Kupas Suzuki Inazuma 400, Varian 400 CC Favorit di Jepang!

6
Limited
SYM MMBlog

Sobat MMBlog sekalian, Suzuki, bisa dibilang punya lumayan banyak varian motor 400 CC empat silinder pas tahun 90-2000-an awal. Suzuki nampak konsisten dan selalu ingin ngasih update akan motor-motor UJM mereka di kelas ini, bisa dibilang, Suzuki paling sering update, dan banyak banget Sob varian. Ada Suzuki Bandit 400, ada Suzuki Impulse 400, ada Suzuki GSR400, dan ada Suzuki Inazuma 400, nah, kita bahas Suzuki Inazuma 400.

Suzuki Inazuma 400, hadir di tahun 1997-an awal karena trend motor-motor di Jepang saat itu lagi demen dengan motor yang menggunakan oil cooler. Suzuki Bandit, sudah punya pasar dan segmennya sendiri, tapi untuk kelas yang pure retro, Suzuki belum punya gacoannya. Akhirnya dengan basis desain dan mesin dari Suzuki GSX750 Inazuma, hadirlah Suzuki GSX 400 Inazuma yang punya kode GK7BA.

Villa Kanaya

Suzuki Inazuma 400 adalah motor UJM Suzuki yang dibekali oleh mesin 400 CC, empat  silinder, DOHC, Oil Cooler, yang bisa mengeluarkan tenaga hingga 53 daya kuda. Sebuah tenaga yang dirasa bakalan biasa aja pada zaman sekarang :mrgreen: , tapi 400 CC empat silinder tetap berasa istimewa-nya Sob 😎 . tarikan motor ini, menurut review yang MMBlog baca, terasa biasa aja, ya karena secara dimensi, hanya Yamaha XJR400R yang mampu menandinginya, yups, 400 CC, tapi kayak 750 CC secara dimensi alias gambot!

Bahkan bisa dibilang, Suzuki Inazuma 400 adalah motor 400 CC yang kaki-kakinya paling gambot. Ban depan 120 dan ban belakang 170, sebenernya bisa pakai ban 180, karena rim-nya udah 5,5 inci, layaknya moge-moge 600 CC masbro. Perkara pengereman, lumayan istimewa karena remnya sudah dibekali dengan kaliper Brembo, sedangkan suspensi, depan menggunakan teleskopik konvensional, dan suspensi belakang menggunakan suspensi ganda dari Kayaba.

Di Jepang, Suzuki Inazuma 400 bisa dikatakan sebagai motor 400 CC Suzuki yang menjadi favorit karena kelebihannya macam dimensi yang moge full size, kaki-kaki yang gambot, dan mesin yang tangguh. Desain yang ortodox juga jadi nilai plus, serba membulat, simpel, sederhana, wih, bener-bener favorit ini motor masbro. Suzuki juga membuat mesin motor ini tampil sederhana dengan hanya membekali mesin dengan oil cooler.

Saat itu, motor-motor oil cooler emang favorit, trio Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki memberikan motor 400 CC ber-pendingin oli, kecuali Honda yang konsisten dengan CB400 bermesin radiator, ya paling konsisten juga sih, ini motor masih diproduksi sampai sekarang loh Sob :mrgreen: . kembali lagi ke Suzuki Inazuma 400, motor ini bener-bener motor JDM, gak kayak XJR atau CB400 yang masih ada motor grey import-nya di beberapa negara lain, motor ini JDM!

Ah, jadi pengen lihat fisiknya, di Jepang kemarin MMBlog kagak nemu masbro. Kalau Suzuki lebih banyak yang Suzuki Katana 400 atau 1100, tapi kalau lihat reviewnya di bikebros, buanyaaaak bener yang pake dan ini motor emang jadi inceran! oke deh, semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen ya. sekian, terima kasih, dan semoga berguna.

instagram

Villa Kanaya

6 COMMENTS

  1. Liat motor2 klasik tp dengan cc dan cylinder yg multi begini bikin ngiri biker indonesia aja. Jangankan yg FP kayaknya yg NP aja d indo pasti sangaaaaaaaatttttt jarang (ato bahkan g ada ya????) unitnya. Sekalian om van bikin artikrl zephyr 400 JDM jg kan tuh. Biar orang2 tambah ngecesssss 😂😂😂😂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here