Siap-Siap, Motor Baru Plat B-DKI Harganya Bakal Terkoreksi Efek Kenaikan Bea Balik Nama

9

Sobat MMBlog sekalian, Pak Gub DKI Anies Baswedan, belum lama ini, baru saja memberikan usulan terkait kenaikan besaran Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor baru. sebelumnya, tarif BBN-KB adalah 10% untuk wilayah DKI, dan diusulkan untuk menjadi 12,5%. Wah, kalau begini, berarti harga motor di DKI juga bakalan terkoreksikah? Kemungkinan iya Sob.

MMBlog juga baru ngeh, kalau BBN-KB di DKI itu masih lebih murah ketimbang BBN-KB di daerah lain. di Jawa  Barat misalnya, dari beberapa tahun yang lalu memang sudah 12,5%, DKI sampai sekarang masih 10%. Mungkin ini juga sebabnya, kalau beli motor di DKI bisa jadi lebih murah ketimbang beli motor di Bogor (balik nama domisilinya).

Seperti yang MMBlog kutip dari detik.com, “Penyesuaian tarif BBN-KB, penyerahan pertama sebesar 12,5 persen, dan penyerahan kedua dan selanjutnya sebesar 1 persen,”. Kepala Humas Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Hayatina mengungkapkan rencana kenaikan ini hanya ditujukan untuk BBNKB, bukan PPNBM. “Jadi yang diubah BBNKB sebagai bagian dari pajak daerah, bukan PPNBM. Kenaikan tarif BBNKB juga hanya dikenakan pada penyerahan kendaraan pertama (baru) dari sebelumnya 10 persen menjadi 12,5 persen,”.

Pastinya, kebijakan ini harus disosialisasikan lebih lanjut, ya MMBlog yakin sih, dealer pasti udah woro-woro dengan hal ini terhadap calon konsumen, dan ATPM-pun udah siap-siap untuk menerapkan harga baru motornya. hmm, kalau matik sih enggak kerasa, tapi kalau moge 300 Juta up lumayan juga kerasanya itu, ah tapi buat si Om Soeltan mah mau naek jadi 125% juga gak bakalan kerasa juga sih.

Kenaikan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan tarif pajak BBNKB antar daerah. Ini mencegah wajib pajak melakukan pembelian kendaraan baru di daerah yang tarif BBNKB-nya rendah. Hmm, objektifnya coba dibuat lebih untuk bikers lagi dong, kayak untuk jalanan agar lebih mulus, rambu yang lebih jelas, dan fasilitas lain yang bermanfaat bagi pengguna jalan di ibukota.

Oke deh, kita pantau aja terus perkembangannya Sob.

9 COMMENTS

    • apa hubungannya?? ga jelas lu,, mang jaminan normal kalo beda agama??
      kebnyakan nonton bokep lu!

  1. Wah akhirnya bisa adil. Kmrin baru ngambil Piaggio Medley SE, utk OTR Jakarta di 47,2jt sementara utk Tangerang ada biaya tambahan 900rb jadi 48,1jt. Sempet mikir pinjem KTP keluarga, tp takut pajak progresifnya bakal lebih mahal. Soalnya di Tangsel belum ada pajak progresif ✌️

  2. Mau komen tapi takut jadi hinaan mending gue diem aja deh….nasib beli motor inden 3 bulan begitu dapet kena kenaikan bbn….+ progressif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here