Nasib Motor Kebanyakan Sensor

9

Sobat MMBlog sekalian, kemarin, ketika MMBlog lagi membuka browser chrome di ponsel, ada satu artikel yang menarik buat MMBlog pribadi. Dari lama advrider, ada yang mengeluhkan mengenai masalah di mesin BMW R1200GS. Masbro yang berasal dari Perancis ini nampaknya mengeluhkan kondisi motornya yang enggak bisa lari dan bersuara aneh. Seriusan?

Di forum, rider BMW GS ini juga memposting video mengenai masalah di motornya. kalau temen-temen cek videonya, terlihat masbro ini sudah memelintir throttle BMW GS-nya dengan bukaan yang sama sekali enggak tipis-tipis, tebel-tebel lho itu :mrgreen: . emange sunmori tipis-tipis πŸ˜† . tapi temen-temen bisa lihat, motor enggak lari, bahkan sama sekali enggak revving.

Hal ini, juga pernah MMBlog lihat langsung di motor milik Mbah Sattar, MV Agusta F3 miliknya dulu. throttle udah digas tebel-tebel, tapi motor tetep aja idle, langsam, stasioner :mrgreen: . lah, kenapa bisa gitu yah?

Biasanya, hal ini terjadi karena ada sensor failure, kegagalan sensor dalam menangkap sinyal. Ya bisa jadi juga emang ada masalah di mesin sih alias mekanikal. Tapi dalam kasus motor yang menggunakan throttle by wire, terlebih dari pabrikan Eropa, sensor ini suka sensitif :mrgreen: . makanya, MMBlog pribadi sebenernya lebih demen dengan motor yang menggunakan kawat konvensional dalam ngebuka throttle body, lebih alami aja gitu :mrgreen: .

Gimana sob? motor udah digas tapi enggak jalan? atau masih idle dengan sempurna, kadang bikin ngakak sih emang πŸ˜† . btw, semoga permasalahan masbro di forum cepet selesai yah, BMW GS lho, motor paling sempurna di muka bumi :mrgreen: .

9 COMMENTS

  1. Di geber masih lemot di tanjakan gimana ya,bisa mundur lagi itu motor,apalagi kalo naik parkiran mall,udah nanjak terus belok kalo throttle nya slow respon bisa gubrak itu motor,untungnya moge punya parkiran khusus di bawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here