Kerennya Fantic Caballero Scrambler, Italy Emang Beda!

2

Sobat MMBlog sekalian, pernah denger pabrikan motor yang bernama Fantic? Bukan Syantik yak, kalau Syantik mah itu judul lagu dangdut koplo :mrgreen: . jujur, MMBlog aja baru tau ada pabrikan motor bernama Fantic. Nah, Fantic, adalah pabrikan motor asal Italia yang umurnya masih muda, pertama kali memulai debut bikin motor pada tahun 1968. Fokusnya, adalah motor enduro/trail, dan baru-baru ini, Fantic meluaskan produk mereka ke ranah motor retro!

Untuk mengklasifikasikan varian mereka, Fantic Motor membuat nama khusus untuk tiap genre mereka. Ya simpelnya kayak Kawasaki dengan W series, dengan Versys series, kalau Fantic, punya varian yang terkumpul dengan nama Caballero. Caballero sendiri adalah sebuah kata dari bahasa Inggris yang diadopsi dari Bahasa Spanyol yang artinya adalah “koboi dari Spanyol”. Atau bisa juga ksatria berkuda, keren juga yak pemberian namanya.

Nah, di artikel ini, MMBlog hanya akan fokus membahas ke salah satu varian Fantic Caballero yaitu Fantic Caballero Scrambler. Ini adalah varian on-road dari Fantic Caballero. Emang kayak gimana motornya? penampakannya, tentu bisa temen-temen lihat disekujur artikel ini Sob. motor emang scrambler banget, tapi sentuhan artistik dan futuristik ala seniman Italia terasa kental! Bisa temen-temen lihat dari pemilihan warna yang menggunakan warna merah, silver, dan suspensi upside-down berwarna emas. Dari sini, udah kerasa banget eropa-nya (maksa gak sih? :mrgreen: ).

Yang kerennya lagi adalah knalpot double barrel yang posisi-nya tinggi ada di samping/bawah jok sebelah kanan itu. Hmm, kalau awam pasti bilangnya panas dsb nih, tapi dengan positioning Fantic yang premium, knalpot ini dibikin dan diracik langsung oleh Arrow loh, gile juga yak :mrgreen: . terus, mesinnya gimana nih? oke gak?

Fantic Caballero Scrambler sebenernya ada tiga varian, ada Fantic Caballero Scrambler 125, Fantic Caballero Scrambler 250, dan Fantic Caballero Scrambler 500 Sob. yang MMBlog bahas yang top of the top-nya aja ya. Fantic Caballero Scrambler 500 sebenernya punya kubikasi bersih 449 CC, kalau digenepin harusnya sih jadi 450 CC, jauh amat yak namanya jadi Fantic Caballero Scrambler 500 :mrgreen: . kebanyakan elu nge-genepin-nye nih.

Mesinnya satu silinder, 4 tak, dengan menggunakan radiator. Mesin ini punya bore x stroke 94,5 x 64 mm, SOHC, 4 Klep, menggunakan injection yang bukan dari Mikuni atau Keihin, tapi dari Athena GET, dengan TB 40 mm. Powernya bisa sampai 40 HP, dan torsinya sampai 43 Nm, lumayan jengat juga. Pakai 6 tingkat percepatan, ini motor pasti ada gigi yang napasnya panjang.  Kaki-kaki dan Suspensinya gimana nih?

Suspensi depannya menggunakan suspensi upside-down dengan diameter as 41 mm, dari merek Fantic FRS, dan mengawal roda 110/80-R19. Suspensi belakangnya juga menggunakan merek Fantic FRS monoshock dan dipadu dengan swing-arm yang memeluk roda 140/80-R17. Tinggi joknya berapa nih? lumayan juga Sob, 82 cm, ada optional joknya yang bikin tingginya nambah jadi 840 cm, wkwkwk. ajaib emang, di saat yang lain bikin jok untuk low seat, ini motor ninggin jok-nya, emang antic ini fantic :mrgreen: .

Gimana Sob? ganteng gak nih? kagak bakalan dijual di Indonesia juga sih. om-om sultan juga males beli, apalagi kaum mending 😆 . oke Sob, semoga bisa nambah referensi dan wawasan temen-temen yah! Fantic? Emang syantic, antic, dan eksyotic yach!

Sumber foto : Fantic Motor

2 COMMENTS

  1. coba ada pabrik lokal yg bikin motor gni ya mas..
    tapi promosi nya jg harus gencar sih..

    pemerintah ga bisa bantu apa yah, setidak nya utk membantu infrastruktur pabrikan tsb misal Viar, supaya setidaknya ada/merata bengkel resmi nya, minimal di Jabodetabek atau di daerah tertentu.. tujuan nya kan toh utk memajukan industri/produk otomotif lokal juga, masa di jajah jepun & eropa terus… hmm…
    pelan2 hrs bisa ubah mindset masyarakat lah terhadap produk lokal (khusus nya utk otomotif yg ane mksd dsni)
    ane pribadi soal nya selalu mengusahakan pake produk lokal, mulai dr sepatu, baju, riding gear dll, kadang pengen jg liat produk otomotif dalam negeri bisa sukses gtu.. jd punya kebanggaan tersendiri kan..

    ASTRA itu perusahaan super besar, kenapa ga coba bikin merek sendiri ya…

    ehhh sorry OOT mas Vand

  2. Sekedar info, konon katanya untuk kubikasi Caballero 125 memakai mesin vixion milik yamaha. Bedanya vixion 150cc (berbeda di piston) hal ini karena regulasi di Eropa dengan di Asia berbeda..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here