MMBlog Trip To Pangandaran Via PanSela, Trek Yang Menjanjikan! Bikers Kudu Coba!

33

Intro

Sobat MMBlog sekalian, udah lumayan lama MMBlog enggak bikin artikel tentang report perjalanan. Nah, alhamdulillah, kemarin, weekend lalu, akhirnya MMBlog ada kesempatan lagi untuk melakukan short trip ke sebuah destinasi wisata di Jawa Barat. Pangandaran, mungkin temen-temen udah enggak asing dengan pantai ini. Tapi  rute-nya, ini yang mungking agak asing atau belum umum. Yups, MMBlog menjelajah dengan melewati rute PanSela atau Pantai Selatan Jawa!

Rute Pansela adalah rute yang jujur Sob, MMBlog sebenernya udah penasaran banget, pengen banget dicoba dan dilalui. Mulai dari Browsing hingga lihat video di Youtube, trek Pansela tampak begitu menggoda dan menarik. Oke, diputuskan ke Pangandaran melalui rute ini, sebuah rute Coastal Road di Pulau Jawa yang kenyataannya, gak kalah eksotis dengan rute Coastal Road di pulau lainnya.

Personil yang berangkat adalah saya sendiri, MMBlog dan sahabat lama MMBlog, Bro Ihsan. Berduaan aja Sob, soalnya personil yang lain berhalangan untuk join. Motornya? MMBlog menggunakan Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer S2 dan Ihsan Menggunakan Mas Karebet aka Yamaha MT25 (Full Upgrade MT-03). Loh? Kok Ihsan pakai Karebet Yamaha MT25? Padahal tahun lalu pas ke Ciletuh pakai Yamaha Scorpio Steko 2004? Pio sepuhnya lagi kurang Fit Sob, lagi minta jajan, hehehe, yaudah, toh Karebet juga perlu pemanasan, bisalah di gaspol.

Berangkat kamis malam, bermalam di rumah MMBlog di Cisarua, biar gak kemakan banyak waktu pas Jumat pagi kalau dari Jakarta Sob. Tikum di SPBU Gas Alam, weleh, dari situ ke Cisarua bisa cuman sejam loh, wkwkwk, berangkat jam setengah 10, sampe sana jam setengah 11. Khan maen kolaborasi Karebet dan Mas Moel :mrgreen: . padahal ridernya bermata kotok semua yang kalau malem udah rabun memang Sob.

Jumat pagi, MMBlog dan ihsan berangkat dari rumah di Cisarua jam 7 pagi. Suhu pagi mungkin tembus 15 derajat celcius, dinginnya mantap bener! Beruntung motor injeksi mah di starternya gampang. Suara dua dan empat silinder dari mesin Yamaha menyaut memecah keheningan pagi itu. Hmm, udah siap nih? diskusi semalam, MMBlog dan ihsan memutuskan untuk melewati rute Cibeber – Sukanegara – Sindangbarang untuk melaju ke PanSela.

Contents

33 COMMENTS

  1. Trek agrabinta-sukabumi sama ga enaknya dgn sindangbarang-cianjur
    Paling enak ya terusin sampe surade – pl.ratu – cikidang – bogor
    Pilihan kedua cijayanti – ciwidey – cimahi

    • Nah, mantap mas, suwun masukannya. Iya kalo surade – pelabuhan ratu udah pernah juga mas, tapi ke arah sebaliknya. Cakep sih.

  2. keren pisan mas, saya jadi kangen jalur itu…saya baru sampe pantai santolo dua bulan yg lalu, dari cileungsi via jonggol, cianjur,sindang barang sampe santolo. butuh waktu 12 jam pake motor bebek 110 cc. setelah baca tulisan ini bikin saya tambah semangat buat lanjut ke pangandaran via pansela…makasih buat racunnya maaasss.

  3. Bang kalo gimana kalo touring pake mobil, jalan sama fasilitas pendukung nya ok gak jalur selatan itu? trus bagi masyrakat yg awan tentang jalur selatan jabar pasti mikir keamanan, gimana jalur nya aman gak?

    • Pake mobil sih Ok aja. Tapi kudu extra sabar dan ati2 pas lewat jembatan. Keamanannya sih mantaplah.

  4. Mantebs mas touringnya, sayang amat yak sampe sana sekedipan mata doang trus balik lagi😁. Sy d jateng n temen2 sy (yg udah bapak2 smua😊) d jkt smua, setaun skali biasanya kita agendakan touring, taun lalu Bromo taun ini kemaren k Dieng. Kita jalan belasan motor.

    Asli emang obat stress ini….
    Joss banget FZnya.

    Ojo lali ngundang tukang urut mas😉😊

    • Mantap mas aris. Suwun udah komen. Iya mas, setahun sekali cukup banget untuk touring, hehehe. Yg urut istri nih mas, wkwkwkwkwk. Sekalian urut yg lain 🤣

  5. Sering” bang Vandra buat artikel kayak gini, jadi pembeda dengan blogger lain. Kalo foto” tempat/jalannya lebih banyak lagi pasti lebih seru lagi bang saya bacanya, asal jangan video aja soalnya saya fakir kuota, wkwkwk

  6. mas nanya dong, itu tangan sohibnya kenapa sampe sakit, apa mt25 kurang cocok buat trek ajrut-ajrutan kaya trek cibeber-sindang barang? saya minat pisan sama mt25 seken.

  7. Hahaa, jalanan dari cianjur-sukanegara emg bener tuh bikin mood ilang Mass, ane klo bukan mau coba jalur baru ke Ciwidey mah mgkn mending lwt jalan biasa via bandung dah hahahaa..!
    Sayang bangett mass puncak guha n ranca buaya bisa kelewatan gitu, pasti keasikan ngegas yaa hahaha.. duh ane makin penasaran pengen jajal PanSelA nihhh duhhhhh….

  8. Di cikalong, nama jalan yang lurus panjang cor itu namanya “Jalan lempeng (mulai dari desa pangkalan, cidahu, dan terakhir yang tikungan patah langsung jembatan kecil itu namanya desa Cirojeh) ngakak pas baca disini tekor…

    Masih berpasir kah di jalannya mang vandra?
    Jalan terus sampai nemu jembatan panjang dan muara (kalau musim kemarau air nya hijau) itu namanya “Sasak Ponton” Muaranya namnya “Cimedang”
    Jalan terus sampai daerah kalapa genep di situ ada wisata pantai poponcol/karangtawulan, Pantai pada bumi, dan lain lain yang mang candra photo itu salah satu nya shooting di pantai pada bumi view nya ke yang ada batu karang itu ke pantai karangtawulan.
    Sayang di sana rame nya hari besar doang, kalau hari biasa sepi, ga ada warung makan, paling ada warung bakso dan es kelapa muda dan warung biasa itupun kalau kebetulan warung nya buka, kalau ga ya cuma bisa buat duduk doang warung nya.

    • Wah, mantap masukan dan input serta responnya mas. Iya mas, tekor euy gak bisa belok, iya ya mas, jumat aja sepi euy pantainya. Top mas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here