Monkeymoto’s Trip To Tanah Suci – Indahnya Masjid Nabawi

26

20140131_220735

Masbro sekalian, lisan MM gak berhenti bertasbih dan tahmid selama MM ngeliat Masjid Nabawi atau kalau orang Arab bilang Masjid Rasullulah SAW. Gimana enggak gitu coba, Masjid ini sangat luas, udah gitu bersih, lantainya marmer biar kata itu Cuma pelatarannya aja. Terus ada payung-payung besar yang terbuka jika tengah hari. Ditambah dengan fasilitas di dalam masjid yang gak kalah menawan, seperti tersedianya air zam-zam di mana-mana, Mushaf Al-Qur’an yang hanya sejangkauan jari saja untuk menggapainya, serta ademnya udara yang disebabkan karena Air Conditioner yang 24 jam hidup terus. Yup, semua ini gak lain gak bukan diadakan untuk menunjang kenyamanan jama’ah untuk beribadah.

Pada awalnya, MM masih belom ngeh jika Masjid Nabawi yang ada dari zaman Rasullulah itu adalah bangunan yang ada kubah warna hijaunya, tapi setelah Mama ngasih tahu, MM gak pikir panjang pengen langsung ziarah sendiri ke sana yang ternyata juga ada makam Rasullulah dan juga ada tempat fenomenal yakni Raudhah. MM ke Makam Rasullulah waktu itu abis maghrib, walhasil, buat masuk aja ke bangunan masjid yang ada kubah hijaunya itu susah bener, tampak wajah-wajah orang yang sangat merindukan Baginda Rasullulah, mereka rela berdesak-desakan untuk sekedar melihat dan bershalawat di samping makam Beliau. Ya uwislah, MM pikir nanti malam aja sekalian Qiyamulail kesananya, hehe.

20140202_141118

Tengah malam akhirnya MM kesana, wah, pintu-pintu utama masjid udah ditutup euy, ternyata hanya dibuka hingga jam 12 malam, MM kesana jam 1. Akhirnya MM muter dah tuh, lumayan luas juga ternyata, tapi bangunan masjid dengan kubah hijau ternyata dibuka 24 jam, nah udah agak longgaran ternyata, akhirnya MM bisa masuk masbro. Saat itu MM pengen sholar di raudhah, tapi tetep aja masbro, karena masih suasan bulan maulud, jema’ah biar jam segitu tetep aja rame dan antri buat masuk raudhah. Udah gitu sholatnya hanya dijatah 2 rakaat, kalau lebih bisa-bisa itu asykar-asykar teriak-teriak deh, hehe. MM akhirnya sholat sunnah di samping raudhah aja, selesai sholat MM langsung sholawat dan jalan menuju makam. Entah kenapa, begitu MM sholawat di samping makam Beliau, air mata MM langsung keluar gitu aja, begitu juga dengan jemaah lainnya. Ternyata di hati setiap muslim itu selalu ada rindu dan cinta kepada Rasulullah, kira-kira begitu yang bisa MM simpulkan.

Jika masbro mau bersabar, masbro bisa aja masuk ke raudha dengan antri kira-kira 2-3 jam. Tapi entah jika masbro umroh ketika hari-hari biasa yang ada kaitannya dengan hari besar keagamaan, kemungkinan bisa rada sepian kali.

MM tinggal di kota Madinah selama 2 hari. Dengan jarak hotel ke masjid kira-kira 150 meter. Disamping kiri kanan jalan menuju masjid ada banyak pedagang yang menawarkan suvenir dan pakaian-pakaian serta makanan.Tenang aja masbro, mereka pada pinter bahasa Indonesia kok, hehe. Malah MM ajakin pake bahasa Arab, mereka tetep keukeuh pengennya malah pake bahasa Indonesia aja. Tips lain supaya gak nyasar adalah, masbro kudu ngapalin check point, kayak hotel yang besar atau toko tertentu yang arahnya searah dengan hotel dan mudah diingat. Wah, MM udah kangen lagi aja nih sama Masjid Nabawi, hehe.

instagram

Villa Kanaya

26 COMMENTS

    • waduh, sayang banget . . . itukan disamping Nabawi persis . . . arah pintu keluar kiri samping . . . Pintu jibril kalo nggak salah
      dinamakan pintu jibril kalo nggak salah karena dipintu/daerah tersebut dulu jibril biasa keluar masuk menyampaikan wakyu ke Rasullullah

    • ooh. kalo jibril gate saya liat Kang, tapi asli gak tau kalau disana ada komplek pemakaman sahabat, travelnya kurang banyak sih ngasih infonya. Harusnya saya japri Kang Taufik dulu ya nanya-nanya. Wah gak taunya pintu Jibril itu ada sejarahnya ternyata.

    • Amiiin, ane saking lemesnya pas lewatin makam Beliau sampe gak kepikiran mau foto-foto, yang ada di hati cuma sholawat sama ngucapin banyak2 makasih sama Beliau. Banyak bgt yang cinta sama Baginda Rasulullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here