Honda CB4X Concept, Honda CB600F Hornet Reborn?

3

Sobat MMBlog sekalian, kelas atau pasar motor touring/adventure di dunia, trendnya memang lagi positif, kontras dengan supersport yang stuck dan cenderung turun. Motor tipe touring/adventure adalah motor yang kenyataannya, lebih bisa dipakai ketimbang motor sport, rentang usianya lebih luas, motor lebih operationalable, dan berbagai benefit lain. Honda CB4X, adalah motor konsep Honda yang kayaknya akan membuat pasar ini lebih menggeliat.

Bukan Honda namanya kalau mesin yang ia punya, hanya dipakai di satu atau dua motor aja. Terlebih untuk mesin motor medium, bisa seabrek-abrek variannya! Mulai dari mesin twin 500 CC-nya, ada CB500F, CBR500, dan CB500X. Terus mesin 750 CC twinnya, ada NC750, NC750X, Vultus, dll. Terus mesin 800 CC V4-nya, ada VFR800 dan Crossrunner, nah, mesin 650 CC empat silinder Honda nih belum ada varian touringnya!

Honda CB4X adalah sebuah trigger, yups, sebuah tanda-tanda, sebuah pemicu. Mesin 4 silinder 650 CC Honda ini bisa dibilang sebagai mesin yang oke dipakai di motor apa juga, gak terkecuali untuk motor adventure. Tentunya, ini bisa jadi hal menarik, karena, saat ini, gak ada pabrikan Jepang yang main di motor adventure touring tapi pakai mesin 4 silinder. Kawasaki Versys 650 pakai mesin Inline Twin, Suzuki V-Strom pakai mesin V-Twin, Yamaha pakai mesin Inline Twin crossplane, Honda belum ada, dan CB4X adalah sebuah jawaban.

Honda CB4C Concept adalah motor touring yang jelas banget dibuat dari motor CB650 series sekarang. Mesinnya jelas banget pengen nonjolin keangkuhan dan kegagahan mesin 4 silindernya. Keren dan spesialnya, roda belakang hanya dipampang oleh satu swing arm. Kalau perkaranya begini, mungkin desainernya punya selera kayak desainernya MV Agusta Tourismo Veloce kali ya?

Oia, untuk pabrikan non-Jepang, udah ada Benelli BN600GT, tapi ini gak terlalu nempil sih, dan kayaknya bukan produk Global motornya, lebih fokus di pasar India. Kalau di flashback, Honda pernah punya varian sport half-fairing, sport touring dengan label Honda CB600S Hornet atau Honda CBF600. Nanti akan coba MMBlog ulas di artikel terpisah ya Sob.

Jadi kenyataan gak nih Honda CB4X? Kayaknya sih iya, kayak dulu CB650R pas masih jadi konsep neo sport cafe, nongol juga kan wujudnya sekarang. Okelah, kita pantengin aja dan kita emut-emut dulu berita yang ada sekarang Sob. sekian, dan semoga berguna yah!

3 COMMENTS

  1. Honda global kalau sudah bikin concept bike sih naga naganya ngga lama lagi bakalan muncul versi mass product nya. Apalagi model seperti ini sekarang lagi naik daun, jadi ngga ada alasan untuk honda untuk ngga nyemplung di pasar yg mulai gurih ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here