Honda Mau Main Moge? Asik Banget Nih!

24

Image

Masbro sekalian, baca di beberapa web roda dua dan beberapa blog roda dua, udah santer banget bahwa Honda pengen ikut terjun memasarkan motor-motor besar. Bisa dibilang, Honda adalah ATPM yang paling telat menjual motor besar (kalau nanti emang jadi jualan moge), namun demikian, Honda Indonesia atau yang lebih beken dikenal dengan AHM sudah memiliki segudang sumber daya baik itu sumber daya tangible (terlihat) ataupun sumber daya intangible (tidak terlihat). Sumber daya tangible yang MM maksud seperti modal, SDM, aftersales yang udah menyebar kemana-mana, dll. Kalau Intangible seperti brand awareness, loyalitas pengguna, positive attitude, pokoknya masih banyak lagi deh.

Nah, MM sangat setuju sekali apabila Honda juga hendak bermain di segmen premium ini. Karena apa? Karena sebagai orang yang pernah belajar marketing, MM pengen lihat apakah later entrance seperti Honda ini (yang baru akan bermain moge) bisa bersaing dengan para rival-rivalnya? Jika masbro juga ngikutin blognya Kang Taufik atau Mbah Satar, disana banyak ngebahas mengenai keunggulan dan keuntungan strategy first mover (dan casenya selalu Vixion), Nah, disini Honda sebagai pemain moge yang telat apakah bisa menggerogoti atau bahkan hingga menjadi pemeran utaman dalam segmen yang super duper “niche” dan membutuhkan strategy khusus ini?

Image

Terakhir, artikel ini adalah artikel pembuka dari artikel-artikel berikutnya mengenai strategy (menurut MM) yang sebaiknya dilakukan oleh Honda yang mungkin bisa membuat pasar moge di tanah air jadi semakin menggeliat dan berdarah-darah (lebay). Walaupun nanti mungkin PPNBM bakal naik 50 %, MM merasakan bahwa pasar motor besar hanya akan terkena imbas sementara waktu, dan sebenernya masih ada celah loh buat jualan motor besar biar kata pajaknya naik, apa itu? nanti MM sharing di artikel selanjutnya, stay tune ya bro!

Image

instagram

Villa Kanaya

24 COMMENTS

  1. Kalo menurut ane sih honda emang lebih suka maennya counter attack gk suka jd first attack…jadi dimana kompetitor bermain disitu honda mengamati dan menganalisa sebuah market baru kalo udah dapet celah dari market yg di isi sama kompetitor Honda terjun untuk mengisi celah tsb lalu mengcounter segala kelemahan kompetitornya… ya kalo susah dicerna komen ane simpelnya : Honda selalu Ngekor kompeitor tp lambat laun mencaplok kompetitor 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here