Mesin Motor Lama Yang Keren, Sekarang Biasa Aja, Terus Motor Listrik

21

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog sempat melihat sebuah iklan di forum jual beli motor besar Facebook. Motor yang dijual bisa dikatakan sebagai motor yang rare/langka dan juga unik. Honda VTR250, motor Honda yang hadir pada tahun 2000-an awal, punya desain keren, dan yang gak kalah mantep, menggunakan mesin DOHC, V-Twin 250 CC. Status motor ini adalah JDM alias Japan Domestic Market, dijual di forum itu juga kosongan.

MMBlog jadi ke flashback, betapa seru dan asyiknya rider yang aktif di tahun-tahun itu. Banyak sekali disuguhi motor dengan mesin yang platform-nya OKE punya. Gak perlu CC besar-besar, tapi cukup dengan variasi platform mesin yang menarik. 250 CC empat silinder, 400 CC empat silinder, 125 CC V-twin, 250 CC V-Twin, diomongin aja enak, gimana dipakai dan dirasa oleh panca indera?

Sekarang? Yang terjadi adalah pergeseran. Mesin motor yang unik dan keren bisa dibilang udah enggak ada lagi di CC kecil. Yang terbaik saat ini adalah mesin CP2 Yamaha di Yamaha MT07, Tracer 700, dan XSR700. Dibawahnya? inline dua silinder dan satu silinder, ya hanya itu. Kecuali masbro orang Jepang atau Orang Asia Tenggara selain Indonesia, mungkin masih bisa merasakan nikmatnya Honda CB400 Super Four baru.

Itu sekarang, lalu gimana dengan masa depan? Mesin bakar akan mulai terkikis eksistensinya, dan digantikan dengan mesin baterai. Kalau ini jelas, hanya ada satu karakternya, pelan, sedang, kencang, gak ada platform apa-apa, yang ada gimana caranya bisa melaju lebih jauh, lebih enteng, dan lebih murah. Gimana Sob? opinimu?

21 COMMENTS

    • Mo yang bukan itu itu aje?
      Silahkan bikin sendiri.
      Pabrikan hitung efisiensi. Ngehidupin banyak orang (mbah darmo sebut rayap). Pabrikan juga mengkuduin penuhi regulasi.

  1. Salam bro Van..Untuk platform mesin elektrik/batere saya pikir kita belum siap. Lah manajemen sampah bengkel berbasis petrol aja masih banyak yang ngga bener, .. trus manajemen batere yang kandungan racunnya lebih tinggi gimana? Pengepul aki bekas yang sempat diangkat beritanya oleh banyak blogger saja baru puncaknya gunung es..plus.. kebayang rider yang ngga siap dengan torsihngerih’ yang sudah muncul sejak 0-1kpj.
    Disini; kendaraan elektrik? Masih sekedar hype… mau lawan mafia otomotif yang yang bersimbiose mutualisma dengan produsen produk petrol? Sulit..
    Padahal; Zero,Energica cukup menggoda ya..😘

    • Silahkan beli mas. Tanya ke blogger kondang via email. Pasti direspond n dibantu. Janjiin ke doi besok silahkan test n jajal. Pasti ngiler juga doi.

    • Mantab masbrodab. Anda pribadi yang menghargai kehidupan. Pribadi yang sadar sebagai makhluk Tuhan yang akan mewariskan alam lingkungan dan ilmu pengetahuan kepada anak cucu. Bukan pribadi yang terkurung oleh hobi & hasrat personal sesaat. Mantab Gandhozzz Djiwa Listrik tenan 👍👍😂😂

  2. Itu karena motor listrik masih dalam tahap permulaan mas untuk skala masif.. Motor bensin pun begitu.. Perlu waktu cukup lama semenjak mesin bensin popular untuk akhirnya keluar konfigurasi aneh aneh… Saya yakin nanti pun motor listrik akan keluar varian varian, misalnya motor listrik langsung di roda dan 2WD..atau siapa tau akan muncul varian motor listrik baru sama sekali yang tidak memakai medan magnet.. Tapi yang jelas suaranya hening semua.. Hehehe

  3. Dg motor elektrik Hidup akan terasa hambar om,
    Karena mendengar deru dan raungan mesin, serta merasakan getarannya itu suatu kenikmatan yg tak tergantikan bagi petrol head macam kita

    • Oke sabar saja. Pasti dikupas tuntas. Mo berapa jilid? Ni blogger bukan cari hitz yang sekadar bahas motor baru pabrikan itu itu. Passion will be fullfiled here masbro…

  4. Persetan semua itu. Orang kecil gak tau kubikasi besar kecil. Gak kenal konfigurasi & Sensasi. Yang di kepala cuma nasi. Buat hedop saban hari. Sama anak bini. Sampah rumah tangga saja gak kepikir ngelolanya. Asal hilang dari depan mata.
    Persetan semua itu. Yg paste paste aje. Mo bbm mo listrick dunia paste ancur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here