Balada Pasang Katalis – Riding Tanpa Silincer, Mesin Sih Gak Rusak, Tapi Citra Ente Yang Rusak

15

Intro

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, tepatnya sih udah bulanan, wkwkwk. MMBlog akhirnya kalah dengan tuntutan emaknya Naya yang selalu berkeluh kesah ketika di bonceng oleh Mas Moel aka Yamaha FZ6 Fazer. Ketiadaan Catalytic Converter (dari beli seken tahun 2017 udah enggak ada), membuat gas buang berbau relatif menyengat. Kalau dibonceng tapi rambut enggak masuk ke dalam jaket, niscaya bakalan bau kayak bau bensin, udah gitu baju juga jadi bau. Ngalah dan untuk kebaikan juga, akhirnya dibelilah Catalytic Converter.

Lihat-lihat di website yang menjual Catalytic Converter Fazer baru, lumayan shock ketika tahu kalau harganya 960 US Dollar, modyar gile bener hampir 15 juta 😥 . yasudahlah, berhubung Yamaha FZ6 adalah “Vixion” nya Eropa dan Amerika, kita cari copotan aja di Ebay :mrgreen: . Ketika “Yamaha FZ6 Catalytic Converter”, muncul beberapa opsi, wah kurang banyak nih, mungkin keywordnya kurang oke? Oke ganti “Yamaha FZ6 Mid Pipe” dan WIH! Ada banyak yang jual ternyata! Harganya juga bervariasi, mulai dari 300 rebu sampai 800 rebu, ya ambil yang paling murah plus ongkir paling murah juga lah :mrgreen: .

Langsung transaksi, dan oke! Gak pakai lama, ini seller oke juga, langsung di shipping! MMBlog beli dari US, dan shippingnya lagi dan lagi, pakai USPS, hadeuh, alamat gak dikirim ke rumah nih, dan kudu bawa invoice ke Bea Cukai Pasar Baru, buat ambil langsung barangnya. Gak lama, bener Sob, itu barang sampe di Pasar Baru, totalnya 750 rebuan lah :mrgreen: . Horeee, dapat Cat copotan masih seger! Kok di jual ini barang? Motornya di US abis crash, baru dipakai 25.000 Km, biasanya di US ya gitu, abis crash ya motor dipretelin, dijual ketengan.

ini dia midpipe dengan katalisnya

Oke, begitu ada waktu enak, bongkar bagian belakang Mas Moel, lepas knalpotnya, dan lepas midpipe yang gak ada Cat-nya itu. Kondisi buritan Mas Moel ternyata oke juga nih, emang ada baut yang enggak seragam sih, wkwkwk, tapi ya gak apa-apa lah :mrgreen: . pasang katalis-nya, dan waduuuhhh, gak taunya gak PnP, looohhhh? Gimana ini? Kok bisa? Padahal punya FZ6 kan? Ini kok gak bisa nyantol di breket atas katalisnya? Berasa kependekan gitu, waduh.

kiri midpipe mas moel tanpa katalis

Telisik punya telisik, ternyata ini adalah Katalis punya FZ6 S1, bukan FZ6 S2. Kode partnya aja beda Sob :mrgreen: . FZ6 S1 adalah FZ6 yang di produksi tahun 2003-2006, S2 2007-2010. Weleh, yawislah, pasang begini dulu, solusinya? Ya panjangin aja lah di pengrajin knalpot, daripada nunggu dan beli lagi, wkwkwk :mrgreen: . praktis, selama beberapa hari, MMBlog bawa Mas Moel hanya dengan header dan midpipe, silincer Akrapovic SP Series kembar itupun istirahat sembari MMBlog bersihkan. Ah, lanjut lagi ke artikel inti.

Contents

15 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here