Honda CBR150R Baru Harganya 28 Jutaan, Segmen 30 Jutaan Kosong, Diisi Pakai Motor Apa Ya?

12

image

Sobat MMBlog sekalian, gegap gempita peluncuran dan hadirnya Honda CBR150R baru memang luar biasa. Jagad media otomotif online ataupun ranah blogosphere sedang heboh ngebahas motor anyar dari AHM ini. Dengan dibanderol 28 jutaan, tentu motor ini sangat-sangat menarik, yang jadi pertanyaan, ini segmen motor 30 juta Honda gak ada yang ngisi nih, enaknya diisi sama motor apa ya?

Di sini, MMBlog bahas motor sport ya, kalau matik udah keisi sama PCX, nah kalau sport? masih kosong loh. Terus motor apa yang logis nangkring di harga 30 jutaan? tentu speknya haruslah di atas Honda CBR150. Mau melokalkan Honda CBR250? Kayaknya sih kemungkinannya kecil, soalnya paa sesi tanya jawab kemarin, pihak AHM menyatakan bahwa CBR250 adalah produk premium yang sepertinya bakalan tetep di set dengan harga yang premium pula. Emang sih, agak susah juga bikin motor sport yang pas nangkring di harga 30 jutaan, tapi gak ada yang gak mungkin masbro.

image

Sebenernya, motor sport 30 jutaan masih bisa digelontorkan oleh AHM dengan meracik motor yang kubikasinya lebih besar dari CBR150R, tapi mesinnya dibuat lebih “tradisional”. Maksudnya tradisional itu kayak gimana? Yap, kubikasi disetel di 220-250, tetap, menggunakan mesin DOHC, 6 speed (5 speed juga gak papa sih), injection, daaann.. oil cooler dan pendingin udara sajaa.
image

Nah, mesin diatas adalah mesin milik cbx 250 twister dan cb300r. Kalau dilihat, tentu mesin begini masih lebih joss tenaganya dibanding 150 cc dohc radiator. Terus apakah perlu fairingan atau buka-bukaan aja? Nah, IMHO baiknya sih motornya menggunakan platform streetbike aja. Mungkin oke kalau ini diposisikan sebagai next tiger atau streetbike flagship AHM. Terus juga kalau pakai mesin begini, seandainya AHM mau masukin CB250F dari Thailand juga masih oke, CB250F bisa dibanderol 40 jutaan, dan mesinnya lebih high-tech dan kontemporer ketimbang mesin pendingin udara dan oil cooler.

Oke deh, ini sih pendapat MMBlog aja, bagaimana menurut teman-teman semua? Ditunggu opininya ya.

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. CBR boredown kah? Atau tetep 250 head to head sama zSL , atau tetep tiger tapi basis mesin cbx twister, itu mesinya ganteng, apalagi CB 300 yang 2014 punya brazil bodinya mirip2 CB1000r

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here