Honda Rebel, Cruiser Entry Level Honda Amerika

14

CMX_250_CT_Rebel_(Nissin_Caliper)_96_8

Mas bro sekalian, iseng-iseng browsing ke Honda Powersport Amerika, MM ngeliat sebuah sepeda motor cruiser entry level yang menarik. Motor tersebut dinamai Honda Rebel yang berarti “pemberontak” (sangar namanya bro) dan dibanderol 4190 US Dollar atau mungkin sekitar 50 Jutaan. Memang sih kalau dilihat secara kasat mata, motor cruiser punya penggemar fanatik tersendiri di Negeri Paman Sam ini. Jelas aja banyak diminati, wong jalan di Amerika itu lebar-lebar, dan luruuusss banget, belom lagi jalan trans antar negara bagiannya, dijamin motor cruiser-cruiser di sana jadi primadona karena ridingnya bener-bener santai.

2012-Honda-Rebel250-CMX250Ca

13_Rebel_Black

Kembali ke topik, Honda Rebel ini mesinnya gak wah-wah banget masbro. Berkubikasi 234 CC, SOHC, masih menggunakan karburator, dan menggunakan 5 percepatan. Tapi yang menarik adalah biar gak wah, tapi mesinnya dua silinder inline nih. dengan bore dan stroke 53×53 mm. Mungkin basis mesinnya menggunakan basis mesin CB200 kali ya :mrgreen:. Ngeliat desainnya, Honda Rebel lebih deket kepada Harley Davidson Sportster yang relatif simple dan kompak. Ngeliat piranti pengereman, buat depannya udah menggunakan cakram, tapi rem belakang masih pake tromol. Tinggi tempat duduknya 26,6 inch yang jika di konversi ke cm adalah 67,5 cm, weleh-welen pendek amat joknya. Terus gimana konsumsi bahan bakarnya? Honda Powersport mengklaim Honda Rebel dapat menempuh jarak 84MPG atau 35,7 Km (pengujian dengan lingkungan yang terkontrol bukan penggunaan harian).

Honda-Rebel-Action-Top 10 Riding Tips for Noobs

2012-Honda-Rebel-250-CMX250C-njjjjjjjjjj

Gimana kansnya jika masuk di Indonesia? Menurut MM sih agak susah ngejualnya kalau menggunakan desain Honda Rebel versi Amerika yang chooper ini, tapi mungkin jika mesin 2 silinder sederhana ini dipake di desain Honda Tiger Revo atau motor retro kayak CB 223 bukan gak mungkin motor ini bisa laku keras. At least kita semua udah tahu ya masbro kalau ternyata Honda masih punya basis mesin sederhana yang dua silinder, dan bukan gak mungkin mesin ini diboyong sama AHM dan dikembangkan di Indonesia. Soalnya kalau ngembat mesinnya VTR250 yang V-Twin DOHC Liquid Cooled, pricingnya agak susah kayaknya masbro, hehe.

instagram

Villa Kanaya

14 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here