Larangan Knalpot Bising, Pasang DB Killer adalah Opsi Yang Oke!

27

Image

Masbro sekalian, setelah ramai hiruk-pikuk tentang pelarangan terhadap knalpot bising, MM pengen juga nih ikut nimbrung untuk ngebahas. Menurut MM pribadi larangan pemerintah agar pengendara sepeda motor tidak menggunakan knalpot berisik ada benernya juga kok, yang pasti tujuannya buat kenyamanan bersama, diharapkan apabila penggunaan knalpot bising sudah ditekan, kota kita yang udah rame banget ini akan sedikit lebih tenang, hehe.

Sebenernya apa aja sih faktor beberapa rider pengen mengganti knalpot standarnya dengan knalpot yang suaranya menggelegar atau lebih keras? Berikut MM utarain pendapat dan hasil observasi MM.

1. Karena gak puas sama suara knalpot standar karena suaranya silent banget, “lah wong motor gue motor keren, mahal, masa’ suaranya sama aja kayak metik”,

subjektiflah tiap orang tentang masalah begini, perkara selera.

2. Terus pengen performanya naik, karena udah jadi sebuah kepercayaan yang mengakar dan mendarah daging bahwa mengganti knalpot standar dengan knalpot bising pasti tenaganya naik

di dyno emang naek sih biasanya, walaupun cuman 2-3 hp)

3. Terus pendapat bahwa kalau menggunakan knalpot yang suaranya kenceng, itu akan menjadi tanda atau bikin pengendara lain aware sama keberadaan sang rider

tapi kalau semua motor pake knalpot bising gitu, mana tau lagi itu pengendara lain sama posisinya, lah semua jalanan jadi berisik, hehe.

4. Supaya aman di jalan, rampok gak berani deket

bukannya kalo pake knalpot berisik itu rampok malah tau posisinya di mana, terus apa hubungannya suara knalpot sama nyali rampok?

Image

Nah sebenernya ada gak sih solusi buat para pengendara yang pengen tetep menggunakan knalpot yang suaranya kenceng? menurut MM ada kok masbro, solusinya tinggal pasang DB killer aja. Motor-motor jaman sekarang emang sih suara knalpotnya adem bener malah cenderung anyeb, nah kalau mau bikin gagah suaranya tanpa mengganggu telinga orang lain atau telinga pak kumis, masbro cukup datengin aja tuh tukang knalpot custom, minta supaya lobang knalpotnya dibuatin DB killer. Yang MM tau knalpot aftermarket yang branded, kayak Akrapovic, Leovince, dll, semuanya menyiapkan DB Killer buat penggunaan ilegal di jalan raya. MM sendiri pernah denger itu knalpot ninja 250 diganti Akrapovic yang masih pake DB Killer suaranya lebih kenceng dari standar, tapi sama sekali gak bikin kuping pengang.

Image

Dengan artikel ini bukan berarti MM gak setuju ya dengan knalpot aftermarket, MM malah pengen ganti knalpot si Merah sama Akrapovic tapi pake DB Killer pastinya. Begitu juga dengan eksekusi di jalannya, kalau ada alatnya yang jelas, terus perdanya juga jelas, MM dukung banget, tapi kalo pake knalpot aftermarket terus suaranya udah adem masih ditilang juga, itumah namanya gak adil dan MM sama sekali gak dukung.

instagram

Villa Kanaya

27 COMMENTS

  1. Untuk yg 1 ini, ane teteub ga setuju, apapun alasannya untuk knalpot racing, kecuali di sirkuit,…
    Meskipun ane suka bgt knalpot kuryakin-nya HD…. (tetangga ane punya hd fat boy)
    Lg bayangin knalpot racing HD pk db killer… Knalpot standar hd itu udah enak suaranya….
    Kalo cuma buat orang (maaf) setengah kaya, yang rumahnya masih dekat kampung… Juga yg motornya 250cc kbawah, 1silinder pulak…. Berisik bro, tp 1silinder diatas 250cc juga berisik…. Kasian warga, apalagi yg lg sakit…

    • Setuju kga setuju aturan udh jelas pun ad batasan suara’a ..

      Mau recing asal tidak Melebihi batas suara yang ditetap’n kga masalah bro ..
      Knalpot standard juga dibuat’a berdasar’n standard suara yang ditetap’n toh??

  2. larangan knalpot bising. Oh ya, sebentar lg tahun baruan. Petugas smtr rame2 razia knalpot utk megurangi bisingnya jalanan saat perayaan old and new. Stlh tahun baru ? Biasanya pelan namun pasti razia beginian surut mas bro. Dan hilang ditelan zaman [hassyaah]..

  3. Percuma ajah kaya’a ..
    Yang jadi masalah’n karna polisi korup itu asal nilang, kga pake alat ..

    Ente knalpot racing “adem” pun tetep ditilang ..
    Wong kga stndard ..

  4. ah aparat aja banyak yang make kenalpot resing, gak make spion, dari segi itu aja belom nunjukin ke masyarakat kalo aparat nyontohin yang baik. bagai mana mau matuin kalo tingkah laku pereman berseragam nya kaya gitu.. coba kalian liat di pasar keranji Bekasi angkot” ngetem” , depan grenmall bekasi angkot juga seperti itu, di jalan di biarin, di depan SMP N 2 bekasi sama seperti itu juga, apa itu yang nama nya mematuin peraturan ?….
    harus nya kasih sangsi sama yang membuat atau pabrikan kenalpot itu, toh jendral nya koprisi simulator apa lagi anak buat nya memeras masyarakat nya fuck

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here