Ketemu Honda Shadow 1100, Sang Honda Made in USA!

8

Spek Mesin, dan Lain-Lain, HD Tapi Adem!

Sekarang, saatnya ngomongin spek motor dan lain sebagainya Sob. Honda Shadow 1100 punya mesin V-Twin 45 derajat, total dapur pacu-nya 1099 CC, dengan bore x stroke 87.5 x 91.4 mm. Hmm emang overstroke nih berarti. Rasio kompresinya pun rendah banget, cuman 8:1. Motor ini menggunakan rantai keteng dan SOHC Sob, jadi beda dengan HD yang kebanyakan menggunakan push-rod. Udah gitu, uniknya, motor ini menggunakan dua busi untuk tiap silindernya. Satu silindernya juga ada tiga klep. Motor ini menggunakan dua karburator untuk pengabutan bahan bakarnya.

Untuk unit tahun produksi 1985 – 1986 dan 1995 – 2007, Honda Shadow 1100 menggunakan transmisi lima percepatan, tapi untuk produksi tahun 1987 – 1966, Honda Shadow 1100 menggunakan empat percepatan, wah, udah kayak motor bebek yak. Kebayang ini motor napasnya sepanjang apa, udah gitu peak powernya di dapat di rpm rendah pula 60 daya kuda di 5000 rpm. Motor ini menggunakan shaft atau kopel sebagai media transfer tenaga dari mesin ke ban belakang, beda sama HD yang menggunakan belt, atau motor pada umumnya yang menggunakan rantai.

Hmm, kalau dilihat-lihat sebenernya ini motor punya banyak beda sama HD, tapi Honda mengemas itu semua agar punya citarasa yang sama dengan cruiser endemik Amerika itu Sob. bahkan, untuk pendinginan, selain menggunakan pendingin udara yang mana emang banyak kisi-kisi di motor ini, Honda Shadow 1100 juga menggunakan radiator untuk pendinginan motor yan sempurna! Asli, MMBlog kirain itu oil cooler doang, eh gak taunya radiator Sob! mantap juga yaaa. Dari tahun ke tahun, mesinnya identik, enggak banyak ubahan, citarasanya tetep sama, klasik!

Ini motor pakai kopling hidraulik, jadi empuk!

Suspensi depan, menggunakan suspensi teleskopik konvensional yang diameternya sok-nya sama kayak Yamaha Byson, 41 mm. Suspensi belakang disupport oleh suspensi ganda laiknya motor-motor yang emang enggak terlalu concern sama high speed cornerning. Rem depan single disc, rem belakang tromol. Ban depan menggunakan ban lebar 120 ring 18 sedangkan ban belakang khas motor cruiser yang menggunakan ban ring 15, tapi punya lebar yang lumayan yakni sampai 170. Intinya sih kekar ini motor Sob.

instagram

Villa Kanaya

8 COMMENTS

  1. Comment:aku pernah nyicip ni motor, emg mesin v twin ginian bikin ngerih torsinya, aplgi suaranya yg kyk helikopter brap braap, bkl jd pusat perhatian dijalan..
    klo lari sih g kenceng dibanding SBK, tp maskulin gt klo dipake..

    oiya cerita sikit, aku jajal ni motor waktu lg jln² di jambi, ad temen yg kebetulan punya, kebetulan temenku ini dpt dari pasar gelap yg tersohor dipesisir pantai timur sumatera, t4nya di kuala tungkal jambi, dy cerita dpt motor ini dri kapal asal singapura yg bersandar, & abk kapalnya pun g bs mastiin kondisi motor, bs hidup ap mati, tp kondisi saat itu bnyk korosi kn embun, maupun percikan air laut, dy beli scr gelondongan NP sepaket sm HD super glider *koreksi klo salah, dimaharin 60jt untuk 2 motor itu..
    yg HD waktu itu blm sm4 aku coba karena kondisi mati kelistrikan klo g salah
    #upss panjang lebar ceritanya..

  2. Kalau produk produk honda yang lain sangat sangat berdarah samurai atau ronin. Maka yang satu ini kita kasih julukan..”A Japanese Cowboy”…..hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here