Email Pembaca : Yamaha MT-09 Tracer VS Triumph Tiger 800? Pilih Mana?

9

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari Om Hadi. Om Hadi nampaknya lumayan kesengsem sama Yamaha MT-09 Tracer yang artikelnya udah pernah MMBlog ulas di SINI. Tapi, Om Hadi menanyakan perihal Triumph Tiger 800, yang notabene, mesin dari motor ini juga “sama” kayak mesin yang dipakai di Yamaha MT-09 Tracer, yoih, sama-sama tiga silinder! Kebetulan, MMBlog juga udah pernah jajalin Triumph Tiger 800, ada artikelnya di SINI masbro. Tapi, akan lebih afdhol kalau MMBlog juga langsung ceritain sedikit mengenai feel dari dua motor ini, berikut kecocokan sama ridernya.

Yamaha MT-09 Tracer dan Triumph Tiger 800 bisa dibilang memang punya irisan yang kuat. Kedua motor, mengusung tema dan genre yang mirip, sama-sama motor adventure. Tapi, ada dua hal prinsipil yang membedakan dua motor ini. Yamaha MT-09 Tracer lebih ke penggunaan On-Road, mungkin 90 persen On-Road, tapi kalau Triumph Tiger 800, untuk penggunaan off-road, motor ini masih bisa dikompromikan, atau malah lihai!

Yamaha MT-09 Tracer, secara defaultnya menggunakan ban full on-road, kalau enggak salah pakainya Dunlop deh. Dengan ukuran 180 di belakang, dan 120 di depan, plus ring 17, terasa banget kan motor sportnya? Tapi lain cerita dengan Triumph Tiger 800 XC, motor ini menggunakan ban depan ring 21 dan belakang 17, pelek jari-jari pula, nah ini dia yang bikin Triumph Tiger 800 lebih siap untuk di dua alam.

Btw, perkara Ergonomi juga agak beda. Memang area pinggang ke atas, bisa dibilang sama, tapi area pinggang ke bawah, seperti yang udah pernah MMBlog bilang, kalau Yamaha MT-09 Tracer footstepnya agak unik karena sedikit ke belakang, sedangkan Triumph Tiger 800, footstepnya agak maju sedikit, lebih sit in. sama satu lagi, Triumph Tiger 800 lebih tinggi motornya, lihat foto perbandingannya di bawah Sob.

Kemudian sektor mesin dan performa. Memang kedua motor kubikasinya beda tipis dan sama-sama mengusung mesin tiga silinder. Tapi aje gile, petarung MMA kudu fight sama atlet Rugby, wkwkwkwk. Petarung MMA sang Tracer itu bener-bener diluar dugaan, unexpected, undisputed, di ring ganas, diluar ring gawat! Power, jab, uppercut, stamina, handling, kelincahan, bener-bener full entertaining dan menguras adrenalin! Kalau Triumph tiger 800 MMBlog ibaratin kayak atlit Rugby, yups, kuat, tangguh, stamina kuat, dan kenceng, tapi ya gitu aja, gak unpredictable. Kalau ngomongin fun factor, jelas Tracer di atas angin, belum lagi ada ke-khasan ala mesin Triumph yang kayak suara mendesir whiiiirrrrrrr..whiiiiiiirrrrr…whiiiiiiiiirrrr.

Jadi kalau perkara pengen-pengenan, tergantung senengnya sama butuhnya gimana. Butuh yang bisa ngasih hiburan ala adrenaline rush plus pemakaian jalan aspal, ya Tracer jawabnya. Tapi kalau butuh motor “normal” dengan kemampuan jelajah yang lebih mumpuni plus brang Eropa ya Tiger jawabnya. Gimana Om? Hehehe. Kalau enggak, beli dua-duanya aja laaaah, Sultan mah bebaass, wkwkwkwk. Semoga berguna yah!

http://monkeymotoblog.com/2018/12/review-harian-yamaha-mt-09-tracer-ini-fakta-faktanya/

http://monkeymotoblog.com/2014/10/test-ride-triumph-tiger-800-xc-nyaman-ala-motor-adventure-responsif-ala-sportbike/

instagram

Villa Kanaya

9 COMMENTS

    • Yamaha sih disupport full ama dds, fast movinh ready stok. Triumph juga sama aja kayaknya. Tapi biasanya sih motor eropa jarang ready, indent.

  1. Selama pake triumph tiger aman2 aja om sparepartnya n aftersalesnya ok juga jual second nya cepet laku. ?
    Motornya enak udh komplit buat kelas 800cc ada heater grip, heater seat dpn blkg, cruise control, dll

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here