NgeBlog, Dulu dan Sekarang

25

Sobat MMBlog sekalian, sekali-sekali ngebahas tentang OOT. Bahas motor lagi, bahas motor lagi, kagak bosen apa loe? Wkwkwk, MMBlog pribadi sih kagak bosen Sob :mrgreen: . nah, artikel ini, MMBlog tulis karena ada pemicu-nya, artikel Om KBY di sinilah masbro. Cerita tentang dunia blog, dulu dan sekarang, cerita tentang friendship, suka duka, dan lain sebagainya. Ah, oke lah, kita lanjut lagi.

AWAL MULA KENAL BLOG

MMBlog pribadi, mengenal dunia blog itu pas tahun 2007 atau 2008. Mungkin sahabat pembaca MMBlog yang alumni UI tahu UPT Perpus Pusat? Disitu ada Warnet Gratisan, nah, setelah pulang kuliah, MMBlog biasanya gak langsung pulang, melainkan mampir dulu ke sana untuk internetan. Kebetulan, FIB dekat dengan UPT :mrgreen: . praktis, blog Kafemotor dan Mas Triatmono adalah menu langganan yang sering MMBlog santap.

Makin lama, ada rejeki, ortu beliin laptop, asyik bisa wifi-an, jadi enggak ngantri lagi kalau mau nge-net di UPT :mrgreen: . mulailah, baca TMCBlog, Indobikermags, baca blast Sob, silent reader, pernah komen sekali, dan dibalas oleh wak haji, wih senangnyaaaa πŸ˜† . waktu itu dunia blog mantep banget kayaknya, munculan ke permukaan Iwanbanaran, baca-baca juga, tapi tetep referensinya TMC dan mas Mas Tri. Ada juga bonsaibiker, yudibatang, arantan, bennythegreat, banyaklah yang MMBlog baca.

Waktu terus bergulir, baca blog, kayaknya mantep banget ya. sering diundang pabrikan, test ride motor baru, keluar kota, bahkan keluar negeri! Sedep banget ini! Belum lagi, di tahun 2011 dan 2012, ada wordads yang earningnya bener-bener bisa bikin ngiler dan ngeces! Di situ, MMBlog sering bersurat elektronik ke wak haji TMC, ngirim artikel, tapi enggak dibalas dan enggak dipublish, ya jengkel juga sih :mrgreen: . dalam hati bergumam, β€œyaelah, gue kan kuliah sastra, nulis mah makanan tiap hari, nulis sastra ama karya ilmiah aje gue bisa, masak iye nulis blog gue kagak bisa?”

kameranye keren banget sih Om

6 November 2013, 6 tahun lalu, MMBlog hadir dan mengudara untuk pertama kali-nya. Motivasinya Cuma satu, pengen bisa kenal blogger lain, sama sharing perkara motor yang ada di rumah. Blogger seangkatan MMBlog yang paling deket adalah Om Kobay dari Kobayogas.com. selain satu angkatan ngeblog, ternyata rumahnya juga sama-sama di Jaktim :mrgreen: , ya cucok lah πŸ˜† . akhirnya, di akhir tahun 2013, MMBlog berkesempatan diundang ke test ride Honda Revo Fi di Gumati Bogor oleh AHM, karena forward email MMBlog ke Wak Haji dan diterusin ke tim HC3, alhamdulillah.

kuncen cirebon

Nulis mulai konsisten, alhamdulillah, karena MMBlog ini lebih banyak free-time-nya, berbagai undangan ya banyak didatengin :mrgreen: . nulis terus, nulis terus, gak lama, Wordads Approved, dan WOW, alhamdulillah, penghasilannya lumayan! Bisalah cair tiap bulan, buat akomodasi ngeblog dan pacaran sih bisa banget! Lebih malah, wkwkwk. dan disini, mulai banyak juga blogger-blogger muncul ke permukaan, bejibun masbrooooo.

BWADAI, BANYAK YANG KENDOR

blogger rusuh

Mulai tahun 2014-2015, Wordads ternyata gak bisa konsisten ngasih earning yang oke, ada suspend satu persatu oleh wordpress terhadap blog yang hosting di sana, MMBlog salah satunya, dan sempat shock juga. Walah, gimana ini? Semangat sempat kendor, tapi melihat sepak terjang masa lalu, masa iya kendor melulu, kencengin lagi lah! kembali ke gairah awal, PASSION! Banyak jalan menuju Citayem :mrgreen: , self-hosting dan pasang Adsense! Alhamdulillah, pasang adsense, baru bisa cair dalam waktu 2-3 bulan, wkwkwk, bayar hostingnya gimana? Anehnya, ada aja loh Sob, MMBlog hosting di JuraganWP, dan alhamdulillah, tiap bulan ada tuh buat sewa hosting. Gak lama, ada beberapa produsen yang kerja-sama. Dulu Yamaha, Honda Cengkareng, KTM indonesia, Suzuki Indonesia, Viar Motor Indonesia, alhamdulillah, nambah positiflah portfolio MMBlog.

ke Sepang sama KTM

Makin kesini, alhamdulillah juga, makin sering keluar kota, menjelajah Indonesia, bahkan keluar negeri juga pernah, ke Jepang malah 2 kali sama Suzuki Indonesia, nikmat mana lagi yang mau di dustakan coba? Bersyukur. Tapi, lain cerita dengan teman-teman blogger lain. beberapa udah ada yang kendor total, ya kayak tali kolor kalau nyucinya enggak bener :mrgreen: . banyak faktor lah, mungkin passionnya hilang, kerja di sektor ril, dan lain-lain.

MMBlog foto bareng Mr Toshihiro Suzuki

Kalau alesan keluarga sih MMBlog rasa gak fair yah, ane juga familiy man, tapi karena keluarga ngedukung pake banget, ya lanjut terus :mrgreen: . selalu ada waktu buat nulis. Sebenernya agak sedih juga lihat temen-temen blogger udah jarang update, atau malah blognya terbengkalai. Masih better lah kalau pindah fokus ke platform yang lain macam Youtube dan IG yang lagi naik daun.

Ngomongin Youtube dan IG, memang platform baru ini juga sedikit banyak atau mungkin banyak kali ya, ngasih sumbangsih kepada traffict blog yang menurun. Ya sebenernya gak fair sih nyalahin Youtube atau IG, mungkin konten berita atau tulisan kita yang kurang oke? Atau kurang banyak nulisnya? Atau arahnya blognya berubah? bukan lagi jurnal pribadi yang disukai, malah jadi portal berita yang bisa cepat basi? Hmm, banyak faktor sebenernya kalau mau instropeksi :mrgreen: , ya MMBlog pribadi juga mikir Sob. sedikit banyak, MMBlog juga bikin konten Youtube sih, IG post kalau inget :mrgreen: kadang mata dan pala puyeng kebanyakan mantengin ponsel masbro.

saya juga manusia biasa bro

Agak klise tapi bener, usaha itu gak akan mengkhianati hasil, man jadda wa jada, dilarang parkir sembarangan . Lorenzo boleh pensiun, tapi MMBlog Insya Allah akan tetap mengudara, nyapa temen-temen pembaca, dan coba balesin komen satu-satu, kalau sempat, karena suka dirusuhin ama Naya dan Emaknya :mrgreen: .

Yang jelas, dunia blog dan dinamika Blog banyak berubah. ada yang stop ngeblog, ada yang jadi modifikator, ada yang jadi influenza eh influencer, ada yang stop blog dan jadi kang Nyinyir bin Julid, ada yang beken banget malah jadi sawan, wkwkwk, banyaklah. MMBlog juga akan terus begini, saya Vandra, ya apa adanya aja, mau nanti meninggi atau menurun, tetep gini-gini aja saya mah πŸ˜† gimana Sob? kadang kangen juga sama komentator lawas, tapi makasih juga buat temen-temen pembaca dan komentator baru.

Oke deh, artikel curcolan aja nih Sob. semoga gak pada bosen ya baca blog. Pengen artikel apa lagi dari ane masbro? Report touring? Touringnya itu yang syusyah nyari waktunya :mrgreen: . ah, pokoknya nulis lah biar enggak GILA!

25 COMMENTS

  1. Sehat selalu mas Van, konsistensi dan atensinya luar biasa terhadap perkembangan roda dua tanah air. Mungkin jika tidak ada kalian para blogger roda dua yang dieharder, pabrikan dimari juga ya begitu begitu saja responnya. Blogger adalah salah satu penyambung lidah konsumen dan produsen yg tidak bisa dipandang mata sebelah saja…hehe

    Maju terus mas, dengan MMblog nya

  2. Hal yang membuat blogger tetap kuat salah satunya ciri khas.
    TMC, portal beritanya roda 2
    Kobay, modifikasi (part aftermarket) dan spg?
    Aripitstop, teknis
    Enoanderson, sejarah
    OmLeo, hukum
    Mazped, elektrikal (sayang sekarang udah gak update lagi)
    MMBlog, moge dan classic
    Maaf jika salah menginterpretasi.

  3. Jadi bloger nya jangan khianat ya Om van, jadilah apa adanya, Lihat apa yang terlihat secara langsung kemudian SAMPAIKAN ke pembaca apa yang dilihat…
    – jangan jas jes jos terus,
    – jangan apa apa harus led,
    – apa apa itu harus begini begitu sayang ga gini sayang ga begitu, nafsu pribadi itu mah (tapi bilang nya kemauan pasar heheh)
    – Y,H,S,dan K itu Mereka berkecimpung di usahanya itu bukan hasil sim salabim tapi melalui proses luarbiasa panjang dan ga mulus, mereka bayar para Insinyur nya yang untuk dapat gelar nya juga ga gampang Om Van tau itu. Makanya ketika lahir suatu produk itu sudah melalui proses luarbiasa dari segi perhitungan keselamatan, bahan, bentuk, dan Harga yang di sepakati para Insinyur nya, eh dengan santai nya bloger papan atas bersabda Sayang belum Led, sayang kondom, sayang bentuk nya seperti ini coba seperti ini, … budek tidak dengar kemauan konsumen, dll. Hemmm…
    Coba dia suruh oret oret buat sketsa sebuah sepeda motor dengan imajinasi dia kemudian paparkan material yang dipake ,fitur dan mau di hargai berapa maha karya nya itu… lempar ke pembaca untuk poling ada berapa ratus juta yang suka dan rela mau beli… bandingkan dengan s h y dan k yang selalu dia komentari nyinyir setiap produk lahir…

    • haha, mantap nih, meskipun gw merasa tersindir – terutama soal LED – tapi gw suka karena membangun kekeke.

      Menurut gw pribadi sih, kenapa apa apa udah kudu LED, banyak pertimbangannya sih, terutama demi kebaikannya si pabrikan sendiri dan ujung ujungnya konsumen yang diuntungkan..

      – Lampu rem LED, lebih aman: dia menyala dan padam lebih cepat dari bohlam biasa, sinarnya juga lebih terang, terlihat jelas dari jauh, diharapkan awareness orang di belakang meningkat.
      lebih awet: usia pemakaian LED jauh lebih lama – bicara spek pabrikan, bisa berkali kali bohlam.
      Sudah murah: teknologi LED sekarang sudah di masa puncaknya, dulu memang masih mahal sekarang mah udah murah, untuk level pabrikan yang pesan puluhan bahkan ratusan ribu unit pasti jadi jauh lebih murah.

      lebih stylish, no doubt, kendaraan akan terlihat lebih cakep dan menarik. Lebih menarik = bikin orang tertarik, menambah fitur = bikin orang tertarik. Orang tertarik = diharapkan beli, ujung ujungnya pabrikan juga yang untung, konsumen untung karena dapat fitur lebih.

      Lampu sein LED, sama kek di atas.

      Lampu depan LED, masih bisa debatable soal keamanan, bohlam lampu atau HID bisa lebih baik. Tapi menang di daya tahan dan stylish. Balik lagi, stylish = bikin orang tertarik, fitur = bikin orang tertarik.

      Jadi, pabrikan dan para insinyur itu harus bisa juga melihat demand pasar, gerakan pasar, apa yang sedang IN dan apa yang sudah obsolete. Apa yang mayoritas konsumen suka dan ingin. Jangan semau gue, gw bikin kek gini, lo mau ya beli, ga ya udah.. Kalau pabrikan kaya gitu menurut gw itu pabrikan kaya raya, produknya gak butuh dibeli banyak orang hehe.. Tentu dengan mempertimbangkan cost. Kalau keluar lebih dapatnya juga lebih kan pas?

      http://kobayogas.com/2019/11/18/begini-cara-memilih-ukuran-helm-yang-pas-buat-kepala-agar-tetap-aman/

  4. blog ente salah satu yg ane bookmark di chrome ane..
    termasuk blogger favorit ane mulai dari :
    Iwanbanaran, TMCblog, Kobayogas, MMblog (ente), Aripitstop, Pertamax7, EnoAnderson

    semoga tetap terus berkarya ya gan..
    apapun itu tetap jadi diri sendiri

  5. ahsyapp,, mantap curhat nyaa mas Vandd,, salah satu blog favorit ane nih,, hehehe
    saban hari saya liat mas vandra di CCM cibinong (karena emg tinggal di sana), mau nyapa cuma tkt ganggu family time nya mas hahaa.. salam aja buat kluarga yaa
    sakses slaluu

  6. Lanjutkan Mas Vandra, saya orang kampung, kalo nggak ada blogger2 jempolan kayak sampean ya saya taunya motor itu cuma H sj.

    Karena sampean sy berani ngeklik iklan Fazer S2😊 79.5 jt (walopun blon kebeli).
    Sampe brani ngimpi miara moge suatu saat, walaupun mgkin hanya dipake kesawahπŸ˜… karena ‘keracunan’ artikel sampean (n om Leopold)

    Sy jg baca blogger yg lain kok, Om Leo, IWB, Kobay, TMC dll dengan segala plus minusnya (menurut saya pribadi).

    Pokoknya smangat terus menulis Om😊 utamanya yg sesuai dgn jatidiri MMBlog.

    Yg asik dr MMblog (mnrt sy) adalah kalo ada ‘anak indekost’ baruπŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰ n bahas moge utamanya yg moge2 agak ‘senior’ 😁😁😁 dgn range harga ‘anak kampung’ kayak sayaπŸ€—.
    Monggo mas Karebet diajak maen2 ksini kebetulan legenda Karebet juga dr daerah saya lho😊, cuma 500m dr gerbang tol terindah se-Indonesia kok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here