AHM Mau Reborn Supercub? Akankan Motor Retro Akan Booming (Lagi)?

22

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

DSC_2542
Honda Supercub Di Probike, Lucu!

Sobat MMBlog sekalian, sebuah motor pasti pernah memiliki masa jaya. Sebutlah motor-motor retro jadul (sekarang mah retro jadul, tapi pas zamannya ya yang paling update) kayak C70, CB100, dll. Semua pernah jadi penguasa di masa-nya. Terus masih relevan apa enggak sih kalau motor model begini dirilis lagi di zaman sekarang?

Melalui blognya Kang Haji TMCBlog, beliau menuliskan tentang berita bahwa AHM saat ini sedang memasang ancang-ancang untuk memperkenalkan kembali Honda Supercub, indikasinya dari pendaftaran TPT Menperin. Wah, mantap nih. Bisa berhasil atau enggak, tergantung kepada cara promosi dan positioning motornya kelak. Perkara motor-motor retro/klasik dizaman serba moderen seperti sekarang, terlalu prematur kalau kita sangsi bahwa motor begini peminatnya akan dikit. Mengaca kepada Honda Scoopy yang merupakan matik ala-ala retro, liat aja tuh, buanyaak banget di jalan, hingga akhirnya memancing Yamaha juga untuk meluncurkan Fino.

photo

Motor retro itu sebenernya motor-motor yang sifatnya emosional dan peruntukannya lebih kepada pelepas dahaga ridernya untuk memiliki ingon-ingon sebuah motor yang merepresentasi karakternya. Honda dalam hal ini, memiliki motor-motor retro yang dari segi desain emang lucu dan manis. Tapi, selain perkara emosional di atas, motor-motor ini juga harus memiliki reliabilitas dan durabilitas yang mumpuni. Kembali lagi, berapa banyak Honda Scoopy yang akhirnya bener-bener jadi “buluk” karena bener-bener dipakai sebagai kendaraan komuter, tapi inilah enaknya motor retro, begitu buluk, cuci, poles, langsung kece lagi motornya dan siap diajak mejeng 😀 .

honda-dream-super-cub-29

Supercub yang didaftar oleh AHM di lantai TPT memang belum ketahuan bakalan diproduksi atau emang di Impor langsung. Kalau emang langsung diimpor dari Jepang, alamat mantap tenan harganya. Tapi entah kenapa MMBlog sih beratnya ke arah motor ini bakalan diproduksi sendiri, ya itu balik lagi ke scoopy, apa sih yang gak bisa dibuat sama  Astra Honda Motor 😀 . wong sumber dayanya hebat banget. Jika memang beneran diproduksi massal oleh AHM dan banderolnya menarik, tentu ini adalah sebuah kabat gembira, karena MMBlog yakin, pasti bukan hanya motor Cub dan Matik saja yang ada retronya, Si Segmen Sport pasti juga kena sentuhan retro. Sebutlah CB223 atau CB125 retro made in AHM. Mustahiil??? Lah kalau Scoopy laku, Supercub laku, indikasi jelas kalau motor retro saat ini diminati, ngapain juga segmen sportnya dianggurin??

Emang sih belakangan ini kalau diperhatiin, ada begitu banyak motor-motor lawas yang “dihidupkan” kembali. Bahkan gak sedikit pula motor-motor baru yang dilawas-lawasin :mrgreen: . Sebuah langkah cerdas apabila emang AHM mau all out di segmen yang sepertinya niche, tapi everlasting dan ada loyalist customernya. Oke lah, kita simak aja kelanjutannya. Oia, MMBlog pernah lihat langsung supercub di Hobby Motor, emang cute dan rapiiihhh bangeettt 😆 . Kalau emang jadi rem depan kudu pake discbrake nih kayaknya, xixixi. biar makin njooss dan minim perawatan 😀

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

22 COMMENTS

  1. pasarnya ada Om, soalnya udah banyak C-70 yang diremajakan pakai mesin revo 100, revo 110, bahkan ada yang pakai mesin revo AT matic. nga haram juga nyomot dr mesin merk lain.
    soalnya banyak yang suka sama penampilannya, tp nga tahan sama lemot mesin aslinya ….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here