Email Pembaca : Pilih Suzuki Bandit, Honda CB400, Atau Yamaha XJR400?

11
Limited

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari Bro Fuadz. Masbro ini baru pengen naik kelas dari motor 250 CC dua silinder, baca-baca artikel MMBlog tentang Yamaha XJR400, beliau langsung kepengen motor 400 CC 4 silinder. Nanya, buat yang baru mau maen moge 400 CC 4 silinder, enakan mana nih? Suzuki Bandit 400, CB400, atau XJR400? Oke, MMBlog coba jelasin secara simpel.

Suzuki Bandit 400

Suzuki Bandit 400 adalah motor Suzuki yang eksistensinya lumayan banyak di Indonesia. dicarinya ya relatif gampang lah. tapi kebanyakan itu, atau bahkan semuanya, adalah tahun 90-an, tahun 2000-an kayaknya udah enggak ada, jadi ya ini motor tua. Posisi riding, defaultnya aja udah sporty banget, tangan ngejulur ke depan, kayak superman mau terbang :mrgreen: . mesin dan tarikan? MMBlog sih belum jajal, tapi ya gitu-gitu aja ala 400 CC 4 silinder dah, suara mah merdu sangat.

Beberapa unit Suzuki Bandit 400 bagian kelistrikannya udah enggak ori. Sebutlah Cdi Shogun :mrgreen: , udah akal-akalan lah ceritanya. Kalau dapet original ya syukur. Bagian termostat atau radiator juga suka ngambek, ya intinya, ini motor adalah motor buat orang yang suka tantangan dan suka ngebengkel. Bengkel spesialisnya sih banyak, asal siapin duit sama bolak balik aja sampai rapih kalau dapat bahan.

Yamaha XJR400

Motor bandel, enak gak pakai radiator, gak adalah itu water jacket karatan, ganti coolant, dll. Tapi yang jadi masalah, ini motor jarang :mrgreen: , nyarinya susah masbro πŸ˜† . di Indonesia sih ada beberapa, mulai yang dari tahun tau 90-an, hingga tahun 2000-an awal, tapi yang belum immobilizer ya, yang IMO kayak punya MMBlog kayaknya juga cuman satu di sini Sob :mrgreen: . perkara sparepart, ya gampang-gampang susah lah, motor jarang soalnya.

Tarikan? Hmm, lagi-lagi, namanya motor 400 CC 4 silinder mah gitu-gitu aja pasti Sob. tapi XJR khas banget karena mesinnya oil cooler, ada suara deep-nya, anti garing-garing club, looks juga menurut MMBlog sih jantan abis! Muscularnya dapat, yang demen motor muscle, retro, tentu XJR adalah sebuah jawaban yang tepat! Gimana? Oke tapi barang jarang, asal sabar-sabar aja.

Honda CB400

Kelebihan dan kekurangannya Cuma 1 dan jadi satu : Terlalu Sempurna :mrgreen: .

Nah, gimana? Mending Om Fuadz ambil CB400 aja dulu, belajar. Yang MMBlog tulis semua di sini unit NP ya, yang surat mah gak usah dibahas, kalaupun ada harganya kagak masuk akal sehat dah πŸ˜† .

instagram

11 COMMENTS

  1. XJR di area belakang juga ala-ala megapro, akibat sumbangan duo shock breaker yang membelah body tengah ke belakang.

  2. Fix choice adalah si bandit. Secara appearance nya outstanding tenan.
    Kita orang Indonesia. Appearance itu does really matter beneran.
    Performa n handeling serta yang lainnya?
    Ane tidak paham sobsbro…. Secara ane gak bisa bawa motor kopling tangan.

    • “yang IMO kayak punya MMBlog kayaknya juga cuman satu di sini Sob”
      πŸ‘†the one and only sob…. Tau sendiri… Kidu auction,….. wanipiro utk jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here