Kenalan Sama Honda CB500F 2016, Revisi Total!

4

launching bigbike Honda-5

Sobat MMBlog sekalian, salah satu CB500 series yang MMBlog pantengin terus selama launching adalah Honda CB500F. Kenapa? Karena MMBlog udah pernah ngerasain satu minggu riding harian pakai motor ini, artikel tentang motor inipun ada banyak di monkeymotoblog.com, review hariannya MMBlog bikin dengan detail, rapih, dan objektif. Ada juga komparasinya dengan Kawasaki ER6n (link terlampir dibawah ya). Nah, terus apa aja sih yang baru dari CB500F 2016 ini?

launching bigbike Honda-36

launching bigbike Honda-12

Yang jelas, body mendapatkan revisi total! MMBlog melihat CB500F 2016 punya desain yang lebih sharp, lebih cool, dan agresif. Keluar dari pakem lawasnya yang terlihat lebih kalem dan humanis. Salah satu kritik MMBlog pada CB500F lawas adalah pada penggunaan cat yang digunakan, kenapa demen banget pakai putih Doff, aura motor jadi ketahan, bersyukur di varian baru ini, cat menggunakan warna mengilap yang sedap banget dilihat!

Baca Juga :

Review Harian Honda CB500F (1) : Ergonomi Semi Agresif Karena Setangnya Baplang dan Rendah! Tapi Nyaman Karena Jok Empuk!

Review Harian Honda CB500F (2) : Macet Siapa Takut, Tapi Feeling Setang Kudu Mantep Nih! (Video)

Review Harian Honda CB500F (3) : Nyala Lampu Di Malam Hari, Luar Biasa Terangnya!

Review Harian Honda CB500F (4) : Perihal Mencuci Motor, Sayang Gak Ada Tempat Untuk Jalu Paddock

Review Harian Honda CB500F (5) : Sebuah Kesimpulan

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

bersama yang lawas
bersama yang lawas

Beberapa revisi dalam hal ini adalah penambahan fitur juga telah disematkan di Honda CB500F Sob. kayak sebelumnya, di tuas rem kan gak ada tuh yang nanya adjuster atau settingan jauh dekatnya. Nah, untuk versi 2016 ini, sudah disematkan, jadi temen-temen bisa atur itu lever enaknya seberapa. Tampilan lain yang menonjol adalah mesin. MMBlog pribadi demen banget sama kelir mesinnya yang berwarna hitam dikombinasikan dengan warna emas, jadi kelihatan lux. Oia, tangki bahan bakar juga jadi bengkak kapasitasnya, jadi 16,7 liter, weleehh jadi jarang mampir ke SPBU niihh.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

mesinnya mantap kelirnya
mesinnya mantap kelirnya

launching bigbike Honda-35

Tampilan dasbor dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital, odometerdual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.   HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak, dan tersedia ruang dibawah kursi untuk penyimpanan. CB500F juga dipersenjatai dengan mesin 8-valve liquid-cooled parallel twin yang mampu memberikan keseimbangan sempurna untuk ukuran tubuh dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga dari crankshaftmain shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dan rekayasa teknik yang diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

launching bigbike Honda-10

Ukuran diameter dan langkah  yaitu 67mm x 66.8mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O danprimary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini.  Primary dan balancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara.  Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balance dan beban ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah. Nah, ini dia nih update pada mesinnya Sob!

launching bigbike Honda-33

Jelas Sob, tampilan CB500F 2016 udah berbeda signifikan dengan Honda CB500F generasi sebelumnya. Motor ini jadi lebih enak dipandang. Tapi jujur, penasaran juga sama impresi berkendaranya nih Sob. mesinnya udah kena upgrade, apakah signifikan bedanya? Perlu dibuktikan dengan impresi berkendara harian, xixixi. Semoga aja kesampaian yah! Berminat? Monggo siapkan dana 133 juta rupiah untuk Non ABS dan 139 juta untuk yang ABS!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

4 COMMENTS

  1. Kang Vandra.. Itu kan mesinnya dohc oversquare.. Kok limiter rpmnya di set rendah ya gak sampe 10.000rpm..
    Itu kenapa tuh, ga bisa diajak teriak2 dong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here