Mesin Next Honda Tiger Itu Bagusnya 223 CC, 234 CC, Atau 250 CC?

55

ahm-rilis-warna-stripe-baru-honda-tiger

Masbro sekalian, ngebaca artikel Kang Taufik mengenai mesin Next Tiger yang akan menggunakan mesin 230 CC, MM jadi mengernyitkan dahi. Bukan apa-apa sih, tapi MM punya beberapa analisa juga mengenai kemungkinan-kemungkinan mesin yang rasional yang profitable buat motor yang udah menjadi ikon Honda Indonesia ini. Terus mesin-mesinnya apa aja tuh? menurut MM ada tiga kubikasi dan tiga jenis mesin berbeda masbro, dan MM mau buka rahasia dikit nih, MM pernah punya pengalaman berkesan sama salah satu dari tiga mesin yang akan MM bahas di paragraf selanjutnya.

Mesin Pertama : Mesin CB223

Image

Nah, mesin CB223 adalah salah satu opsi mesin buat mesin New Tiger. Mesinnya masih “biasa” saja, menggunakan kisi-kisi sebagai pendingin, SOHC. Ya nanti mungkin kalau jadi masuk, okelah jika dipasang oil cooler. Mesin ini sih bisa dibilang tidak terlalu jauh berbeda dengan mesin Tiger sekarang. Ya memang secara pricing akan lebih terjangkau, tetapi apa konsumen tidak merasa bosan diberikan motor dengan mesin yang “lo lagi, lo lagi” istilahnya? biarpun sudah pakai injeksi, tapi tetap saja masbro, kubikasinya tetap lebih kecil dari Scorpio, dan satu silinder. Masak Tiger yang udah belasan tahun melanglang buana di jagad permotoran tanah air, mesinya masih jomblo aja :mrgreen:

Mesin Kedua : Mesin CBR250

Image

Mesin CBR250 adalah mesin baru yang mumpuni. Bahkan konon, di sirkuit saja mesin ini dapat mengalahkan superioritas mesin dua silinder milik EX250 aka Ninja 250. Dibekali dapur pacu 250 CC, DOHC, 6-speed, radiator, 4-klep, tenaga yang dikeluarkan tidak dapat dianggap remeh. MM udah pernah jajal motor ini waktu di bawa oleh Om Kobay di acara test ride Supra X Fi, tarikannya memang lumayan nampol masbro. Nah, sebetulnya sangat logis jika mesin motor ini akan dipakai di Next Tiger, kalau saja bisa diproduksi lokal seperti CB150, harganya juga pasti juga bisa kompetitif. Tapi ya tetep, satu silinder :mrgreen:

Mesin Ketiga : Mesin Rebel/CB 250

Image

Tarik nafas dulu masbro, hehe. Nah, ini dia nih mesin motor yang berkesan buat MM. MM sih belom pernah nunggangin tapi MM pernah ketemu langsung sama motor yang menggunakan mesin motor ini. Wah, asli seandainya Next Tiger pake mesin motor ini, asli deh, Thunder bakal punya temen baru, hehe. Oia, mesin ini kubikasi aslinya adalah 234 CC, nah mungkin gak ya bisikan yang diterima kang Taufik bahwa Next Tiger akan berbasis 230 CC akan menggunakan mesin ini? Untuk detail mengenai pengalaman MM akan mesin motor ini akan MM bahas di artikel sendiri, soalnya MM excited banget nih sama ini mesin.

Oke deh masbro, monggo diberikan pendapatnya ya

instagram

Villa Kanaya

55 COMMENTS

  1. Salah satu motor yang menggunakan mesin rebel itu RR aka Regal Raptor, please cmiiw … asli bandel mesinnya. Galak, torsi besar… apalagi RR sudah menjadi 350 cc … sebenarnya RR motor bagus, cuma ya itu, kembali ke image… tapi benar, mesin rebel asli TOP …

  2. menurut saya pribadi sih,mending pake mesin yang sama hanya saja di injeksikan. mengenai fiturnya ya tetep seperti biasa tapi harga kudu turun,yang sekarang kemahalan cuy…karena ini adalah motor legenda, jangan merubah jati diri si macan dengan merubahnya secara signifikan. Intinya..biarkan tiger tetap eksis dengan segala kekurangan dan kelebihan.

  3. wihh yg mesin rebel, ngga nyampe 250 tp uda dual cyl. inline ajah
    wau bingit, stereo nya kayanya bakal dapet, dgn FC yg ya alhamdulillah lah,.
    1 :33 msa gk kena,.?
    ngemeng motor irit ya honda gitu loh, anugrahi injeksi malah nambah mnarik lagi itu.
    heran deh pdahal ATPM sekelas honda ni punya potensi bejibun klw mikirin dari aspek cari untung.
    tapi kenapa sie susah bnget mndengar masukan skaligus memanjakan konsumen dgn mesin yg bner2 khas ala honda,
    irit, sophisticated dan harusnya gak malu2 in.
    mbok yo sesekali orientasi salah satu jajaran line up nya ada yg untuk memuaskan konsumen gitu lho, biar yg udah loyal banget jadi nambah2 loyalnya klw bsa sampe fanatik.
    ibaratnya klw ud pke honda , njajal produk laen ntr lngsung bisa ngasi komentar dgn parameter berbasis/merujuk ke motor honda yg dimiliki .

    ( uda 2 thn ini make GL 200 th 95 lungsuran kakaknya tmen, disuruh make & ngerawatin,
    krna pemilik sebelumnya uda mapan + punya motor setengah lusin di rumah )

  4. Setelah baca tulisannya mas bro saya masih bingung, semua opsi bagus, terlebih honda rebel 😀

    Tapi setelah baca komentar teman-teman kok mengarah ke honda rebel???? Wah gaptek nih sama teknologi motor sayanya. Honda rebel mungkin sama dengan Honda rewel, rewel gak mau di-servis2, josss juga nih 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here