#TuGasMMBlog, Riding Hari Ke-Empat, Ruteng Pu’u – Labuan Bajo

1
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya MMBlog bersama dengan tim Honda PCX Luxurious Trip 2018 telah berhasil menempuh jarak 550 Km, sebelum sampai ke puncak jalan trans Flores sejauh 700 Km. hari ke empat riding, dengan berbekal celana jeans dan jaket riding yang masih lembab karena basah di trip hari ke-tiga, MMBlog berharap kalau hari terakhir ini akan diwarnai oleh cuaca yang cerah, alhamdulillah, pagi hari di Spring Hill Hotel, cuaca nampak cerah. Oia, tampak juga wajah-wajah familiar Jurnalis Media Otomotif Nasional, ada empat yang datang dari Jakarta Sob.

Oke, setelah selesai pemanasan, MMBlog bersama rombongan langsung bertolak ke sebuah desa tertua di Flores Barat yakni Desa Ruteng Pu’u. Desa ini gak jauh letaknya dari Hotel, kurang lebih 5-6 kilometer aja Sob. langit lagi biru cerah, dan masuk ke area Desa, PCX yang berjumlah belasan itu langsung parkir melingkar. Rapih, ada kombinasi mewah (PCX) dengan tradisional (Desa) disini yang bikin chemistry jadi terasa lebih kuat.

Villa Kanaya

Bercerita mengenai Desa Ruteng Pu’u, desa ini adalah desa yang asal muasalnya adalah dari Minangkabau. Diceritakan, dari Minangkabau, nenek moyang dari Suku Ruteng masuk melalui Goa, Sulawesi Selatan,  lanjut melalui Sumbawa dan akhirnya sampai di Manggarai Barat. Di Manggarai Barat, perjalanan mereka di pandu oleh Landak, dan berjalan kaki, oleh karenanya Suku Manggarai enggak makan landak Sob. kalau temen-temen ke sini, terlihat bangunan rumah hampir mirip-mirip dengan rumah yang ada di desa Bena. Sebenernya kalau diceritain lebih dalam lagi, lebih unik lagi sih Sob, ntar dah yak.

Nah, selesai dari sini, kita semua langsung berangkat lagi Spider Web Rice Field di daerah Cancar. Jujur, denger bakalan tracking alias mendaki dan tanjakannya curam serta panjang, MMBlog jadi ciut Sob, yah udahlah, tunggu dibawah aja sembari istirahat, wkwkwkwk. Daripada betis ama paha kram, malah bikin susah semua orang 😆 . Kang Taufik sama Mas Feriyanta sih naik, katanya bagus dari atas, bisa lihat anyaman sawah yang bentuknya kayak sarang laba-laba gitu. yawislah.

Nah, kurang lebih 1 jam disini, MMBlog dan temen-temen riders, langsung berangkat lagi ke SDN 3 Ruteng untuk melakukan CSR. PT AHM memberikan sejumlah alat-alat sekolah, alat-alat olahraga, perangkat belajar mengajar untuk para guru, dan masih banyak yang lainnya yang intinya akan berguna banget untuk proses belajar mengajar Sob. adik-adik kita di SDN 3 Ruteng adalah adik-adik kita di Timur yang punya semangat belajar tinggi dan perhatian banget. Melihat MMBlog yang ketinggalan sarung tangan, beberapa anak langsung nganterin ke Motor loh! Jujur banget! Semangat belajar mereka juga tinggi, terlihat pas wak haji ngetes pelajaran matematika, mereka dengan semangat menjawab dan menganalisa pertanyaan, wuihhh. Calon penerus dan pengembang Indonesia Timur nantinya nih!

Di daerah ini, wah ternyata hujan lumayan deras, yaudah tunggu sampai reda, akhirnya udah redaan tim bergegas berangkat dengan menggunakan jas hujan. Perjalanan langsung di sikat ke Labuan Bajo, yang pastinya akan break makan siang dulu. Rute dari sini ke Labuan Bajo bisa dibilang sebagai rute yang tikungan juga gak kalah seru dengan jalan di Flores Timur, memang udah gak terlalu ekstrim, tapi jalanannya sudah mulai agak ramai oleh pengendara lain Sob. tikungannya dapat dilibas dengan kecepatan 70 Km/Jam dan Honda PCX150 bisa dibilang sangat stabil dan ngegrip diajak cornering, wiihhhhh, kepatil juga ane nih Sob. oia, sempat ada trek di pinggir laut juga yang treknya lurus, bisa GASPOL!

Sampai di Bukit Cinta Labuan Bajo, mulai terlihat panorama kepulauan di Flores Barat yang Indah Banget, luar biasa keren ciptaan Allah SWT. Gak hentinya MMBlog mengucapkan tahmid dan takbir karena perjalanan telah usai tanpa ada kendala sama sekali, dan langsung disuguhi oleh pemandangan yang indah banget ini. Disini acara udah bebas, MMBlog sama Wak Haji, memilih untuk riding colongan ke Pelabuhan untuk sekedar duduk dan istirahat sembari melihat kapal-kapal yang tenang di pelabuhan.

Flores, MMBlog bisa katakan kalau inilah pulau paling indah sekaligus pulau paling menantang untuk dikunjungi. 700 Km riding setiap hari, dengan tensi yang kadang rendah kadang tinggi, bener-bener destinasi atau tempat riding terbaik di Indonesia! oke deh, lanjut ke Mas Aripit dan Irfan Pertamax7 yang gas di Etape kedua yaaa!

instagram

Villa Kanaya

1 COMMENT

  1. Mungkin enak n nyaman riding pcx lochal. (Ga tahu sebenarnya, bikos tidak punya).

    Tapi dilihat ga enak. Khususnya dari depan. Area depan terlalu lebar n membulat/curvy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here