Razia Dengan Motor Sport, Segera Hidupkan Kedua Lampu!

47
kalo ini aman

Sobat MMBlog sekalian, operasi patuh yang dilakukan oleh Polri selama hampir tiga pekan ini, nampaknya membuat jantung pengendara motor jadi lebih bergejolak. Gak bisa pungkiri, tiap razia, ketemu pak polisi, biarpun semuanya lengkap dan sempurna, rasa deg-degan pasti ada. MMBlog pun merasakan hal yang sama soalnya Sob :mrgreen: . Makanya, untuk yang riding pakai motor sport varian agak lama, ini tips agar gak diberhentiin oleh pak polisi.

Motor sport fairing, dengan split headlight varian agak lamaan, biasanya hanya ada salah satu lampu saja yang menyala. Untuk motor umum di Indonesia, yang kayak begini ini adalah Yamaha R15 generasi lama, Yamaha R25 generasi awal, Kawasaki Ninja 250Fi. Kalau moge, yang split headlight dan halogen, semuanya pasti hanya salah satu aja yang nyala. Lalu, gimana? Apakah jadi perkara? Ternyata ada juga kasusnya Sob, R15 ketilang gegara hal ini.

Minggu lalu, ketika ke Sumarecon Mall Bekasi, MMBlog berhadapan dengan empat razia :mrgreen: . Dua razia dilewati dengan siap, dua lagi karena kekonyolan, nanti ane ceritain. Nah, dari jauh, ciri-ciri ada razia adalah sebuah penumpukan kendaraan, janggal aja, di jalan yang relatif sepi, tiba-tiba ada penumpukan, dan dari jarak sekian puluh meter, ada yang berhenti :mrgreen: . dari sinilah temen-temen udah kudu action.

Idupin lampu jauh!

Sama jangan grabak grubuk sok ngeles, udah di kiri jalan aja, pepet aja pak pol-nya, deg-degannya makin jadi sih emang :mrgreen: . tapi dengan melakukan hal ini, MMBlog jadi gak diberhentiin, disuruh jalan terus :mrgreen: . tentunya, plat nomor juga dipasang di depan yah. MMBlog kutip dari Motorplus:

“Kalo lampu utama 2 maka 2 harus menyala, kalo lampu utama 1 maka 1 harus menyala, karena disebut lampu utama. Kecuali ada pengkhususan lampu tambahan,” sambungnya (Kasubdit Gakkum Ditlantas Polri).

Karena lampu dari Yamaha R15 yang kena tilang adalah generasi pertama, walaupun itu bawaan pabrik tapi karena lampu utamanya berjumlah 2 maka keduanya harus menyala. (1).

Gimana Sob? pernah ada pengalaman begini? atau satu lampu juga lolos? Semoga berguna yah!

47 COMMENTS

  1. Yg paling ngeselin lampu utama pasang saklar on/off,lupa tekan on di tilang dah,sekarang balik saklar AHO lampu Led putih (lampu dekat) sorot ke bawah aman

  2. Sebenernya ini yg bego tuh polisi nya, pabrikan nya, yang bikin undang2 nya, apa rider nya? Ato malah semuanya?

    Jelas pabrikan udah mengajukan uji tipe ke kemenperin dan dinyatakan laik jalan. Polisi juga udah menerbitkan BPKB dan STNK. Rider tinggal punya SIM dan make motornya di jalan. Eh ditilang alasannya lampu kudu nyala dua2nya.

    Indahnya Indonesia :mrgreen:

  3. Pernah denger cerita, gak ngidupin lampu jauh ketilang juga, apakah yang dimaksud lampu utama tuh semua lampu harus nyala? Motornya r15 v3 mode lampu dekat

  4. Ada satu istilah namanya “diskresi”.
    Ini adalah kewenangan petugas dilapangan utk memutuskan apakah suatu hal itu melanggar atau tidak, meskipun sudah ada aturan baku yg berlaku (UU atau peraturan resmi lainnya)

  5. Bener itu om Van, lgsg aja mlipir ndeketi pak pol… Alih2 diberhentikan… Malah suruh terus jalan…*asal komplit. Lampu nyala, spion berdoa, helm…

  6. Pake ktm rc repot dong. Posisi motor jalan lampu deket yg nyala. Tekan tombol lampu jauh ya cuma lampu jauhnya aja nyala, lampu deketnya mati.

    Masa harus tekan tombol dim terus…. 🤣🤣

  7. sebelum produk itu dijual/dipasarkan tentunya ada pendaftaran produk di kementrian perdagangan. yang jadi pertanyaan , apakah pihak terkait dalam hal ini kepolisian, DLLAJ ikut dilibatkan dalam hal menguji kelayakan calon produk baru? apakah sdh “sesuai UU”? saya yakin kalau dilibatkan pasti tidak ada kejadian semacam itu.

    contoh, mobil jadul dengan 4 buah headlight (2 dekat, 2 jauh) apakah harus menyala keempat-empatya?

  8. kemaren sih wkt keluar rumah agak jauhan, full gear + si Vario Highbeam terus. drpd apes kena 150rb buat tilang mending HighBeam terus, bahkan MX King pun gw Highbeam skrg klo berangkat kerja.

    • Kalo bisa sih jangan high beam terus bro, takutnya ada yg ngedoain ente jelek karena kena silau.. ya contohnya gw, suka kesel aja sih, walau siang2 kan LED lampu jauh tetep bikin silau. enggak sadar dalam hati kecil ngedoain doi kena celaka, hihihi

  9. Kalau operasi / razia nya malem apakah harus selalu high beam (pake lampu jauh)🤣

    Terus kalau kena tilangnya karena kamera CCTV bagaimana?
    🤣

    Welcome to my country 😎

  10. dlu sih sering banget lolos 3x malah, motor r6 lawas 2011 knalpot full system tp pakai db killer, silencer nya panjang jd kalau idle ga kedengaran knalpot racing, tp semua lengkap dr spion sma lampu, cuman pernah dikasih tau kalau plat nomor ditaruh belakang visor, visor nya jangan yang smoke terus disuruh jalan lagi deh. emang kondisional kaya nya polisi nilang kaya gini bisa juga polisi nya lagi sensi wkwkwk

  11. Menurut gw 100% salah pabrikan.. Di luar negeri, motor dipakein mata kucing karena peraturannya begitu. Lah di sini pabrikan seenaknya bikin lampu nyala sebelah, ga menghargai konsumennya yang suatu saat bisa kena tilang

  12. Katanya highbeam sehingga menyilaukan pengendara lain dapat hukuman,apalagi penyebab kecelakaan
    Terus pasang lampu tambahan kena tilang,karena belum uji tipe
    Ini ko aturan bisa tabrakan gini?
    Jangan2 nanti lampu hazard & sein pun harus nyala terus
    Biarkan bang leopold sebagai ahli hukum berbicara
    Dan aktivis lingkungan berkomen,krn dikit2 jg nambah global warning tuh nyalain lampu siang2

  13. Harusnya sih aturan lampu ini cukup jadi aturan yg bersifat peringatan(bukan bersifat hukuman) oleh pak pol, jangan ditilang. Nah kalo, misalnya apes di tengah jalan lampunya putus lalu mati, kan kita gak sadar, masa ya kena tilang?

    • Sy prnh ngalamin bang, dr rumah lampu msh nyala, tp dlm perjalanan trnyata lampu mati. Lha krn siang hari, g kliatan klo lampunya mati. Itu kena tilang jg lho. Sudah give arguments pd pak pol, tp ttp aj di tilang. Serasa g adil klo kyk gini. Lha wong bnr2 g tau. Klo mlm hari, jelas tau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here