Service dan Benerin Mas Moel (Yamaha FZ6 Fazer S2) di Bang Aminsyahnur Klinik Motor, MEMUASKAN!

12

Sobat MMBlog sekalian, punya moge atau motor yang udah relatif berumur, sebenernya hal ini bukan tanpa kendala. Kayak yang baru aja MMBlog alami, Yamaha FZ6 Fazer S2 aka Mas Moel, udah beberapa minggu ini tidak dalam kondisi sempurnanya. Emang apaan masalahnya? Idle atau langsam dari Mas Moel diluar batas wajar, kalau baru di start, idle ada di 1500 Rpm, harusnya setelah 57 derajat suhu mesin, idle turun ke 1100-1200, lah ini? Malah naik jadi 2000 rpm, kalau panas malah 2500, waduh!

Kalau motor begini, tentu riding jadi enggak enak, apalagi kalau macet. Disangka jadi orang paling songong se-jalanan :mrgreen: . belum lagi, suhu mesin jadi lama turunnya, radiator jadi bekerja lebih keras, kesian lah intinya 😥 . hmm, kayaknya emang kudu masuk bengkel, perkara begini kalau MMBlog yang bongkar sendiri, yang ada malah tambah ancur 😆 . oke deh, gelandang ke bengkel!

 

View this post on Instagram

 

Kudu diopname emang ?. #Yamaha #YamahaFZ6 #Fazer #FZ6Fazer #Moge

A post shared by Vandra Risky (@monkeymotoblog) on

Oia, biasanya, MMBlog melakukan service di bengkel Yamaha DDS Cempaka Putih. Udah dua kali service di sana, hasilnya OK. Tapi ini Mas Moel dalam kondisi yang lagi kurang FIT, dan MMBlog pengen nyoba cari suasana baru. browsing-browsing, bengkel moge yang terkenal dan sering jadi rujukan adalah bengkel Klinik Motor yang di punggawa-in sama Bang Aminsyahnur, berlokasi di Jaticempaka, Bekasi, asli MMBlog bela-belain riding ke sana pake Mas Moel.

Bang Amin, sapaan akrabnya, adalah mekanik moge yang beken dan terkenal karena tangan dinginnya bikin motor canggih yang mati total, bisa hidup dan sehat lagi. Ada juga blogger yang punya Suzuki GSX-R Moge, motornya brebet, sama Bang Amin, motornya bisa sehat walafiat lagi, belum lagi, testimoni temen-temen FB yang rider moge juga selalu positif ke service atau treatment yang dilakukan oleh Bang Amin, wah.

rembes

Sampai di Bengkel Bang Amin, MMBlog ceritakan ke Bapak yang ramah dan santun ini perkara Mas Moel. MMBlog juga ceritain, ada intake yang bocor, dsb. Yaudah, namanya aja Klinik Motor, bagusnya emang motor nginep, wkwkwk, jadilah Mas Moel nginep di sana :mrgreen: . service demi service, bongkar dan bongkar di lakukan. Ternyata ada beberapa hal yang patut di cermati. Bener, intake ada yang bocor, sama Bang Amin dibikinin paking, dari paking kertas. Klem-Klem-an dari Throttle body ke intake juga gak rapet, akhirnya dirapetin.

Data trouble history Mas Moel di reset, Cuma kebaca ada code kalau aki pernah soak, wkwkwkwk. Bener banget, ini mas Moel baru ganti aki Sob, beli 1,3 Juta 😆 . Throttle Body di service dan injektor di bersihkan. Cara membersihkannya ini keren masbro. Bang amin, custom alat service-nya, kalau di banyak bengkel dilakukan yang namanya infus motor injeksi dalam kondisi motor hidup (semuanya terpasang). Kalau di bengkel bang amin, “infus” nya dilakukan ketika throttle body dicopot, hasilnya? ngejos!

Selang 2 hari, di kabarin ama bang amin kalau Mas Moel udah sehat, idlenya konstan di 1100 rpm sebagaimana asli dan defaultnya. Bener Sob, pas MMBlog ambil, bawa pulang, geber, tetep konstan di 1100 rpm, udah sehat seperti sedia kala. Btw, tarikannya jadi enak bener! Makin enteng, gawat karena bawaanya pengen buka gas terus! Btw, Bang Amin ini juga punya alat scan buat moge-moge loh Sob, ajaib memang :mrgreen: . Kalau moge Yamaha gak perlu pakai alat scan, semuanya dilakukan di speedometer.

Nah, buat temen-temen yang punya moge dan trouble, atau pengen service dengan hasil yang memuaskan, temen-temen bisa sambangin bengkel Bang Amin di Jalan Mesjid, Jaticempaka. Atau di Google Maps, ketika aja “Jl. Mesjid No.3”, itu udah di bengkel-nya Bang Amin. Jangan heran kalau ke sana lagi nongkrong Honda CB1000, Virago, Goldwing, GSX-R, R1, yang lagi service atau emang lagi sakit. Abis service-pun, bang amin masih suka nanya, gimana motornya? amankah? dll. MANTEP!

Oke Sob, semoga bisa nambah referensi bengkel Moge temen-temen yah! GASPOL!

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. Jangankan itu. Motor temen gw brebet, koilnya diservis ama Bang Amin. Diservis loh tu koil bukan diganti ?. Sembuh, lancar lagi tu R6…

  2. Kira2 berapa duit sih Mas kalo servis/tune up ringan n sedang buat sebuah moge ntuh? Sparepart brapaan kira2 estimasinya?
    Maklum ane masih rider pekgoh an ini yg ngidam ganti moge suatu hr nanti.

    Matursuwun Mas Vandra.
    Monggo kalo riding2 Salatiga boleh mampir ngopi dimarih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here