Monkeymoto Road To Bakauheuni Seaport

18
Villa Kanaya

Image

Masbro sekalian, setelah beberapa minggu absen bikin artikel mengenai perjalanan atau touring, kali ini MM mau sharing pengalaman touring MM ke luar pulau Jawa, yaitu ke pelabuhan Bakauheuni Lampung. Sebenernya sih MM and friend gak ada rencana buat nyebrang ke pulau Sumatra, Cuma karena kegalauan salah satu sahabat MM ketika ngelihat pelabuhan Merak, akhirnya kami memutuskan buat nyebrang, tujuan utamanya sih mau ke cilegon, silaturahim sama saudara sahabat MM. Sumpah masbro, Cuma nyebrang tok! Dan jalan sekitar 20 km buat nyari atm karena duit MM gak cukup buat beli tiket balik ke Pelabuhan Merak. Tapi ada yang unik nih di touring kali ini. Oia touring ini mm lakonin sama sabahat MM dua tahun lalu.

Villa Kanaya

Awal keberangkatan, MM and friend berangkat dari rumah masing-masing. MM berangkat dari rumah jam 6 pagi, dan kami semua sepakat buat ketemuan di depan gedung smesco jalan gatot subroto. On time akhirnya MM ketemu sama dua sahabat MM, Arief dan Ihsan. Oke deh, akhirnya kami semua riding ke arah barat pulau Jawa. MM and friend riding melalui “jalur lama” ke arah Merak. Kenapa dibilang jalur lama? Karena sekarang mah kalau roda 4 mau ke Merak tinggal lewat tol aja. Tapi MM and friend agak memutar jalannya, jadi lewat jalur alternatif yang letaknya lebih ke barat. Jalannya asik masbro, kiri-kanannya sawah, relatif mulus deh.

Riding di banten, sudah tentu pasti hawa panas yang bakal kita rasain. Gak ada gunung juga soalnya. Udah gitu, waktu touring itu MM pake jaket alpinestar sniper yang bahannya polyster tebal, makin tambah gerah aja masbro. MM inget banget, perjalanan ini MM and friend Cuma istirahat dua kali, yang pertama di masjid Ar-rohmah Tirtayasa Jongjing dan yang kedua di masjid Raya Cilegon.

Image

Image

Riding terus, akhirnya MM and friend sampe juga di pelabuhan Merak. Girang bukan maen (agak norak ya) akhirnya kita semua beli tiket baut nyebrang, dulu kalo gak salah HTM nya 37ribuan deh. Perjalanan dari Merak ke bakauheni memakan waktu sekitar 3 jam, sejam nunggu kapal loading dan dua jam perjalanan. MM berangkat ke Bakauheuni naek kapal roro, kapal yang udah keliatan berumur dan renta karena karat ini masih terlihat tangguh buat nganter ratusan orang ke pulau Sumatra atau sebaliknya. Ruang tunggu kapal ini agak memprihatinkan, kursinya aja kursi platik yang suka dipake buat rapat di kelurahan, kalau mau agak enakan tinggal bayar 25 ribu lagi buat masuk ke ruangan yang ada acnya. Jujur lagi nih, ini pengalaman pertama MM and friend naek kapal feri, hehe.

Image

Image

Sampai di Bakauheuni, MM agak-agak grogi dan kagok gitu. Pengalaman gelinding di pulau Sumatra nih. Dan, seperti yang udah MM tulis di atas, di pelabuhan ini MM Cuma foto-foto dan ke atm buat ngambil duit, abis itu MM balik lagi ke pelabuhan, beli tiket, dan ke pulau Jawa lagi, jadi malu MM, hihi.

Image

Nah, di perjalanan pulang ini, kapal feri yang MM tumpangi kondisinya 180 derajat sama yang MM tumpangi ketika berangkat. Kapal yang ini terlihat baru, ruang tunggunya semua full AC, ada Tvnya, ada tempat tidurnya, ada jasa pijatnya, wuih pokoknya lengkap POL! Dan yang paling penting, biayanya sama masbro!

Image

Image

Di perjalanan ke pulau Jawa ini MM and friend malah pengen berlama-lama di kapal, hehe. Lah wong adem banget, nyaman, wangi. Josslah buat pemerintah! Terus sediain transportasi massal yang kayak begini dong buat rakyatnya. 3 jam kemudian, akhirnya MM and friend sampai juga di pulau Jawa, dan langsung riding ke rumah saudara sahabat MM di Cilegon. Total perjalanan sekitar 15 jam deh, dari jam 6 sampe jam 9 malem.

 

instagram

Villa Kanaya

18 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here