Full LED Light di Motor, Udah Jadi Keharusan atau Konvensional Masih Oke?

12

Sobat MMBlog sekalian, salah satu instrumen di sepeda motor yang wajib ada baik secara fungsi, estetika, dan hukum, adalah perangkat pancahayaan. Perangkat pencahayaan, bukan hanya untuk membantu rider motor tersebut ketika berkendara di jalanan yang minim cahaya, tapi juga sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan yang lain. Nah, seksrang, karena kemajuan teknologi, dan selera pasar yang semakin “aneh” lampu atau pencahayaan LED (Light Emiting Diode) menjadi hal yang lumrah nemplok di motor atau mobil keluaran terbaru. Yang jadi pertanyaan, harus apa enggak sih?

MMBlog nanya begini karena beberapa hari yang lalu, MMBlog ber-DYI mengganti bohlam H4 Thunder 250 yang lampu dekatnya putus. Beli merek Osram di toko sparepart mobil, seharga 35 ribu rupiah, ganti dirumah, langsung terang benderang lagi kayak lampu petromak gerobak ketoprak 😆 . Murah meriah, mudah, dan sederhana. Usia pakaipun bisa dibilang lumayan lama, butuh waktu 3-4 tahun untuk bikin lampunya putus dan itu dinyalakan setiap hari siang malam. MMBlog pribadi, belum pernah ada pengalaman menggunakan lampu LED di Headlamp sampai putus, soalnya motor dirumah emang pada konvensional semua kecuali Suzuki GSX-S150.

Sein pun demikian, kalo putus ya gantinya gampang plus murah. Stop lamp juga sama aja, putus gantinya murah. Kalau FULL LED? Temen-temen ada pengalaman gak? Perkara komponen ini bermasalah. Terus, kembali lagi ke pertanyaan artikel, haruskah motor menggunakan FULL LED? Kalau MMBlog pribadi sih, perkara lampu utama kayaknya perlu, karena lebih irit daya. Tapi kalau yang lain-lain, yaa konvensional masih oke laaah. Walaupun, kalau bisa LED ya oke juga sih. Makanya nih, minta pendapat temen-temen. Biasanya komen sobat MMBlog pada bermutu dan berbobot, kalau ada yang nyampah, tenang, nanti MMBlog edit biar bagus komennya, wkwkwkwk.

Sekian, terima kasih, dan semoga berguna ya!

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. LED tapi kuning jangan putih… kemudian tata cahaya nya diatur ulang, jangan dongak bikin yg depan silau. rata2 motor Honda dongak semua…

    • Itu terjadi karena banyak dealer saat menyerahkan motor ke pembeli tdk diatur lampunya. Dan dikarenakan pula si pemakai tdk tahu dan bahkan tidak mau tahu pengaturannya

  2. Gak honda doang.. matik2 semua merek kalo ga dongak ya lurus ke depan bener, paling kena kalo berhadepan di jalanan kampung yg bener2 ga ada penerangan.. kanan kiri kebon..
    Kalo menurut gue yak, LED sih cm salah satu contoh sebuah peralihan teknologi. Bukan masalah perlu apa enggaknye si, lebih ke keniscayaan.. krn sejalan ama efisiensi daya jg, sm ringkesnye..
    Eh itu thunder seriusan umur lampunya 3-4 tahun..? Berarti emang manteb bener itu kelistrikannye.

  3. Bohlam halogen kurang terang, tp murah.
    Led terang, tp mahal dan semua bawaan motor putih, g keliatan kalo ujan.
    Akhirnya gsx saya pakein hid projie 4300k, terang dan tembus ujan XD

    Mungkin ntar tren kedepannya pake projie, kaya scoopy kan udah projie tuh. Tp skrg di luar sono, lampu mobil sedang dikembangkan pake laser (atau udah masspro ya?)

  4. Dengan kemajuan teknologi pasti ada orang yang ragu, sama kayak pertama kali platina di ganti cdi ato karbu di ganti injeksi, takut cepet rusak ato mahal dll. Tapi pada akhir nya kalo udah biasa sih bakal kerasa normal aja dan malah merasa terbantu sama kemajuan itu.

  5. Perlu ga perlu sih Om, sama2 fungsional kog yg ptg.. Dan masing2 punya kelebihan dan kekurangan masing2 jg..

    Ah ini pasti nyerempet2 Nex II yg msh byk pake bohlam juga nih, hahaha
    Tapi serius keren bgt tuh Nex II! Joss lah utk matic entry level mas

  6. Kalau utk otomotif, kayanya masih “kalo led bagus, kalo belum ga masalah”.. karena pasokan listriknya masih sebatas aki. Yg kalo sama2 udh 2 tahun aki mesti ganti mau itu lampunya led atau bohlam.. kalo rumah baru ngaruh bgt.. pake lampu led jd irit biaya listriknya, ujung2nya jd ramah lingkungan karena beban pembngkit listrik pln jd berkurang

  7. Led mantap tp untuk ukuran perkotaan…coba jalan di daerah pegunungan yg rawan hujan apa lagi kabut…kebayang dong kanan kiri jurang…
    Mungkin lebih enak lagi emang led warna kuning.

  8. Serius nanya, apa ada lampu LED buat headlamp yg warnanya kuning gitu? Bukan kuning seperti lampu sein ya, maksudnya kuning ala headlamp halogen.

  9. Led + Projie okelah sinar fokus mantep. Tapi entah kenapa pabrikan sekarang pada pake LED + Reflektor. Sinar led + reflektor ga fokus dibanding led+ proyektor. Sampe roda 4 juga gitu kaya Rush,Terios,Jazz All new,City,Civic. Pabrikan aneh semua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here