(Opini) Lampu Rem/Belakang LED itu Lebih Urgent Daripada Lampu Depan, Sebuah Keharusan

18

Sobat MMBlog sekalian, saat ini, bisa dibilang, motor-motor baru, entah itu motor entry level ataupun motor flagship, kebanyakan sudah menggunakan lampu dengan fitur LED. Biasanya, lampu LED dipasang atau digunakan sebagai lampu utama atau lampu depan produsen sepeda motor (sekarang), sedangkan yang kedua, opsi ini dipasang sebagai lampu belakang, dan terakhir sebagai opsi lampu sein.

MMBlog punya opini, khususnya dan terutama di Indonesia, lampu LED harusnya dan sebaiknya, pertama kali di terapkan sebagai lampu stop atau lampu belakang. MMBlog pernah menghitung, selama perjalanan kurang lebih 12 Km dari Kemang ke Rumah, ada hampir 30 motor yang lampu belakangnya mati. Kebanyakan yang mati itu ya yang motornya masih pakai lampu belakang model bohlam.

Ini jelas banget sama aja bahaya kayak lampu depan mati. Kalau lampu depan mati kecelakaan bisa disebabkan oleh rider motor yang bersangkutan, nah, kalau lampu belakang yang mati, kecelakaan bisa aja disebabkan oleh rider atau pengendara lainnya. MMBlog udah berkali-kali, lagi speeding 60-80 Km/jam, tiba-tiba dikagetin sama motor yang lampu belakangnya mati, udah gitu bawanya pelan pula 🙁 .

Lampu bohlam memang punya penetrasi yang bagus buat headlamp, tapi buat belakang, rawan putus, bisa diganti cover mikanya jadi mika bening, ya oprekable lah, lain dengan LED yang konon dan katanya cenderung lebih awet dan gak gampang buat dioprek sendiri. Yaudah, fix aja gitu. tapi kalau rusak atau mati, bakalan lebih enggak diganti lagi sih karena lebih mahal :mrgreen: , wong lampu bohlam yang harganya 7000 perak aja kagak diganti itu yang rem belakang, apalagi ini.

Tapi seenggaknya, lampu belakang LED bagi saya sih udah kayak mandatory, buat safety dapet banget!

instagram

Villa Kanaya

18 COMMENTS

  1. Setuju! Tambahan : Lampu malam/standby nya juga udh LED.
    Banyak bgt nemuin Nmax (lampu malam nya masih bohlam, yg LED lampu remnya) lampu malamnya mati, yg nyala lampu rem nya doang.
    Agak bahaya kalo kondisi hujan deras atau kurang penerangan di jalan.

  2. Hal yg perlu di perhatikan dalam motor/mobil adalah sinyal lampu baik itu lampu belakang, depan, dan sein. Itu wajib hidup untuk berkendara. Jika meteran bensin, klakson atau speedometer mati msh bisa dipakai, tp klo sinyal lampu mati ini berbahaya.

  3. Kalo saya menyoroti Kwalitas sparepart mas Van, khususnya bohlam. Wlwpun ori/oem, jaman sekarang gak ada awet2nya blas.
    Beda kwalitas bohlam jaman dulu, masih 6 Volt asli Stanley (contoh kasus aja ini) … Gak ada putus2nya tuh bohlam awet pake banged.
    Vario 125 punya ane, wlwpun bohlam ganti ori/oem tetep aja gampang/sering mati

    • jaman dulu produksi memang condong kepada quality, sekarang jamannya quantity yang dampaknya ke harga yg murah.

    • bener tuh, pengalaman saya punya jupi robot walaupun itungannya bukan motor jadul (rakitan 2009) tapi bohlam belakangnya hampir 10 tahun (catatan : saklar lampu nyala siang/malam) belom pernah ganti dan baru ganti bulan September kemaren, eh lha kok Desember udah putus lagi bohlamnya..

  4. Satu lagi Om, sedih banget sama lampu sein warna ungu atau biru n nggak ngedip sami mawon sama lampu rem mati…heran sama orang yg kek gitu, karepe kebriben soonn…hadeeehhh

    Dari jauh kita agak kenceng tau2 brenti aja d tengah jalan…sueekk daahh

  5. Betul, bohlam yg murah & mudah di pasang aja pada malas ganti, Emg keterlaluan kok.
    Btw mungkin di kota jarang ditemui, tapi di kampung pelosok, tren lho modif ga pake lampu depan. Di kegelapan jalan kampung, tiba2 wuss, setan berkecepatan tinggi lewat.

  6. setuju bro. banyak yg malas ganti bohlam lampu rem walaupun putus. setidaknya kalau led umurnya lebih lama daripada tipe bohlam. Yate gw ganti ke led belakang (custom) dari 2012 Alhamdulillah sampe skrg masih josss

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here