Suzuki Bandit Jadi Motor Polisi, Suzuki GSF1200P!

13

Sobat MMBlog sekalian, salah satu generasi Suzuki Bandit yang kesohor dan luar biasa positif di pasaran global adalah Suzuki Bandit 1200. Nah, ketika MMBlog lagi coba browsing tentang motor polisi yang ada di Jepang, ternyata Suzuki Bandit masuk ke dalam list-nya. Bisa dibilang agak kontradiktif Sob, nama motor Bandit, tapi dipakai ama Polisi :mrgreen: , lucu juga polisi bermitra sama Bandit.

Motor ini bernama Suzuki GSF1200P, embel-embel huruf P biasanya memang ditujukan sebagai kode kalau motor ini adalah police type, bukan huruf P yang suka dipakai ama bocah buat buka percakapan :mrgreen: . adapun Suzuki Bandit 1200 yang dijadikan motor polisi ini adalah yang generasi pertama Sob, sepertinya juga modifikasi dari varian Suzuki Bandit 1200S yang menggunakan half fairing.

Suzuki GSF1200P adalah motor Suzuki yang punya CC 1200, empat silinder, 16 klep, DOHC, oil cooler, dan lima speed. Mesin ini bisa dibilang sebagai mesin yang gak kalah kolosal dengan mesin Yamaha XJR1200. Bandit masih lebih “beruntung” karena Suzuki memberikan oil cooler yang besar, dan biasanya ini ada kipasnya, XJR oil coolernya kecil.

Ini motor pastinya gede, muscle bike tahun segitu, plus CC diatas 1000, pasti gede lah. Suzuki GSF1200P nampaknya emang bukan hasil modif instansi Polisi di Jepang, tapi Suzuki emang secara khusus merancang motor ini. Lihat aja, Suzuki GSF1200P enggak punya jok belakang, lengser diganti dengan box, lengkap juga dengan box di kanan kiri motor yang dimensinya tampak tak terlalu besar.

Motor ini tampak lucu, dengan lampu strobo yang terintegrasi dengan fairing di depannya, MMBlog jadi inget sama Kawasaki KZP1000 yang juga digunakan di instansi kepolisian dalam waktu yang relatif lama. Uniklah Sob, intinya, Suzuki GSF1200P adalah salah satu dari sekian banyak motor Suzuki yang dijadikan motor polisi, di Pakistan, malah Suzuki Bandit 650 yang dijadikan motor polisi, agak kontradiksi kayak yang MMBlog bilang di atas, tapi ya lucu juga!

Oke deh, semoga berguna ya sob.

instagram

Villa Kanaya

13 COMMENTS

  1. Polisi itu mbah nya bandit.
    Agar lebih berwibawa daripada bandit.
    Klo mereka berdua setara, gampang si bandit buat menggulingkan polisi.
    Maka polisi kudu lebih bandit ketimbang bandit.

  2. motor ini kompresinya berapa mas van? kalo cukup pake oil cooler berarti mesinnya ga seberapa panas dibanding mesin 1200 yg pake radiator ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here