jadi terdorong juga untuk membuat artikel serupa. Sebuah reminder, sebuah wasiat, untuk temen-temen pada umumnya, dan MMBlog pribadi pada khususnya. Perkara membersihkan dan merawat rantai motor nih. membersihkan dan merawat rantai motor adalah salah satu pekerjaan yang bisa kita lakukan sendiri, DIY-lah, tapi punya resiko yang tinggi karena kecenderungan untuk mencederai juga tinggi.

Di postingan Mas Arie, MMBlog sendiri gak sampai hati untuk menshare foto yang mendeskripsikan mengenai sebuah kondisi dimana ada jari yang putus dan nyangkut di gear belakang sebuah sepeda motor. Ngebayanginnya aja udah ngilu banget. Kalau di blog Mas Ari menceritakan apa yang dishare di FB, MMBlog disini mau share pengalaman seorang sahabat. Ketika kuliah dulu, ada teman kuliah yang kehilangan satu ruas ibu jari-nya karena ya itu, lagi melakukan treatment ke rantai sepeda motornya.

Villa Kanaya

Tapi dalam kondisi mesin hidup dan masuk gigi.

Memang, hal ini terlihat praktis, sederhana, dan tinggal semprot atau tinggal oles, tapi namanya manusia, temen-temen juga harus ingat, kita ini tempatnya salah, lalai, dan lupa. Temen kuliah MMBlog tersebut tanpa sadar jarinya sudah berlumuran darah, kejadiannya sangat cepat, tidak terasa sakit, dan sudah sebuah keharusan, semuanya harus berakhir di rumah sakit. Temen kuliah MMBlog yang juga rider Thunder 250 itu juga akhirnya selalu mewanti-wanti kalau merawat rantai, ya kudu mesin mati, ban diputar pakai tangan pelan-pelan saja.

Gimana Sob? setuju kan kalau lagi ngerawat rantai kudu matiin mesin motor? Sekian, dan semoga berguna ya!

instagram

Villa Kanaya

15 COMMENTS

  1. puter ke belakang om jangan kedepan, klo kedepan meskipun mesin mati klo apes ya tetep kena jg mskpun gak parah. mw bersihkan atau mau di semprot gear oil tetep muter kebelakang. taruh kain lap di rantai bawah sambil di puter perlahan.

  2. klo bersihin rantai emank harus keadaan mati mesin na, trs d puter jg hrs pelan. lebih baik sih pakai sikat khusus pembersih rantai yg bulunya 3 sisi & chain cleaner, jd lebih aman lg. arah putaran sm ky Roy k arah belakang.

  3. Mungkin kalau kita masih lebih hati-hati, pas ada anak kecil itu yang bahaya. Pernah kejadian tetangga desa sampai tangan anaknya putus. Dan nyaris anakku juga, syukur gak sampai kejadian. Memang harus mesin mati, kalau terpaksa paling tidak jauhkan dari anak kecil.

  4. Saya juga lakukan seperti bro Roy, puter ke belakang pake tangan dan mesin mati. Antara rante dan ban dibatasi koran biar bannya enggak kena semprotan chain lube.

    Salah satu mekanik AHASS langganan saya, salah satu ruas jarinya hilang. Waktu saya tanya kenapa, jawabnya dulu kejepit gir waktu melumasi rante motor dgn mesin hidup dan masuk gigi satu.

  5. Bner mas, dulu saya juga prnah saat merawat rantai dan pas tk puter rantainya dlm kondisi mesin mati sy kaget lihat jari manis saya sudah nyangkut di sela rantai dan gear, untung dulu sy tdak panik dan memutar kmbali rodanya spya jari sy bisa keluar
    Alhamdulillahnya yg kena cuma kuku sy jd cuma dikukunya yg pecah dan dicabut smua
    Intinya saat merawat rantai jangan sampai teledor meskipun mesin mati kita harus ttep hati”

  6. maaf bukan menyepelekan.. kenapa sih kok ada jari diantara rantai dan gir, walopun kita waspada pasti bisa lalai juga.. kenapa ga pake alat (sikat dll) biar kalo lengah ya sikatnya yg kejepit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here