Yamaha Xenter 125, Rival Honda SH Yang Akomodatif!

14

Sobat MMBlog sekalian, sebenernya, artikel ini udah ada dari lama :mrgreen: . Hanya saja, MMBlog lupa Sob mau publish πŸ˜† . bukan artikel update perkembangan terbaru tentang motor, tapi ini lebih ke pembahasan motor yang unik, sebuah skutik yang MMBlog demen, skutik dengan pelek 16 inci. Ternyata Yamaha juga punya dan masih diproduksi sampai sekarang Sob, namanya Yamaha Xenter 125.

Pasar scooter matik 16 inci di Eropa adalah pasar skutik yang udah lama kebentuk dan enggak pernah padam (udah kayak lagu sandi sundoro :mrgreen: ). Suzuki, pernah bermain di segmen ini dengan varian mereka Suzuki Sixteen 125 dan Suzuki Sixteen 150, tapi sayang enggak berlangsung lama. Honda bermain juga dengan varian Honda SH150i dan Honda SH125i, sampai sekarang kalau ini. Yamaha juga hadir dengan Yamaha Xenter 125, sampai sekarang.

Sesuai dengan namanya, Yamaha Xenter 125, motor ini mengusung mesin 125 CC, berpendingin cairan alias radiator, SOHC, dan menggunakan 4 klep, hmm, gak ada informasi pake VVA atau enggak, tapi kalau melihat profilnya sih kalau masuk Indonesia bakal masuk ke mesin Blue Core. Bore x strokenya 52 x 58,7 mm. Dengan rasio kompresi 11:1, Yamaha Xenter 125 bisa mengeluarkan tenaga hingga 12,3 HP pada 7500 rpm.

Secara desain, Yamaha Xenter 125 adalah skutik yang mengusung tema elegan nyentrik. Motor hadir layaknya skutik pada umumnya, bukan maxy scooter. Dek-nya rata, berarti bisa bawa bawa barang banyak.Β  Speedometer digital tapi nih, full digital! Daya akomodasi gimana? Ternyata, Yamaha Xenter 125 hanya dibekali oleh kompartemen yang enggak terlalu besar, ada di dekat speedo dan bagasi di bawah jok yang sepertinya hanya cukup untuk nampung jas hujan doang.

Ngomong-ngomong, Yamaha Xenter 125 adalah skutik 16 inci yang menggunakan suspensi monoshock untuk suspensi belakang. Di saat rivalnya menggunakan sok stereo, ini pakai monoshock, hmm, mungkin bantingannya lebih nyaman dan lebih stabil? Entahlah, kudu di cobain langsung, tapi kudu ke Eropa dulu, karena ini motor adalah produk Yamaha Eropa Sob, di sana dijual 40 jutaan, lumayan? Gimana? Yamaha Xenter 125? Semoga bisa nambah wawasan dan cakrawala temen-temen di dunia permotoran yah!

Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

14 COMMENTS

    • Ergonomi nya gimana nih mang? Keknya vario bangad deeegh….. Ga bakal laku dimari mang. Paling terjual dua tiga unit za di each hometown laaagh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here