Motor 650 CC Empat Silinder, Suzuki Udah Punya Dari Tahun 2007

25

Image

Wah, artikel telat buat hari ini nih masbro, hehe. Jadi di artikel ini MM mau sharing masbro, jika Honda baru memperkenalkan motor 650 CC yaitu Honda CB650 series, Suzuki ternyata udah punya Bandit 650 series dari tahun 2007. Platform mesinnya head-to-head sama Honda CB650, sama-sama empat silinder segaris. Bahkan menurut informasi di MCN, powernya juga beda tipis sama Honda CB650 yang 86HP, si Bandit ini powernya 84 HP.

Tapi memang jika dilihat dari segi desain, Suzuki Bandit ini udah agak ketinggalan ya. Motor nakedbike ini gak dikasih shroud (shroudnya ada tapi nyatu gitu sama tangki). Desainnya bisa dibilang sederhana atau simpel banget. Bentuk knalpotnya juga silinder memanjang dengan aksen chrome, kalau motor-motor zaman sekarang kebanyakan knalpotnya udah oval, kotak, hexagon, atau bahkan underbelly.

Image

Tapi motor ini ada fitur-fitur sederhana yang saat ini sudah banyak ditinggalkan loh masbro. Apa aja itu? Yang pertama adalah standar tengah (main stand). Bisa dibilang, motor-motor gede jaman sekarang udah jarang banget nih pake fitur standar tengah, bahkan Versys yang notabene motor adventure aja gak pake standar tengah. Terus, adanya indikator gigi atau percepatan, emang sih gak krusial, tapi ini membantu banget buat rider pemula, supaya gak kagok. Terus adalagi yang menarik, yaitu tinggi joknya dapat disetting masbro. Tingginya paling rendah bisa 79cm, dan paling tinggi 81 cm. Terus posisi setang bisa disetting juga tinggi rendahnya, terus ada adjuster di tuas rem, sama tuas kopling, yang bikin tuasnya jadi lebih dekat atau lebih jauh dari jangkauan jari pengendaranya (Di ER6n udah ada juga). Dan terakhir yang paling menarik adalah penggunaan kopling hidrolik alias pake cairan, gak pake kabel sling lagi, empuk dah itu koplingnyaaa, wah friendly user banget nih.

Terakhir, sebenernya kalau saja Suzuki mau bikin motor ini di  Asia Tenggara. Terus dilakuin refreshment, ini motor bisa jadi idola. Siapa sih biker yang tidak kenal sama Suzuki Bandit? Namanya udah melegenda banget euy. Terus dari fitur-fiturnya, akan lebih baik jika pabrikan lain juga menyematkan fitur-fitur “sederhana” kayak yang nyantol di Suzuki Bandit 650. Oke deh masbro, semoga menginspirasi ya.

Sumber

http://www.globalsuzuki.com/motorcycle/motorcycle.html

instagram

Villa Kanaya

25 COMMENTS

  1. emang legendaris di “bangsat” yang satu ini… semoga di refresh terus dah… jadi ntar pas ada duitnya (kapaaaannn…!!?)bisa beli generasi terbaruny hoho…. 😀

    • wuih, ada bang Jo mampir di pondok ane,hihi. Iya nih, kemaren browsing-browsing ke Suzuki Global, ngeliat Si Bandit masih terus diproduksi jadi tertarik bikin artikelnya. mudah2an ada niatan buat dimasukin kemari dan direfresh ya bang Jo, Nanti kita beli bareng, xixiixi :mrgreen: . Oia, ane baru pulang nih dari bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here