Sparepart NInja 2 Tak Akan Diproduksi Hingga 2025, Percaya Kok, Tapi…

17

Image

Kali ini MM mau mengomentari tentang rencana diskontinue Ninja RR 150 dan Ninja L/R/S. Nah emang sih, akan makin susah dan berat apabila KMI terus mempertahankan motor dua tak ini, karena regulasi emisi akan semakin rapat dan mencekik keberadaannya. Bukannya gak bisa, bisa banget kok emisi dua tak di reduksi, tapi ya itu masbro, mau dibanderom berapa nanti motornya? dengan teknologi dan katalis yang canggih bukan gak mungkin harganya nanti bisa mepet Ninja 250 Fi. Buktinya Aprilia RS125 aja bisa kan emisinya rendah dan melenggang di Eropa? Oke deh, motor mau di diskontinue, terus gimana sparepartnya?

Image

Sebagai orang yang juga melihara motor diskontinue, emang bener kok, dan pasti ATPM akan tetap mensuplai dan menyediakan sparepart motor tersebut. Nah, ada tapinya nih masbro, memang untuk lima tahun pertama sparepart motor diskontinue tetap mudah didapatkan, tapi setelah lewat lima tahun, nah masbro kudu pinter-pinter deh tuh nyari dealer-dealer kecil atau pelosok yang terkadang malah masih ada stok sparepart, kalau di dealer besar sih udah pasti rebutan, siapa cepat dia dapat!.

Pengalaman ini pernah MM rasain sendiri masbro. Semenjak 8 tahun Thunder 250 diskontinue, saat ini sparepart jeroannya masih susah didapat di bengkel resmi, dulu malah pernah MM dapat rantai keteng di dealer Suzuki Sun Motor deket rumah, itupun sebenernya udah ditag-in sama orang walaupun belom di DP, ya karena MM bawa uang cash akhirnya MM bayarin duluan. Begitu juga dengan karet tensioner, MM malah dapetnya di Suzuki Kalibata yang sepi pengunjung, yaudah borong aja dah, hehe. Tapi kalau fast moving seperti kampas rem, kabel kopling, gear, di dealer besar Suzuki sih masih ada. Nah, kalau ini kan skenarionya ada di motor Suzuki, MM rasa kalau di Kawasaki akan lebih mudah, ya kan Ninja dua tak populasinya juga buanyaakk, bengkel-bengkel speedshop yang spesialis juga banyaakkk, jadi menurut MM sih sparepart masih bisa sampai 15 tahun ke depan kalau masbro pinter-pinter nyari koneksi.

Jalan alternatif lainnya adalah dengan gabung di klub atau komunitas masbro, ya kalau gak aktif at least simpatisan ajalah, anak club asik-asik kok, hehe. Nahm dari situ, rider motor diskontinue bakal banyak dapet info dimana harus mencari sparepart, part apa yang bisa jadi subtitusi, dan lainnya. Intinya jangan kuatir deh, Oke deh masbro, semoga membantu yaaa.

instagram

Villa Kanaya

17 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here