Mesin 250 CC V-Twin Honda, Bisa Dijadikan Berbagai Tipe Motor!

38

vtr-05

Sobat MMBlog sekalian, sekarang ini makin santer di beritakan bahwa sepertinya akan hadir sepeda motor 250 CC V-Twin dari pabrikan sayap mengepak, Honda, kalau di Indonesia ya AHM. Menarik soalnya, untuk berjibaku di kelas yang semakin clattered dan crowded ini diperlukan sesuatu yang lain daripada yang sama. Saat ini inline memang sedang populer, dan sepertinya akan mainstream. Mau gak mau emang V Engine adalah sebuah breakthrough yang efektif. Sesuai dengan judul, bisa dijadiin motor apa aja emangnya? Langsung aja MMBlog coba jabarin satu persatu :

1. Sport

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

honda VTR1000F 99  2
VTR 1000 Firestorm

Gak banyak mikir, motor sport fairing adalah motor yang lagi happening saat ini. Setiap pabrikan berlomba-lomba mengeluarkan motor dengan bentuk yang identik dengan motor balap. Mengusung mesin V-Engine 250 CC, motor sport ini bakalan lain daripada yang lain, suaranya bakalan lebih khas, torsi bawah bakalan ngejambak. Strategi flagshipnya pun bisa dengan membawa VFR1200 atau VFR800, otomatis image dan pamor mesin V-Twin ini akan terdongkrak! Penamaan, MMBlog sih prefer ke VTR250R, sebenernya gak salah kalau pake CBR250, tapi jika mau CBR250R satu silinder tetap ada dan ditandem, maka nama VTR250R adalah sebuah nama yang memiliki daya jual! IMHO.

2. Naked Bike

honda-vtr-250-07

Naked bike sebagai motor non-fairing juga saat ini lumayan digemari. Beberapa rider ada yang gak begitu demen nungging di motor sport, tapi pengen tenaga yang gak kalah sama motor sport, otomatis, naked bikea adalah sebuah jawaban. Dengan rangka yang unik, mesin V-Twin di motor naked bike bakal luar biasa terekspose. Desain untuk motor naked bike juga fleksibel, matu dibuat semi retro kayak VTR250 Jepang atau seperi CB500 Series pun tetep oke. Tinggal perkekar, perkokoh, yakin, ini motor bakalan jadi favorit. Penamaan, ini yang asyik. Bisa pake nama CB250R, VTR250N/F, yap fleksibel deh, soalnya ini motor emang bakalan eye cathing, bisa-bisa orang gak peduli akan namanya, yang penting motornya, IMHO.

3. Enduro Adventure

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

cbr250r-crossrunner
Pitc From Paperider

Ini yang menarik, belum ada pabrikan yang bermain di segmen ini. Motor 250 CC, Enduro adventure, pastinya bakalan WOW banget. Inget, semakin hari, semakin banyak rider yang menjadi adventure/touring freak! mereka butuh motor-motor yang suspensinya kejal, riding position yang tegap, dan jok yang lebar serta nyaman! Honda punya pengalaman dengan motor seperti ini, sebutlah moge adventurenya, CB500X, NC750X, Crossrunner 800, Cross tourer 1200, nah mantep kan? Bahkan untuk NC750X, Crossrunner 800, Cross tourer 1200, itu moge semuanya pake mesin V-Twin!!! tentu strategy flagship bisa dieksekusi dengan mendatangkan motor-motor ini.

4. Motor Cruiser

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

honda-magna-250-02
Magna 250

Ini emang gak populer, tapi menarik juga untuk dicoba walaupun resikonya lumayan besar. Motor cruiser memang sudah kadung identik dengan mesin V-Twin. bahkan di tahun 2000-an awal, Honda udah punya varian Cruiser 250 V-Twin dengan nama Honda Magna 250. Ini motor dulu dibawa sama importir umum. tapi sayang sepertinya emang kurang mendapatkan perhatian.

Nah, itulah kira-kira opini dan analisa MMBlog tentang potensi mesin V-Twin yang akan dimiliki oleh AHM. Sebenernya sih jika mau lebih serius, mesin single silindernya masih bisa dikembangin buat Naked bike, dan trail-nya. Yup, makin lengkap dah varian AHM di motor-motor 250 CC-nya. Tapi, yang paling penting lainnya adalah pricing, kudu cocok daah. Oke deh, gimana dengan pendapat teman-teman semua? Monggo di sharing di kolom komentar.[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

38 COMMENTS

  1. jozzzz gandozzzz…

    vtr pake fairing bagus juga ya,,
    dari bentuk yang naked cuma di rubah sedikit bentuk buritannya aja menyesuaikan bentuk buritan ala sport, dah bagus banget.

  2. gak perlu di rubah buritannya,, buritan sama dengan yg naked langsung di tambah fairing aja kayaknya dah bagus..
    semoga desain VTR250 yg di masukkan AHM..

  3. pngen harga murah kuatir yg dikompromikan kualitas,
    kualitas bagus,
    kuat beli engga?
    meski didorong dgn kekuatan mass pro dgn plant banyak
    btw segmen agak gede bisa subsidi silang ga yah dgn pasar matic, :p
    >> abis ngliatin harga matic dan moped d brosur
    wah ada yg udah 16, 9 jt padahal cuman vario dan hsx 125 helm in,
    mirip/mepet2 hrga cs one di awal prkenalannya skitar 2008 harganya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here