Yamaha XG 250 Tricker, Ajaib, Unik, Dan Asyik Kayaknya Buat Mainan!

25
Limited

Yamaha Tricker

Sobat MMBlog sekalian, iseng-iseng browsing setelah riweh ngedit foto-foto dan video Triumph Tiger 800, MMBlog ketemu sama motor “unik” dari Yamaha. Motor ini genrenya bisa dibilang agak nyeleneh, dibilang trail bisa iya bisa enggak, dibilang motor sport jauh, dibilang motor jadul juga enggak. Setelah browsing lagi, ternyata model begini biasa disebut motor Trial, yap, motor yang biasanya dipake untuk freestyle, akrobat, dan jumping. Motornya sendiri bernama Yamaha Tricker 250,  baru tau ada pabrikan Jepang yang ngerilis motor begini, yang MMBlog tau sih adanya paling gas-gas doang.

Villa Kanaya

05_yamaha-tricker-07-2

Jujur, bagi MMBlog ini motor bentuknya lucu banget, kayak cangcorang euy :mrgreen: . desainnya gak mainstream, dan ekstraordinary. Nama tricker mungkin disematkan di motor ini karena, emang dari bentuknya motor ini pasti bisa ngasih dan mensupport berbagai trick untuk para freestyler ketika beraksi, IMHO. Kalau motor trial biasanya itu motor gak ada joknya, jadi sang rider emang kudu berdiri terus kalau riding, nah si Tricker ini ada joknya, jadi masih rideable, mantap. Sasisnya menggunakan double cradle (koreksi yak) yang sepertinya memang kokoh dan mendukung ketika ini motor diajak wheelie atau stoppie.

05_yamaha-tricker-01-2

Perangkat standar motor harian juga gak lupa disematkan, dan ini makin membuatnya jadi keliatah lebih oldschool. Moggo dilihat lampu depannya yang bulat mungil, spion yang juga bulat, dan pelek jari-jari. Oia, biarpun begitu, ini motor remnya udah disc brake baik itu di roda depan ataupun di roda belakang, juooozzz. Ukuran ban depannya 80/100-19 dan belakang 120/90-16, unik yak kombinasinya :mrgreen: , entah gimana handlingnya, pasti ajaib.

Ngomongin mesinnya, mesin ini motor secara visual mirip sama Yamaha Scorpio, tapi CC-nya 250. Dengan bore x stroke 74.0 x 58.0 mm , pendingin udara, satu silinder, 2 klep,  SOHC, serta kompresi 9.5 : 1 mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 19 daya kuda pada 7500 RPM dan torsi hingga 18.8 Nm pada 6250 RPM, enak nih tenaganya kayak Pio. Oia, ini motor tinggi joknya 79 cm, beratnya 118 kilogram (enteng euy), dan tangkinya hanya mampu menampung BBM sebanyak 6 liter saja, rempong dah kalau buat touring 😆 . Top speednya, bisa sentuh 116 km/jam.

Namun, sayang seribu sayang, ini motor udah gak diproduksi lagi oleh Yamaha. Penyebarannya pun gak luas, hanya di beberapa negara Eropa, Amerika Latin, dan Jepang saja. Mungkin karena desain begini ini adalah desain yang segmented banget kali ya. Mending bikin motor trail sekalian atau streetbike aja yang pasarnya luas dan udah jelas, ketauan pasti monceeerrr. Tapi jujur, untuk inspiasi dan referensi modifikasi, model begini oke juga. Unik euy 😀

tricker_250

Untuk rider urban yang demen nongkrong, hangout, dan chilng-out bareng temen-temen skaters dan freestyler ini motor desainnya bener-bener representatif. Oke deh, terus gimana menurut temen-temen desain dari Yamaha Tricker 250 ini? Menurut MMBlog mah KEREN!

 

instagram

Villa Kanaya

25 COMMENTS

  1. posisi duduknya jaminan gak nyaman ya… tangkinya macem tanjakan halilintar dufan 😛

    emang aslinya trial ga pake jok sih,,, kudu berdiri…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here