Email Pembaca : “Di Daerah Saya Maksimal Adanya Pertamax, Aman Gak Untuk Motor Kompresi Tinggi?”

12

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan email dari sahabat pembaca. Isinya gak banyak cingcong, intinya masbro ini mau beli GSX-R150, tapi di daerahnya BBM paling bagus cuman Pertamax biru RON 92, apakah aman menggunakan BBM ini, padahal Rasio Kompresi dari GSX-R150 adalah 11,5 : 1. Jawabnya dengan tegas MMBlog bilang, AMAN! Dikasih premium aja aman sentosa kok, dengan catatan ya bisa gampang berkerak ruang bakarnya, hehe.

Ngomongin motor berkompresi tinggi terus menggunakan BBM beroktan rendah, MMBlog sendiri udah beberapa ngejejelin motor berkompresi 12,2 : 1 dengan menggunakan Pertamax, gak jarang juga nenggak Pertalite, bahkan Premium-pun pernah yang oktannya hanya 88. Yups, Mas Mul aka Yamaha FZ6 Fazer S2 itu punya kompresi 12,2 : 1, lumayan tinggi lho kompresinya. Kalau lagi bertandang ke rumah mertua di bilangan Bogor, seringkali enggak nemuin Pertamax Turbo, atau V-Power, adanya Pertamax, ya mau enggak mau tenggak dah. Pernah juga pertamax-nya kosong, adanya premium, bensin udah kelap-kelip, yaudah tenggak premium.

Ah, itu kan dalam jangka pendek aja mas, gimana kalau jangka panjangnya?

Kebetulan, MMBlog semenjak punya Mas Mul sering mampir ke website atau forum Yamaha FZ6. Sebagai motor Global, motor ini tersebar luas di dunia. Di Amerika, ada user yang menggunakan BBM beroktan 87 untuk Yamaha FZ6-nya untuk waktu yang lumayan lama, dan hasilnya, motor running well! Kalau si Merah aka ER6n sih bertahun-tahun MMBlog memang hanya menggunakan Pertamax Biru, karena rasio kompresinya memang di kisaran 10,3 : 1, gak tinggi-tinggi amat, dikasih Turbo atau Plus malah mubazir aja, bayar mahal tapi performa juga sama aja.

Jadi, motor kompresi tinggi nenggak BBM oktan 92? Insya Allah aman masbro. Gimana? Mungkin temen-temen ada yang share pengalamannya? Oia, itu Bro Gilkun juga pernah ngasih bensin Premium ke CBR600RR yang berkompresi 12,5 : 1, hasilnya? Ya ngacir aja tuh. Oke deh, semoga berguna yah!

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. Aman om. di buku petunjuk GSX kalo tdk salah tertulis bensin RON sekelas premium boleh masuk. cuma yg perlu diperhatikan, jgn ada timbalnya. Bisa ngerusak lapisan SCEM. Ngomong ngomong fazernya om vandra ini cakep jg ya. pipanya 4 ! jd ngiler

    numpang jemuran aja deh kang :
    Arm Banana untuk Byson ? oops https://www.bukalapak.com/p/motor-471/sparepart-motor/shockbreaker-430/byp3z4-jual-swing-arm-rd-racing-thailand-dan-shock-original-byson-belakang-bekas

    uhuuuy

  2. Sering pakai premium & pertalite di satria fu injeksi yg kompresinya kurleb sama dgn GSX-R 150, anehnya malah BBM terasa lebih awet daripada pakai pertamax, dari segi performa juga ga muncul gejala2 aneh semisal ngelitik dll, sama aja… mungkin jeleknya kalau dipakai jangka panjang, tips dari ane kalau dompet lagi tipis bisa diakali selang seling, 2 minggu pakai premium & seminggu pakai pertamax buat detergency / ngebersihin efek pakai premium..

  3. Kalo bisa sih nurutin kompresi mesinnya lebih baik, kalo ga pas di kantong / pas lagi urgent sih beda cerita. Kalo ga di isi sesuai kompresi lama2 motornya kalo digas, ga ngegas, tapi mesinnya brebet gitu (pengalaman) wkwk

  4. MX King kadang pertamax kadang pertalite sesuai kondisi aja sih, klo premium malah gak boleh diarahin beli pertalite

    ngoahahaha

    kebijakan dr spbu kekx,… tp prefer ke pertalite sih drpd premium, toh itu jg irit kok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here