Wahana Gelar Workshop dan Sharing Session Honda ADV150 Bareng Blogger, Ada Fitur Tersembunya Ternyata

2
Limited
SYM MMBlog

Sobat MMBlog sekalian, weekend kemarin, di Papabro Cafe (MMBlog nginep, kagak pulang, karena sehari sebelumnya adalah launching Qooder :mrgreen: ), telah dilakukan Workshop, diskusi, dan sharing session Honda ADV150 yang diselenggarakan oleh Wahana Honda. Perkara riding experience atau riding reviewnya sih udah pernah banget MMBlog muat, tapi untuk bedak teknologinya, hmm,baru kali ini Sob.

Honda ADV150 emagn fenomenal, motor ini bahkan mendapatkan perdikat sebagai bike of the years 2019. Berbagai review, sambutan, kebanyakan positif. Dalam waktu yang relatif singkat, Honda ADV150 udah banyak terlihat berseliweran di jalanan. Bahkan, komunitasnya pun udah menjamur Sob. waktu MMBlog liputan di Sulawesi aja, ada Club-nya, di HBD Ambarawa apalagi, udah banyak dah club atau komunitasnya.

Villa Kanaya

Terus, apa aja sih yang bikin motor ini spesial selain desainnya yang emang tampil berani? Motor yang mesinnya pakai basis mesin PCX150 ternyata punya beberapa point menarik, nih MMBlog coba rangkum dari presentasi kemarin ya:

  • 2 step adjustable wind screen, dengan ini kaca visor bisa diatur posisi ketingiannya hanya cukup dengan 2 tangan gak perlu alat sama sekali, mantap.
  • lampu sein terpisah, terlihat lebih sporty dengan aplikasi lampu LED.
  • dual headlamp, menurut MMBlog desain headlamp LED sporty abis Sob.
  • roda depan velg lebar, dibalut dengan ban semi dual purpose dengan profil lebar 110/90-14″.
  • wave disc brake depan belakang, rem makin konsisten.
  • higher ground clearance, ADV 150 punya jarak terendah ke tanah yang paling tinggi dikelasnya 160mm, gak gasruk polisi tidur dan jalanan yang gak rata.
  • mesin 150cc dengan setting ECM baru, filter udara baru dan desain muffler baru, yang paling terasa bagi pengguna adalah suara mesin lebih halus dan irit banget soal BBM.
  • roda belakang velg lebar dengan ban profil lebar ukuran 130/70-13″
  • muffler desain baru dibuat meninggi.
  • Sub Tank Rear Suspension, ini salah satu daya tarik dari ADV, tak hanya keren di tampilan tapi juga menunjang handling yang mantap saat bermanuver.
  • sporty rear fender dengan lampu sein terpisah, keren secara tampilan, minusnya paling saat hujan cipratan ban tak tercover sempurna jadi pengendara di belakang siap-siap kena cipratan
  • separate speedometer, baru MMBlog temui di ADV model speedometer terpisah, terkesan mewah

Untuk mesinnya, ini adalah paket rangkuman kelebihannya Sob:

  • ACG Starter, dengan komponen ini proses starter mesin jauh lebih senyap, ACG starter juga digunakan untuk fitur ISS (Idling Stop System)
  • Roller Roker Arm baru, di ADV komponen ini sudah lebih diperbaharui lagi sehingga minim gesekan dan berimbas ke irit bahan bakar.
  • Compact combustion chamber yang memberikan perbandingan kompresi tinggi untuk performa lebih tinggi
  • Spiny sleeve pada dinding silinder menjadikan penyeberan panas lebih merata di dinding silinder
  • Light weight piston, makin kesini bobot piston dibuat lebih ringan yang berimbas ke performa lebih tinggi
  • Higher rigidity for crankshaft
  • Breather structure, desain kantung-kantung air di blok mesin yang lebih disempurnakan
  • v-matic dengan w-cog belt, belt model gerigi dua sisi atas bawah yang membuat efisiensi penyaluran tenaga ke roda meningkat
  • desain transmission case baru yang memberikan sedikit tonjolan untuk menahan oli dari putaran gear sehingga gear terlumasi lebih sempurna

Selain hal di atas, beberapa komponen juga ada peningkatan seperti ukuran throttle bodynya yang bengkak sebesar 26mm, dan lubang injector yang lebih kecil 0,139mm sehingga campuran udara bener-bener homogen, pantesan irit banget yak. Untuk sensor-sensor, selain sistem self-diagnostic yang ada, pada mesin 150cc eSP ADV 150 telah dilengkapi dengan DTC (Diagnostic Trouble Code), ada ketambahan 2 kode error yakni (57) Engine Coolant Over Temperature dan (91) Coil Ignition primary circuit malfunction

Selanjutnya di MIL indikator, pada model ini MIL akan menyala (ON) tanpa berkedip untuk memberitahukan kode kerusakan. Secara psikologi lampu berkedip akan mengganggu konsentrasi pengendara.

Fitur exterior ADV 150

Salah satu fitur yang mencolok dari tampilan luar ADV adalah aplikasi setang fatbar. Kalau temen-temen perhatikan dengan seksama desain handlebar ADV ini mirip-mirip motor adventure, dengan diameter membesar di bagian tengah handle, membuat setang lebih kuat.

Untuk kestabilan bermanuver, ADV 150 dibekali dengan sub tank suspension di bagain belakang. Dengan model ini kinerja suspensi lebih responsif dan stabil saat kondisi miring atau menikung, karena oli dan udara terpisah sehingga performa suspensi tetap terjaga.

Untuk pengereman, skutik ini menyediakan 2 varian yakni ABS dan CBS. Untuk ABS (Anti-lock Braking System) masih 1 channel roda depan saja. Dengan fitur ABS mencegah roda depan terkunci saat terjadi pengereman mendadak. Feel ABS di Honda ADV 150 ini termasuk halus sob bahkan gak terasa di jari saat ABS aktif, karena dalam 1 detik terjadi 10x kejutan di kaliper.

Sedangkan untuk fitur CBS masih banyak yang mungkin belum paham bahwa dengan cukup menarik tuas rem belakang, maka rem depan juga ikut mengerem dalam porsi lebih sedikit dari rem belakang, perbandingannya 30:70 antara depan belakang saat CBS diaktifkan.

Satu lagi fitur safety dari Honda ADV 150, namun baru ada di versi ABS yakni fitur Emergency Stop Signal (ESS). Fitur keamanan ini akan mengaktifkan lampu hazard berkedip lebih cepat dari biasanya untuk memberi peringatan ke pengendara di belakang saat kita mengalami pengereman mendadak.

Untuk dapat aktif, fitur ESS membutuhkan kondisi sebagai berikut:

– kecepatan lebih dari 56km/jam
– terjadi deselerasi secara cepat lebih dari 6m/s2 saat pengereman terjadi

Nah, ternyata banyak juga ya fiturnya, gimana Sob? rider Honda ADV150 bolehlah tunjuk tangan.

instagram

Villa Kanaya

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here