Suka Duka Punya Motor “Tua” (6,5 tahun dengan Thunder 250)

33

Image
waktu pulang touring dari Mbanyumas

Mas bro sekalian, lewat artikel ini MM mau bercerita mengenai suka dan duka memiliki sepeda motor “tua” yaitu Thunder 250. Sebenernya dibilang tua sih juga gak tua tua amat, umurnya baru 6 tahun lewat. Terus diskontinyunya juga baru 7 tahun, gak kayak CB atau Binter Merzy yang udah puluhan tahun. tapi kalo ngerujuk kepada kebiasaan orang-orang yang pada ganti motor pas usia motornya 3-5 tahun, bisa dibilang kalo Thunder250 udah lumayan berumur.

Image
pas touring ke pantai Jayanti Cianjur Selatan
Image
Ngaso Di masjid Subang, wah Si Thunder emang udah gile juga jalannya

 

Image
trek Ketanggungan

 

Terus apa aja sih suka dan dukanya? Oke deh, pertama-tama MM mau bahas tentang sukanya dulu.

Suka

Riding motor macem Thunder 250 lumayan menarik perhatian beberapa rider dijalan bro. Terutama yang melek otomotif dan memang seneng motor. Biasanya mereka suka bisik-bisik kalo lagi boncengan. Kadang-kadang bisikannya kedengeran dan langsung aja MM sautin, “iya bro, ini Thunder250”. Mereka juga suka ngelihatin secara terang-terangan (gak lirik-lirik lagi) pokoknya sebagai ridernya kadang MM suka senyum-senyum sendiri di jalan.

Terus, ada kebanggaan tersendiri bisa miara motor yang emang populasinya gak banyak. Dari tabel yang ada di website tpt, Thunder 250 hanya diproduksi 8000 unit. Untuk ukuran motor mah itu dikit banget. Dibandingin sama vixion yang bisa belasan ribu unit, itupun ludes dalam waktu setahun.

Terus yang paling asik dari punya motor kayak gini itu, solidaritas sesama penggunanya mas bro. Tiap ketemu di jalan pasti klakson, istilahnya salam tet tot. Kalo ketemu pas di parkiran, pasti jadinya ngobrol. Nambah temen dan nambah wawasan banget deh. Hal ini bukan Cuma berlaku buat sesama penggunanya aja, tapi orang lain yang kadang liat juga nunjukkin respon yang positif. Ya kadang yang jaga warung pinggir jalan, tukang tambel ban, tukang parkir, mereka biasa bilang “wah, motor langka ini bang, kalo bisa jangan dijual, sayang!”

Duka

Selain banyak sukanya, duka miara motor kayak gini juga ada mas bro. Salah satunya adalah persoalan ketersediaan sparepart. Sparepart motor yang udah diskontinyu kayak Thunder 250 ini suka gak ada di dealer resmi yang kecil (bukan main dealer). Bahkan terkadang di dealer besar aja sparepartnya suka gak ada dan suka inden. Tapi ada beberapa bengkel spesialis yang punya sparepart lumayan lengkap, malah lengkap banget. Tapi ya itu, kadang kita juga suka berebut, telat dikit udah disamber, karena biasanya sparepartnya itu di stok sama ridernya.

Terus dukanya lagi adalah harga part yang relatif mahal (buat jeroan utamanya), harga sparepart jeroannya hampir sama kayak sparepart moge, udah langka mahal pula, bener-bener deh. Tapi kalo motor diskontinyu kayak Honda Win sih partnya MM yakin murah meriah, dan banyak. Jadi Thunder 250 kayaknya case tersendiri.

Terus terkadang masalah kayak gini juga suka nimpa ridernya kalo lagi jalan jauh. Suka gak sadar kalo kampas rem abis, atau tiba-tiba kabel kopling putus. Nah, di dealer resmi luar kota suka gak ada tuh, jadi kalo riding jauh pake motor begini ya kudu bawa part yang “agak rapuh” tadi buat jaga-jaga.

Terakhir, ya gitu deh resikonya, yang namanya ciptaan gak bakal ada yang sempurna mas bro. Di balik suka ada duka, dibalik duka ada suka. Tinggal bagaimana kita nyikapinnya aja. Oke deh, segini aja dulu yang bisa MM share, mudah-mudahan membantu buat yang punya motor “antik” macem begini. Atau mas bro ada yang mau sharing pengalamannya juga? Silahken

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

33 COMMENTS

  1. Sebagai pengguna, emang bener yg di tulis di blog ini… terutama pas di jln, dr jauh udh kliatan klo ntuh thunder 250, jempol siap2 pencet klakson…

    • hehe, iya om, pengalaman pribadi soalnya. Thunder 250 emang agak unik dan khas bentuknya, kalo pengguna pasti langsung bisa nebak kalo itu thunder 250 biar ngeliatnya dari jauh, siap2 tet tot deh klo ketemu.

  2. tetapi kadang orang liatnya sebelah mana..dipikir nya tunggangan kita 125 setelah di geber,ketemu di lampu merah,noleh ke mesin,lha koq mesin nya besar..ha.ha..mantap..Bravo.

    • Hahaha, bener om. Ska pada bingung, sampe akhirnya gatel dan nanya juga, buat mastiin kalo itu thunder250. Seru dah pokoknya bawa thunder250. Ada yang nawar juga malah.. Bravo! Keep GSX250 alive!

  3. btw bro, pernah ngalamin oli mesin sampai kering g? saia pernah, dan rasanya menyebalkan.padahal tdk ada rembesan dimesin, knalpot jg g ngebul, pemakaian sebulan dg mobilitas rendah kok oli bsa habis? cukup menguras kantong utk turun mesin.. 🙁

    • kalo sampe kering banget sih gak pernah, tapi kalo kesisa dikit doang pernah, untungnya thunder saya gak papa bro, terus sekarang jadi lebih rajin mantau oli lewat kaca intipannya itu. wah, kalo ampe turun mesin sih pasti bengkak banget itu biayanya bro

  4. kayaknya thunder belum termasuk Motu deh bro tapi yg saya setuju paling asik naik motor langka kaya thunder 250 jadi artis dadakan di jalan raya…. kalo naik GT380 itu baru bener2 motu n asli jadi berasa seperti satria bergitar aka rhoma irama hehehe…… soalnya saya punya GT380, pengalaman karena takut keabisan bensin akhirnya beli eceran di pinggir jalan, kebetulan sebelahan sama warteg tukang bensinnya…dari mulai tukang bensin sampe yg pada makan di warteg semua ngliatin n terheran2…sampe nyeletuk “masih ada ya motor kayak gini” dijalan apalagi…motor yg di belakang saya pada gag mau nyalip soalnya pada ngeliatin heran…n anehnya pada rela n pasrah aja di kebulin ma asep motor gw…secara 3 silinder 2 tak hahahahha………

    • iya bro emang belo masuk ke Motu, makanya ane kasih tanda kutip di kata “tua” nya, bingung abisnya mau bilangnya motor apa, hehe. wah, mantep banget punya legenda 380 cc suzuki 2 tak. pasti orang keheran-heran banget bro. udah gitu dimensinya juga gede dengan body retro gitu, joosss

  5. pernah punya kenangan sama “binal” nya ini motor 😀

    pernah kalang kabut juga nyari spare part nya yg mayan nguras kantong n “langka”…tapi emang ketahanan spare part nya bisa 3x lipat dari motor2 masal lainnya…

    salut buat blog nya mas…(y)

  6. Cape punya thunder 250… Cape jawabin pertanyaan orang… Selain itu banyak pengalaman yang menggelikan xixixixi..motor ane emang sering jadi bikin penasaran orang apalagi kondisinya terawat mulus abis kinclong dah..kaki2nya dah pake velk gsx 400 lebar..suka jadi pusat perhatian bro..berhenti dmna aja pasti ada yg nanya..ada yg ngikutin lah nawar2, ngasih jempul, yang paling seru nih..di jln banyak yg coba2 ngejajal nih motor dikirain t125 kaliye..tapi bagus modifnya..xixixixi…ngebuntutin terus tapi ane gga kasih nyusul..dia gas ane tarik gas, dia ngotot sampe kedenger suara mesinnya ane gas lagi..ters ane tinggalin jauh ane kendorin lg terus kasih nyusul deh dah di dpn dianya..ane salib abis deh..dianya ngotot bejeg motornya tp gga mmpu nyusul.ane lihat ternyata motor tiger, kadang pulsar 225 kadang vixion, megapro. Ninja 150, bebek2 alay..hmpir banyak motor lah yang penasaran dg mtor ane ..ninja 250 juga sering bikin ane penasaran….duel sengit juga d jln sering..yg ane lawan hanya motor 200 cc keatas xixixi..di dpn ane sengaja kendorin..sidia ngelirik, ada yg melongo, adayg ngasih jempol..dikirain thunder 125 kali xixi ato suzuki bandit.. sering sprti itu bro aseek seru bikin pnasaran. Asiknya bawa ni motor gga bikin boring.motor ane suzuki thunder 250 th 1999, blm pernah oversize, cumn ganti ring seher standar doang..awetnya terasa walo ane sering bejekni motor sampe red line.top speed 140_155..yg penting..ni motor ini bnyak dioprek.rutin bersihin saringn udara sama ganti oli ..bensinnya bisa premium irit keliling kmna aja sampe pntat panas gga bikin kntong cekak..itu bro mntepnya ..ane perthankn sampe skrng walopun ane dah punya ninja 250..tapi feelnya beda bro.t250 mnang di torsi ..tanjakan, stop and go.di 0 smpai 120 bawah sampe menengah lbh jos drpd ninja250..ane pake gir blkng 45..motor 250 cc resmi di indo yg atu2nya made in japan..keep a live.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here