Pengalaman Mutasi Motor, Yamaha FZ6 Fazer S2, TangSel – JakTim, 3 Minggu Aja!

26

Sobat MMBlog sekalian, punya motor tapi masih pakai nama pemilik sebelumnya itu kayaknya greget faktornya kurang :mrgreen: . sebenernya sih, owner Yamaha FZ6 Fazer S2 sebelumnya (domisili tangsel) atau Mas Moel mempersilahkan MMBlog untuk meminjam KTP-nya untuk bayar pajak tahunan, toh di tangsel juga gak ada progresif, jadi pajaknya ya memang murah. Tapi gak greget ah, mau bayar pajak aja mesti ke tangsel segala, padahal ada samsat deket rumah (Kebon Nanas), yaudah, diputuskan untuk mutasi dan balik nama aja.

Perjalanan, MMBlog mulai pada hari Sabtu tanggal 15 Juni 2019. Setelah browsing, samsat tangsel tempat Mas Moel didaftarin adalah di Samsat Ciputat. Dateng ke Samsat pas banget sampai jam 8 pagi, pastinya Mas Moel di bawa riding untuk dilakukan esek-esek aka cek fisik. Sekalian satmori, lumayan euy. Oke sampai samsat, ritme-nya, parkir dulu di tempat cek fisik, foto kopi semua dokumen/surat-surat (bilang mau cabut berkas), daftar cek fisik, taruh dokumen di motor, dan langsung di proses. Nomor rangka mah gampang, nomor mesin? Aje gile, tangan kudu silat ama knalpot :mrgreen: . yaudah akhirnya bisa dan oke, tinggal nunggu dipanggil setelah berkas selesai dilegalisir (ada ruang tunggunya). Dipanggil dan ambil berkas. Btw, hari sabtu rame juga yaa, samsat Tangsel ini gede-nya paling seper-sepuluh Samsat Kebon nanas 😆 . tapi rapih.

Kemudian, masuk dan melipir ke loket Mutasi, minta form cabut berkas dulu Sob. abis itu serahin dokumen ke loket TU Polri untuk cek BPKB Online. Nunggu lagi dah, selang beberapa lama, akhirnya dipanggil, dan setelah dipanggil, kita di arahin ke loket Fiskal. Nah disini nih, bakalan ketahuan semua yang kudu dibayar, entah itu pajak, denda, tunggakan, dll. Karena Mas Moel pajaknya udah telah 15 Bulan, akhirnya harus bayar 2,4 Juta Rupiah, yawis, keluarlah ntu duit 😥 . setelah dari Fiskal, dipanggil lagi, ambil dokumen, dan ke loket mutasi lagi untuk serahin dokumen.

Selang beberapa menit, dipanggil lagi, dan dikasih tanda terima aka surat sakti. Kudu dateng pas hari rabu tanggal 19 Juni untuk ambil berkasnya, jadi nunggu 3 hari kerja Sob. yups, tanggal 19 Juni, MMBlog ontime kembali lagi ke Samsat Tangsel. Langsung ke ruang arsip, dan ambil berkas Mas Moel yang ternyata udah dipakai oleh tiga orang sebelumnya, hmm, pantesan jadi agak rombeng ini motor 🙁 . pemilik pertama orang Jak-Bar, Pemilik kedua orang Sunter (orang asing kayaknya), dan terakhir pemilik sebelum MMBlog.

Selama proses di samsat tempat cabut berkas, jangan lupa untuk bilang kalau ini mau dimutasi ke daerah tempat tinggal kita, kalau MMBlog ya bilangnya ke Jakarta Timur. Dan selalu sediain uang dengan berbagai pecahan, ya You know what i mean lah ya :mrgreen: .

Nah, selesai dari sini, MMBlog gak langsung ke samsat JakTim atau Kebon Nanas Sob, lagi ada kerjaan, dan baru bisa ke samsat kebon nanas pada hari Kamis tanggal 27 Juni alias seminggu setelah berkas MMBlog tarik dari Samsat Tangsel. MMBlog datang pagi-pagi untuk cek fisik, dan pas lagi antri di tempat cek fisik, ealah, ketemu sama sahabat blogger Mas Endrik Elang Jalanan, ada-ada ajah 😆 . kalau di samsat kebon nanas, langsung aja antri cek fisik, gak perlu daftar dulu, cek fisik dulu baru daftar, dan bilang untuk mutasi masuk.

Selesai esek-esek, parkir motor, bawa form ke loket mutasi. Bilang mau mutasi masuk, dan nanti dipanggil. Selang beberapa menit, langsung dipanggil, dokumen diambil dan dibawa ke Lantai tiga gedung utama, loket pendaftaran kendaraan baru. minta form, dan kudu turun lagi untuk foto kopi form cek fisik, BPKB, STNK, dan kwitansi 😆 . heran guweh, di samsat kebon nanas kayaknya gak ada istilahnya langsung kelar tanpa kudu bolak-balik foto kopi 😆 . yaudah, setelah selesai semua, kasih ke loket, dan BPKB asli dikembaliin, terus abis itu diminta nunggu kurang lebih 4 hari kerja. Cuss, hari rabu kemarin (3 Juli 2019), MMBlog balik ke samsat. Bener aja, notice-nya udah ada, langsung ke Jasa Raharja di lantai 4, minta stempel, turun lagi ke lantai 3, bayar sejumlah pajak dan bbn sekarang 2,3 Juta, dan STNK Mas Moel yang baru udah MMBlog dapetin, asiiikk! Eits, pelat nomor juga baru, dan kudu di sensor nih, wkwkwkwk. Total biaya hampir 5 juta euy, wkwkwkwk, ya mau gimana lagi 😥

Kurang lebih hampir 3 minggu prosesnya, itupun karena MMBlog gak langsung ngegas ke kebon nanas dari tangsel kan? Cepet dan gampang sih sebenernya Sob. ikutin aja alurnya, mau dikerjain weekend juga bisa kalau temen-temen kerja. Pake biro jasa sih sebenernya praktis, Cuma ongkosnya bisa kayak pajak Mas Moel sendiri bahkan lebih, wkwkwk, sayanglah, mending buat beli aksesoris :mrgreen: . Btw, Mas Moel jadi motor pertama di KK MMBlog, karena sebelumnya, MMBlog udah Blokir Suzuki Thunder, Suzuki GSX-S, dan Honda Win (all motor yang pake nama dan KK MMBlog), lemes ajah kalau Mas Moel jadi motor ke empat, progresifnya enggak banget :mrgreen: .

gaspol lagi!

Untuk blokir mah gampang, dateng ke samsat, minta form, isi, ttd di atas materai, foto kopi, kasih ke loket, beres! Kalau nama sendiri, tinggal bawa badan, KTP, dan KK. Kalau nama keluarga atau orang lain, tambahan surat kuasa ya. gimana Sob? ada pengalaman mutasi kendaraan? Kayaknya tiap daerah beda-beda sih, tapi kaget juga, ternyata nunggunya gak sampai berminggu-minggu ata berbulan-bulan, cepet aja sekarang! Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen yah!

26 COMMENTS

  1. Calo yang hanya bermodalkan bolpoint & kemeja dapet untung 1 pasien minimal 100ribuan apakah masih ada di 2019 ini van?

  2. Semakin dibaca, semakin ga paham
    Maaf mocin 98cc biker dari kota kecil mas saya ini. Orang jawa dengan penghasilan seadanya. Ga pernah telat bayar pajak tapi juga ga bisa ganti tunggangan

  3. Kalo buat mutasi dr jakarta ke luar daerah (jawa) nanti di jawa nya kira2 kena “biaya” berapa yah mas (cabut berkas di jakarta sdah beres), tinggal nganter berkas ke samsat di jawa…. mungkin mas nya punya info….
    Motor sy old jupiter MX…

    • Biayanya mas hitung dari pajak motornya + bea balik nama + swdkllj + biaya adm stnk + biaya adm tnkb mas.

  4. Motor listrik pajaknya berapa ya ? Oh iya mang,kalo mesin hybrid (bensin + listrik) katanya pajaknya double ya,bener ngga sih ?

  5. Om van. Motor yg sudah diblokir bisa dibuka lagi oleh pemiliknya??tolong dijawab donk, gw mau mutasi juga.hehehe

    • Bisa mas, cuma ya sama aja kayak balik nama. Yang saya tanya gak bisa pake nama kita, harus nama orang lain. Kayak istri/sodara misalnya.

  6. Btw, Mas Moel jadi motor pertama di KK MMBlog, karena sebelumnya, MMBlog udah Blokir Suzuki Thunder, Suzuki GSX-S, dan Honda Win (all motor yang pake nama dan KK MMBlog)

    lho berarti win, gsx , tunder udah dijual yak om, atau atas nama KK yang lain?

  7. Artikel menarik
    btw misal mutasi dr jakarta ke daerah lain tp motor ttp di jakarta, bisakah cek fisik di jakarta tanpa perlu motor di bawa ke daerah yg di tuju??

    • Bisa mas, cek fisik di JKT namanya jadi cek fisik bantuan. Nanti gak usah cek fisik lagi di daerah yang di tuju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here