Balada Pasang Katalis – Riding Tanpa Silincer, Mesin Sih Gak Rusak, Tapi Citra Ente Yang Rusak

15

LANJUT

mas moel hanya sekedar ilustrasi

Rasa penasaran pasti hadir di benak MMBlog. Ini motor gimana ya suaranya tanpa silincer? MMBlog browsing, fenomena ini ternyata beken dengan sebutan Motorcycle Straight Pipe, atau Motorcycle Without Muffler. Cara atau gaya begini ngetrend di alay-alay atau squid rider di Amerika. Oke, coba nyalain ah, dan “BRRRRRROOOOOOOOOOOOONNNNNNNGGGGGGGGGGG!!” Gila! Asli gila, ini motor suaranya jadi bacot kalau kata anak sekarang :mrgreen: . coba aja dengerin nih suaranya di bawah:

Tentara yang lari pagi langsung pada nengok. Sepuh di komplek juga jadi keluar pager, wuaduh :mrgreen: . yaudahlah, toh juga bentaran doang, sampe mesin anget, MMBlog keluar komplek buat manasin dan langsung pulang ke rumah :mrgreen: . asli, ini suaranya kacau banget Sob, padahal pake katalis, gimana enggak yak? Ngebrong bener, kata emaknya naya kayak motor rusak, enggak ada enak-enaknya di kuping.

Tapi jujur, buat MMBlog pribadi sih, yaaa, gimana ya :mrgreen: ada rasa seru juga :mrgreen: garang banget dan dilihatin orang :mrgreen: . apalagi kalau diajak riding jerit-jeritan, geber-geberan, aje gile mantep bener suaranya itu :mrgreen: . kalau buat di sirkuit sih, beneran cocok dah, mantap abis! Tapi buat di jalanan? Bikin citra kita rusak. Jadi gini ceritanya.

Balada part ini gak PnP, mengharuskan MMBlog untuk mencari pengrajin knalpot yang oke dan jaraknya dekat. Di dapatlah, di pramuka dan di tebet. MMBlog coba ke pramuka dengan Mas Moel yang ngebrong, ternyata mereka gak siap, lanjut lagi ke tebet, dan ternyata mereka siap, tapi mereka minta MMBlog bawa Mufflernya, biar bisa di setting pas, walah, jadi bolak-balik dah. Nah, selama bolak balik inilah cerita intinya.

Bawa motor ngebrong, ternyata memang dilihatin orang. Tapi dengan muka yang enggak senang. Rata-rata sinis, apalagi pas ke tebet, masuk komplek dan pasar, aje gile mata emak-emak sangar bener, mendem itu suara knalpot :mrgreen: . takut Sob, takut ada yang nyumpahin, padahal, suaranya masih padat ala empat silinderan. Beda pas Mas Moel dipasang Akra, banyak yang nyapa, banyak yang buli bison modif, dll, ya jadi hiburan lah. gimana yang 2 atau satu silinder ya? MMBlog pribadi aja kalau ada yang tanpa muffler itu apalagi 1 silinder, lumayan kesel Sob.

Di Tebet, pengrajin itu langsung memanjangkan Katalis yang kependekan, di setting-setting, dan wih! Cakep juga nih, hasilnya rapih, mantap, dan akhirnya bisa kepasang dengan manis di Mas Moel. Biayanya, cukup 100 Ribu Rupiah aja, luar biasa Indonesia yah Sob, pengrajin begini yang kerjanya rapih banget itu dengan ikhlas menyebut nomina 100 ribu dan kerjanya juga rapih, dan enggak gampang juga lho. Coba di Eropa, Amerika, atau Jepang, berapaan ini? :mrgreen: .

Suara Mas Moel dengan Akra pas pasang katalis memang agak “mendem”, tapi masih tetap lantang, walaupun di RPM atasnya jadi enggak terlalu teriak. Teruji SAH, dan emaknya Naya gak ngeluh bau emisi lagi, gile, ngaruh juga ini katalis yak ternyata :mrgreen: . Yaudah, akhirnya nurut sama keadaaan. Istri senang, dan lingkungan jadi lebih tenang. Gimana Sob? panjang ya ceritanya? Ada yang sependapat atau bersebrangan? silahkan komenmu Sob.

Contents

15 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here