Honda Sport 223 Atau 250 CC? Mending Ditandem Aja Kali Ya?

22
Villa Kanaya

Image

Masbro sekalian, kali ini dunia blogosphere lagi diramaikan sama kemungkinan bahwa Honda Tiger akan mengusung mesin 223 CC yang platformnya mirip sama Honda CB223 yang pernah diimpor dari Jepang sama Hobby Motor dengan harga yang “dahsyat”. Honda CB223 sendiri adalah sepeda motor Honda dengan tipe retro yang desainnya mirip banget sama CB100 lawas, yang ngebedain adalah suspensi belakang yang udah monoshock dan juga pengabutan yang udah menggunakan Injection Beken Ala Honda PGM-Fi. Menarik nih buat dibahas!.

Villa Kanaya

Sinyalemen mengenai Honda akan menggunakan mesin 223 CC udah terendus oleh Blogger Kondang kita Kang Taufik. Tapi yang menarik, beberapa bulan belakangan Honda Jepang entah sengaja ngebeberin atau kecolongan, ada list yang menuliskan bahwa tahun 2014 ini Honda akan mengeluarkan sepeda motor dengan kubikasi 250 yang bernama CB250F. Nah, menurut terawangan sotoy MM, CB250F ini kemungkinan mesinnya akan lebih advance daripada mesin CB223 yang masih menggunakan pendingin udara. Terus, timbul pertanyaan, jadi next Tiger Generation bakal pake mesin yang mana nih?

Image

Image

Jujur aja masbro, MM sama sekali gak punya bisikan. Tapi kalo bisikan hati MM sih ya, akan lebih indah apabila Tiger dicaplokin mesin 250CC yang CB250F itu. Kenapa? Karena Tiger sendiri adalah sebuah Ikon Honda Indonesia, Ikon Cowok Maskulin (IMHO, hehe). Jadi untuk ngimbangin image yang begitu kuat hingga menjadi ikon gini, harus disertai dengan teknologi dan mesin yang juga terkini.

Tapi MM gak bilang CB223 atau mesinnya ini gak bagus buat digunakan loh ya. Mesin kayak gini itu udah punya penggemar setianya sendiri, dan durabilitasnnya jangan ditanya. Terus, akan lebih baik apabila AHM mau ngeluarin sepeda motor ini sebagai “brother” atau ditandem gitu. Yang satu Saudara Tua, yang satu Saudara Muda, hehe. Last, menurut MM apabila strategy ini dilakuin, hal ini bisa ngebendung serangan-serangan dahsyat dari geng ijo atau rival terdekat Honda, yaitu Yamaha (Suzuki kayaknya masih malu-malu), tapi emang sih, biaya atau costnya pasti guede banget, hehe. oke deh, semoga menginspirasi ya masbro.

instagram

Villa Kanaya

22 COMMENTS

  1. Kalo menurut ane karena CB223 kubikasinya juga nyeleneh mgkn sebaiknya dipake motor yg segmented aja ya mgkn retro classic motor kalo menurut ane tiger memang lebih cocok pake mesin cbr 250 bener yg sprti MM bilang tiger ikonnya Honda Indonesia ibaratnya jenderalnya motor lokal seharusnya memiliki teknologi yg lebih advance dbanding motor yg udah meluncur..

  2. vote CB250 dah..desain sama persis CB150R jg boleh. Klo dr samping mesin 250cc kelihatan lbh simple, padat, dan berisi. Unsur kalemnya jg masih nampak. Warna dasar putih mutiara atau hitam karbon dgn striping yg minimalis akan lbh mak nyuss..

  3. Mmm….kalo tiger pake mesin cb223, bisa2 rencana yamaha utk men-discontinue scorpio gak jd, soalnya bakal ada temennya…haha. Btw blognya keren mas, tulisannya enak dibaca. Selain blognya kang IwanBanaran d Kang Taufik, blog ini keren jg ulasannya.. Mantaap…!!

    • Iya tuh bro, umur pio bisa lebih panjang ya, ane udah ada lagi nih artikel analisa tentang mesin yang oke buat next tiger. Wah, makasih banyak mas dhani buat apresiasinya, hehe. Saya juga masih belajar nih, doain terus bisa konsisten ya mas. 😀

  4. dilokalin, di down grade
    uda gtu aja
    price bsa di tekan, mau kluarin brapa varian juga ecess
    ky g tau klw duit AHM dan prinsipal honda yg ibarat gak ber~nomer seri itu aja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here