Motor Langka Yamaha, Yamaha FZ400L!

7
Limited

Sobat MMBlog sekalian, belakangan ini, MMBlog lagi demen baca-baca review tentang motor lawas Yamaha yang bernama Yamaha FZS600 Fazer. Motor ini adalah generasi pertama dari Yamaha Fazer 600, masih menggunakan karburator, bermodal mesin Yamaha Thundercat, di review yang MMBlog baca, banyak sekali apresiasi positif-nya Sob. gak puas, akhirnya MMBlog mampir ke website motor Jepang, di Jepang, enggak ada FZS600 Fazer, adanya FZS400 Fazer, sama reviewnya juga positif.

Melihat lihat, terus mengamati, ini motor ternyata memiliki desain retro yang oke. Sasis Yamaha FZS lawas ini lumayan antik. Modelnya twin spar, tapi bentuknya pipa tubular, kesannya gagah, tapi klasik. Mikir-mikir, asyem, jadi pengen juga guwe :mrgreen: , ngebayangin di kepala, ini motor kayaknya kalau fairing depannya dilepas, terus diganti dengan lampu bulat, plus speedometer twin circle kayaknya bagus.

Baru sebatas ngebayangin, Google Search tampaknya tahu banget apa yang ada di kepala MMBlog. Lagi scroll kebawah dengan kode Yamaha FZ400, ternyata ada satu motor yang body-nya plek Yamaha FZS400/FZS600 tapi kok pakai lampu bulat dan speedometer bulat dua biji, ya pastinya langsung klik dong, dan ternyata MMBlog gak perlu ngebayangin lagi, Yamaha pernah buat motor begini dengan nama Yamaha FZ400L, atau kode Yamaha 4YR2!

Secara sederhana, FZ400L adalah Yamaha FZS400 yang fairingnya dilepas dan diganti dengan lampu bulat plus speedometer bulat dua biji, itu aja! Tapi, purpose atau tujuan motor ini dibuat nampaknya bukan untuk diproduksi massal. Kode Yamaha FZ400L, huruf L di belakangnya adalah inisial untuk “Learner”, yups, motor belajar. Makanya, di foto yang MMBlog temui pertama, motor ini dilengkapi dengan engine guard yang rame, plus lampu-lampu indikator berwarna-warni yang biasanya ditemukan di motor tempat uji skill, atau bikin Sim di Jepang.

ini motor lekuknya asyik. jok tandem, indikasi bakalan nyaman dipakai, tangki besar 19 liter. rem depan pakai Brembo. mesin 400 CC empat silinder radiator, ya paling lebih kenceng dikit dari XJR400 :mrgreen: . ada standar tengahnya, ya intinya sih ane demen Sob.

Penelusuran gak MMBlog hentikan sampai disitu, ada gak sih foto yang motor tampil standar. Ternyata, motor yang lahir pada tahun 1998 doang ini sudah dilepas untuk khalayak umum di Jepang, dan ternyata juga masuk pasar Rusia, wkwkwk. setelah lihat wujudnya, asli, ane makin pengen Sob. 400 CC, empat silinder, pendingin radiator, kayaknya oke nih buat nemenin si Soleh aka Yamaha XJR400R, tapi ya hebat banget kalau sampai punya, ini motor langka.

Kalau MMBlog perhatikan, area lampu, speedometer, segitiga atas, kayaknya semuanya nyomot plek punya Yamaha XJR400 generasi pertama. Hmm, paling ya kalau pengen motor begini, cari Yamaha FZS600 Fazer (kalau ini di Indonesia ada beberapa yang jual), lepas fairingnya, pasang lampu bulat, ganti segitiga atas XJR, dan pasang speedo XJR, jadilah! Oke Sob, semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen buat motor-motor lawas ya. ini sih asli langka!

instagram

7 COMMENTS

  1. Jangan sampai ketahuan fbh mas…
    Ntar dimintak dijadiin tiger reborn…
    Paham kan mas pola pikir mereka?
    Iya gitu kan mas Van?
    Iyain aja dehh… 😁

  2. Wah ada kata “Learner”. Jadi inget dulu pake nick Gobloggist Learner di TMCblok selalu kena jaring. Mungkin karena kalau disingkat jadi GL, yg mirip sama salah satu type produk pabrikan terkenal.

  3. Ciri khas motor tahun segitu buntutnya gede n panjang ya mas? Tanki mirip vixion gen awal.
    Siap tempur nih tampangnya … Josgandos banget deh. Thanks ceritanya omm Vand, stay healthy always good

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here