Strategy HOT Moge Honda (Opini – Part 1) : Peluang Besar Bagi CB500 Series!

34
Villa Kanaya

Image

Mas Bro sekalian, sesuai dengan janji MM yang bakal ngulas mengenai strategy Moge Honda yang pernah MM bahas di artikel sebelumnya (KLIK), nah dalam sekual artikel pertama ini, MM mau coba ngebahas mengenai bagaimana potensi moge Honda CB500 series di Indonesia dan strategy apa yang bisa dilakukan agar motor-motor ini dapat diterima dengan baik dan mendapatkan respon yang positif di pasaran. Oke deh, lanjuuut.

Villa Kanaya

Menurut MM, Moge Honda 500 CC ini adalah moge yang diproduksi untuk mengganggu dominasi kawasaki ER6 series. Masbro bisa lihat dari tipe-tipe CB500 ini, ada tiga tipe seperti ER Series+Versys kan? Yang pertama adalah CB500F (naked), CBR500 (fairing), dan CB500X (Adventure). Udah gitu Trio Honda ini juga diproduksi di Thailand, sama kayak ER6 series+Versys. Mantaplah sumber daya Honda, gampang beneerrr bikin pabrik dimana-mana!

Terus, kenapa MM bilang kalau trio honda ini bisa sukses dipasar Indonesia? Pertama perkara pricing strategy masbro. Mungkin masbro pada bilang kalau moge di atas 250 CC itu bakal kena PPNBM yang gak karu-karuan tingginya, tapi tunggu dulu. Jika masbro liat klausul PPNBM di bawah, masbro pasti agak “berubah” pandangannya.

Cekidot!

Image

Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang berupa kendaraan bermotor yang dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 60% (enam puluh persen), adalah:

  • kendaraan bermotor beroda dua dengan kapasitas isi silinder lebih dari 250 cc sampai dengan 500 cc; dan
  • kendaraan khusus yang dibuat untuk perjalanan di atas salju, di pantai, di gunung, dan kendaraan semacam itu.

Dari Klausul PPNBM yang dibuat sama pemerintah, PPNBM untuk sepeda motor berkubikasi 250-500 itu adalah 60 persen! dan untuk kubikasi lebih dari 500 CC baru kena PPNBM sebesar 75 persen! (Yang katanya mau naik jadi 125 %) Nah, menurut MM ini adalah peluang besar buat trio moge honda yang punya CC 500 (Aslinya malah 470an CC) dan “hanya” dikenakan pajak sebesar 60 persen, liat aja tuh ER6n yang kena PPNBM 75 persen dan harganya (di thailand) lebih mahal dari CB500F aja bisa 102,5 juta di Indonesia, apalagi CB500F kan (kalo AHM gak kumat penyakit overpricenya) ? Ancer-ancer ngawur MM sih bisa 70 jutaan atau angka psikologis hampir 80 juta.

Image

Terus menurut MM lagi, strategy yang kudu dilakonin adalah dengan merilis ketiganya secara bareng-bareng. Jadi, euforia launching trio moge bener-bener gegap gempita dan bikin heboh! Dengan sumber daya AHM yang luar biasa, MM juga yakin bahwa AHM dapat dengan baik membuat event ataupun promosi yang mengekspose ketangguhan dan value yang dimiliki oleh trio moge ini. Yah contoh simplenya test ride sentul buat CBR500, touring adventure buat CB500X, dan aksi freestyle atau pawai kota buat CB500F. Intinya adalah membuat shockwave! Selain itu kehadiran motor ini juga sangat bermanfaat sebagai role model/flagship apabila AHM emang jadi merilis pengganti Tiger 250 CC. Buat MM pribadi sih sayang banget deh kalau AHM gak masukin trio moge ini, potensinya kagak nahan masbro!

Link Klausul PPNBM lama

http://www.tarif.depkeu.go.id/Bidang/?bid=pajak&cat=ppn

instagram

Villa Kanaya

34 COMMENTS

  1. sekedar info mas.d malaysia cb 500 di bandrol 28 ringgit n ninja 250 fi di sini 24. ringgit .cb500 beda 4 ribu ringgit ama ninja. tpi knpa di sini yg laris mlh ninja y mas. yg z250 juga larus banget

  2. […] nyemplung di segmen yang amat segmented ini. Peluangnya sangat besar dan mantap banget (silahkan klik disini dan dimari jika teman-teman belum sempet baca). Nah, setelah MMBlog berseluncur ke websitenya AP […]

  3. disitu ada tertulis kendaraan khusus segala ya ?

    berarti asumsi saya…..ATV 4roda boleh donk dipake di jalan raya indonesia asal kuat bayar pajaknya ? (alias bisa dapet plat nomor dan STNK resmi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here