Serunya Workshop PWR & Safety Riding Bareng Yamaha

0

Sobat MMBlog sekalian, Yamaha Indonesia mengadakan acara workshop “power weight ratio & safety riding” pada hari Sabtu, tanggal 26 oktober 2019. menariknya adalah, acara safety riding ini bukan di tempat seperti parkiran atau fasilitas uji safety, tapi di yonzikon alias Batalyon Zeni Konstruksi, alias area militer! seru dong karena jarang jarang orang sipil bisa merasakan sensasi berkendara di area militer. tenang! para tentaranya disini baik baik kok, ramah dan koperatif. jadi bakalan mantap nih ikutan safety riding yang diselenggarakan oleh YRA (Yamaha Riding Academy). Di komplek militer ini juga aman banget Sob, kalau ngadain event, juoz!

YRA menyelenggarakan acara yang hampir diadakan tiap minggu ini agar masyarakat lebih sadar soal berkendara. karena seperti kita ketahui, kecelakaan motor hampir terjadi tiap hari. hal ini disebabkan oleh sebagian besar mindset masyarakat awam menganggap naik motor itu aman. tidak perlu pake helm, apalagi punya sim C. kalau terjadi kecelakaan, lebih karena faktor kurang beruntung. meninggal sudah takdir. padahal segala kecelakaan motor bisa dikurangin atau bahkan dicegah jika memiliki pengetahuan dasar dalam berkendara motor. oleh karena itu YRA merespon dengan mengadakan workshop ini.

acara ini dimulai dengan edukasi soal power weight ratio yang ternyata mempunyai peranan penting dalam berkendara. seperti contohnya yamaha aerox yang mempunyai weight ratio mendekati 1. kalau di negara maju, power weight ratio menjadi patokan untuk biker biker disana. mengapa? karena motor akan lebih mudah berakselerasi. keunggulan lain pada motor dengan PWR yang baik bisa meningkatkan efisiensi bahan bakarnya karena pengendara tidak perlu memutar selongsong gas berlebih untuk membuat motor bergerak sesuai keinginan. Jadi, sebuah keputusan yang tepat untuk memiliki dan menggunakan yamaha aerox untuk riding sehari-hari. PWR motor itu gak boleh terlalu berat, atau terlalu ringan. Terlalu berat, motor jadi berat berakselerasi, handlingnya riweh, remnya berat kerjanya. Terlalu enteng juga gak oke, karena motor jadi terlalu liar ketika dipakai.

materi selanjutnya adalah materi dasar yang sangat berhubungan dengan berkendara dalam keseharian. mulai menganalisa penyebab terjadi kecelakaan dalam apa yang harus kita lakukan, supaya terhindar dari kecelakaan. ini penting banget Sob buat riding motor sehari hari. workshop ini berlangsung tidak satu arah, tetapi mengajak masing masing peserta beropini, berdiskusi dan bertanya. dijamin nggak bakal ngantuk deh ikutan workshop ini. Mantaap bener!

tentunya tidak hanya diajarkan teori saja loh. ada prakter langsung di lapangan. jadi, apa yang sudah dipelajarin langsung dipraktekan. praktek di lapangan terbagi 2 sesi. mengendarai motor dengan beban berat (sekitar 19 kg) dan tanpa beban. tentunya, mempunyai perbedaan yang signifikan berkendara dengan beban berat dan ringan. diharapkan peserta dapat memahami dan lebih berhati hati dalam gaya berkendara. Instrukturnya ada rider profesional idola MMBlog, Mas Setyo yang emang udah jago banget bawa motornya Sob. Ternyata memang benar Sob, motor yang dikasih beban berlebih atau PWR nya kecil akan ngaruh ke tarikan, ke handling, dan ke sektor pengereman. Ketika beban dicabut, motor yang digunakan yakni Yamaha Aerox, secara defaultnya, lebih terasa enteng secara tarikan, lincah secara handling, dan presisi secara braking.

sesi berikutnya adalah sesi slalom dan mengerem yang benar. tenang! YRA sudah menyediakan berbagai macam motor untuk praktek. mulai dari freego, lexi, nmax, aerox, xride hingga yamaha r25 terbaru! enaknya, peserta bisa bebas memilih motor yamaha yang disukai. bahkan bisa bergantian sepeda motor loh! asik kan praktek sambil nyobain semua motor yamaha?  gimana? asik kan? terus syarat ikutannya bagaimana? cukup punya SIM C, temen-temen berhak ikutan acara ini!

Bagaimana cara daftarnya? gampang kok. kamu tinggal ke situsnya https://www.yamaha-motor.co.id/sys/yra/schedule lalu pilih jadwal tanggal sesuai keinginanmu dan klik daftar. Mudah bukan? ayok! kapan lagi bisa ikutan acara ini. Semoga bisa jadi tambahan referensi buat temen-temen yang pengen ngasah skill berkendara yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here