Suzuki FX125, Bebek Super Suzuki! Cocok Jadi Shogun Reborn!

9

Sobat MMBlog sekalian, ngomongin Baper BePer, atau Bebek Super, yang terlintas di benak kita adalah Yamaha dengan Jupiter MX atau sekarang MX King, dan Honda juga punya dengan Honda GTR. Suzuki? Punya gak sih? ternyata bisa dibilang, Suzuki adalah pentolan dan pemain pertama segmen BePer alias Bebek Super ini Sob! pernah eksis dengan mantap, Suzuki FX125!

Suzuki FX125 adalah motor bebek Suzuki yang diproduksi di Malaysia dan Jepang, produksinya dimulai pada tahun 1998. Motor ini menggunakan mesin 125 CC, DOHC, 5 Speed, kalau melihat mesinnya, jadi ingat dengan Suzuki Raider 125 dulu. di zamannya sih mesin ini superior banget, udah gitu, minim perawatan karena pakai oil cooler yang terkenal yaitu SACS (Suzuki Advance Cooling System).

Ngomongin mesin, dapur pacu 124,5 CC-nya didapatkan dari bore x stroke 57 x 48,8 mm. Karbunya menggunakan karbu Mikuni BS26SS. Rasio kompresinya juga lumayan nih, 10,2 : 1. Tenaganya bisa sampai 13 daya kuda di 10.500 Rpm. Tangki bensinnya sendiri bisa sampai 4,2 liter. Ya mesin DOHC lawas lah, kalau sekarang kudu pakai mesin GSX-R150.

Secara desain, ini motor emang bebek banget, bebek jadul. Sayap sampingnya gede banget Sob, bener-bener kayak sayap entok :mrgreen: , ya mungkin karena ngimbangin mesinnya yang besar kali ya? untuk pengereman, motor ini menggunakan rem depan cakram dan rem belakang tromol. Hmm, bebek antik lah ini.

Ini motor sebarannya ada di Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan ada jumlah kecil di New Zealand dan juga Yunani. Indonesia? Kagak kebagian masbro, ada dibeberapa dealer lama, dan jadi pajangan, hmm. Kira-kira, ini motor kudu gak direborn dan dilabelin Suzuki Super Shogun? Hmm, kok kayaknya Super Shogun menjual yah? oke Sob, semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen yah!

Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

9 COMMENTS

  1. negatif mas van, apalagi sekarang penjualan bebek super pun tidak terlalu menggembirakan. Saya rasa suzuki harus fokus ke bagaimana caranya menelurkan saluto yg menjadi buah bibir…… Calon hype nya skutik suzuki. imho

  2. Kalau suzuki ingin tetap eksis di ranah motor tanah air, gak salah saluto bisa jadi mesin pembunuh motor matic bagi pesaing, contih suzuki satria FU membuat pesaing ketar ketir, 1 suzuki ayam jago pesaing mengeluarkan aneka type motor utk menjenggal FU, tapi apa daya taji ayam jago begitu kukuh untuk membendung lawan lawanya hingga kini, dengan kehadiran SALUTO bisa jadi akan memukul lawan lawan motor matic dari pihak lawan….

  3. Motor Suzuki yang ini emang ga masuk indonesia, tapi Merk Tossa pernah bikin cloningan nya.. bahkan sempet jadi hadiah acara sahur

  4. dulu jaman ramai motor china sepertinya ada yg desainnya ky gini om.. ada yg pakai mesin tegak spt aslinya, ada jg yg pakai mesin tiduran spt C-series..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here