Honda CL400, Scrambler OEM Yang Umurnya Sebentar

3

Sobat MMBlog sekalian, udah lama juga kayaknya MMBlog gak bikin artikel yang membahas motor lawas secara khusus. Nah, beberapa hari yang lalu (tepatnya beberapa minggu sih), MMBlog melihat ada satu unit motor yang cukup “aneh” di jual di grup jual beli moge FB. Di caption, motor ini dilabeli sebagai Honda CL400, wah motor apaan nih? foto motor hanya terlihat dari belakang, dan unitnya lumayan rombeng, tapi ada ciri khas yakni knalpot yang ala-ala motor trail, wah makin penasaran, ya tanya mbah Google :mrgreen: .

Mbah Google yang gelar-nya mungkin S20 itu langsung memberikan informasi lengkap terkait Honda CL400. Wah, ternyata memang bener, ini motor adalah motor scrambler asli pabrikan. Secara desain, lumayan old-school dengan body work ala retro Honda, Honda CB. Keliatan dari tangkinya, rangkanya, bagian belakangnya, ya CB. Sebenernya, kalau temen-temen ngeh, sepupu deket motor ini juga pernah MMBlog test ride, yakni Honda CB400SS.

Kayaknya emang gitu sih Sob, malah bisa dibilang, sebelum Honda CB400SS ada, motor ini duluan yang hadir, jadi Honda CB400SS adalah suksesornya. Lahir pada tahun 1998, Honda CL400 diposisikan head-to-Head dengan Yamaha SR400 yang sebenernya udah belasan tahun ngaspal duluan. Pengen ngasih sesuatu yang berbeda, Honda CL400 dibuat ala-ala srambler, knalpot tinggi di samping kanan kiri motor. Tapi sayang, penerimaan pasar kurang bagus, di masa itu, berbeda ternyata memberikan masalah, walhasil, Honda CL400 distop produksinya di tahun 2000. Hanya tiga tahun.

Akhirnya dilanjut dengan Honda CB400SS, penerimaan pasar malah membaik, akhirnya ini motor bisa melanggeng lebih lama, hingga MMBlog bisa test ride. Bedanya dengan CL400? Tuh, tinggan mindahin posisi knalpot doang 😆 . rupanya, desain dan tema motor lumayan ngasih pengaruh ke permintaan dan selera pasar.

Ngomongin mesin, Honda CL400 dibekali oleh mesin satu silinder 400 CC. Terlihat ada dua pipa knalpot keluar dari blok-nya, percayalah, ini adalah twin port yang juga dipakai di Thunder 250. Ngomongin tenaga, jangan harap ada suara mendesing ala 4 silinder, atau torsi sebuas dua silinder. Ini motor ini joy ride, walaupun dari diam ke 120 km/jam juga enteng :mrgreen: . ngomongin kaki-kaki juga standar aja, teleskopik suspensi depannya, stereo suspensi belakangnya. Rem cakram depan, dan tromol belakang.

Kalau ada unit ori-an sih sebenernya ini motor layak banget untuk dikoleksi. Agak jarang Sob. MMBlog browsing aja lebih banyak di Eropa Timur ini motor. Di Jepang sendiri juga enggak banyak. Di Indonesia? gak ada yang gak ada di Indonesia, tapi biasanya motor begini sih jarang yang ori, wong yang dijual waktu itu aja rombeng :mrgreen: . gimana Sob? Honda CL400? Semoga bisa nambah wawasan dan cakrawala temen-temen di dunia motor lawas yah. sekian, terima kasih, dan semoga berguna.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here