Forged Piston dan Diasil Cylinder, Ini Yang Membuat Skutik Yamaha Tahan Banting!

9
Limited
iklan iwb
SYM MMBlog

Sobat MMBlog sekalian, ngomongin motor yang banyak sekali dipakai untuk keseharian, tentunya kita enggak bisa lepas dengan skutik. Skutik, bisa dianalogikan sebagai kuda besi yang makin populer, jinak, dan bisa dipakai untuk apa saja dan oleh siapa saja. Salah satu skutik yang terkenal tahan banting dan bisa diandalkan adalah skutik Yamaha, mesinnya terkenal dengan menggunakan teknologi Forged Piston dan Diasil Cylinder, emangnya seistimewa apa sih?

Kita bahas satu-satu dulu yak Sob.

Villa Kanaya

Pertama Forged piston, piston jenis ini adalah piston yang dibuat dengan bahan besi yang sudah ditempa Sob. Kekuatannya diklaim jauh lebih tinggi dibanding piston konvensional yang hanya dicetak (cast). Selain lebih kuat, jenis piston ini juga tahan akan panas, tahu sendiri gesekan piston tuh bukan main menghasilkan panasnya. Itulah sebabnya forged piston banyak digunakan pada mesin balap yang membutuhkan mesin kuat karena harus digeber sepanjang balapan, buat matik? Jadi awet banget!

Kemudian dijelasin nih, dengan bahan baku yang kuat dan ringan, gesekan pun jadi berkurang. Akibatnya, suara berisik dari mesinpun bisa lebih diredam. outputnya, mesin bekerja lebih enteng dan mencegah piston dari macet sehingga efisiensi bertambah, hal ini juga termasuk kepada keiiritan bahan bakar. Lapisan timah yang terkandung di dalamnya berfungsi mencegah piston baret sehingga terlihat ”mengilap” walau bergesekan dengan dinding silinder.

Nah sekarang bahas DiAsil cylinder. Pasangan dari forged piston adalah silinder DiaSil, yang merupakan singkatan dari Die Aluminium Silicon. Nah, Ini adalah material logam campuran aluminium dan silikon yang punya memiliki kemampuan pendinginan yang jauh  lebih baik, tapi material ini sifatnya keras dan tahan aus.

Silinder DiaSil dibuat dengan proses die casting bukan dengan coated (lapisan). Selain itu, teknologi ini diklaim juga lebih ramah lingkungan, karena tidak menggunakan lapisan nikel total Die-Cast Aluminium, sehingga mudah didaur ulang. Jadi, selain murah, teknologi ini juga membuat mesin jadi lebih beperforma, ringan, ”adem”, gak berisik, awet, dan hemat pelumas.

Nah, pilih mesin motor jadi jangan coba-coba Sob, yang terbukti handal kuat, jarang ngebul, ya kombinasi Forged Piston dan Diasil Cylinder! Ada di motor apa aja? Mio, Vixion, R15, Aerox, N-Max, Fino, dll semua motor Yamaha menggunakan teknologi ini! Gak heran, Yamaha berani ngasih garansi sampai 50.000 Km atau lima tahun! Oke deh, semoga berguna ya Sob.

instagram

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here