Monkeymoto Road To Pakuncen, Pulang Ke Jakarta (End)

13

Image
Siap Siap

Mas bro sekalian, setelah artikel kemarin lusa MM main di Baturraden, di sekuel terakhir ini MM mau bahas riding pulang ke Jakarta. Cerita sedikit, tiap touring itu, MM selalu mengusahakan agar rute berangkat dan pulang itu berbeda. Nah, di rute pulang ini, MM memilih untuk lewat jalur tengah di setengah perjalanan. Oke deh, lanjuut.

Image
Nikmatnya pagi-pagi di desa

MM and friend berangkat dari rumah sahabat MM di Pekuncen sekitar jam 6 pagi, wuih riding di pedesaan pagi-pagi nikmat bener. Jalan liku-liku di Bumiayu yang dekat dengan kaki gunung Slamet adalah surganya peturing, tapi mesti hati-hati juga bro, soalnya suka ada lubang atau jebakan betmen. Riding terus menuju kota paling utara, akhirnya MM dihadapkan oleh jalan alternatif yaitu lewat Ketanggungan. Jalan di Ketanggungan asik banget masbro, samping kiri jalan itu sungai, dan jalannya luruusss, dengan sebelah kirinya adalah sawah, terkadang terasering, Hmmm, MM jadi kangen lewat situ lagi.

Image
trek ketanggungan
Image
Woi pegang setang woi!

Image

Jalan Ketanggungan ini gak taunya langsung tembus ke kota Berebes, dan udah gak jauh dari perbatasan jateng-jabar, wah, motongnya lumayan juga nih. Riding teruus, akhirnya MM menjumpai kota Cirebon, nah di kota udang ini MM dikasih pilihan mau lewat pantura terus atau turun ke Majalengka, Sumedang, Bandung. Tanpa pikir panjang, MM and friend nekuk setang motor ke arah Bandung.

Image
Sahabat MM di Cadas Pangeran
Image
Ngaso dulu di pom bensin

Image

Jalan di jalur tengah Jawa Barat ini ternyata memberikan sensasi tersendiri Masbro. Kontur jalannya bervariasi, ada yang lurus aja, ada juga yang kelok-kelok. Tapi karena daerahnya adalah dataran tinggi, jadi lebih banyak tikungannya masbro. Yang paling asik sih sebenernya pas di Cadas Pangeran, Sumedang. Itu kelokannya mantep banget! Udah gitu nanjaknya ekstrim pula! Tapi sayang seribu sayang, waktu MM lewat sana, trek menggoda itu lagi rame dilewatin sama truk. Oia lupa, di sepanjang jalan menuju atau sesudah Cadas Pangeran, banyak terdapat toko yang jual Tahu Sumedang, monggolah mampir masbro, sayang udah ke Sumedang tapi gak beli makanan khasnya. Di Sumedang ini MM and friend sempet istirahat agak lama di Masjid Ciromed. Eh, gak taunya ada sesosok motor tua yang udah dimodif di pelataran Masjid, basisnya sih Kawasaki KZ200 alias Binter Merzy, dengan tampilan udah Chooper. Good job deh buat yang punya!

Image
Konsepnya Mantap!

Image

Setelah istirahat, kemudian MM and friend riding lagi. Gak terasa akhir pukul 3 sore akhirnya MM udah sampai di Bandung, dan Pukul 5 sore MM and friend udah sampai di Puncak Pas, perbatasan Kabupaten Cianjur dengan Bogor. Wah, pas sampe perbatesan itu MM girang banget. Touring pertama yang lumayan jauh akhirnya bisa MM tempuh denga zero accident, bahkan dengan 100 persen fun! Akhirnya, MM sampe rumah di Matraman jam 8 malem setelah pisah sama sahabat-sahabat di Kampus UI Depok. Oke Masbro, stay tune sama touring-touring MM selanjutnya ya. Thanks for reading

BONUS

Image
Sahabat MM narsis di motor orang, hahaha
[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

13 COMMENTS

  1. Yang jalur ketanggungan kayanya ane paham banget tuh tempatnya…. 😀
    padahal sih itu treknya udah gk masuk daerah ketanggungan lg 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here